Tentang Maria Gaetana Agnesi-dikenal sebagai versiera.

Gambar Maria Gaetana AgnesiMaria Gaetana Agnesi
Informasi Pribadi :
  • Lahir: 16 Mei 1718 Milan, Italia
  • Meninggal: 9 Januari 1799 (umur 80) Milan, Italia
  • Kebangsaan: Italia
  • Bidang: Matematika
  • Institusi: Universitas Bologna
Kumpulan Biografi Terlengkap - Maria Gaetana Agnesi adalah seorang filsuf dan matematikawati Italia. Ia dikenal karena bukunya yang terkenal tentang differential dan integral calculus. Ia juga terkenal dengan kurva yang dikenal sebagai versiera.

Maria Gaetana Agnesi lahir pada 16 Mei 1718 di kota Milan, Italia. Ia adalah anak tertua dari 21 bersaudara, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai ayah seorang matematikawan. Beliau juga tercatat sebagai salah satu anggota kehormatan dari Universitas Bologna.

Saat berusia usia 9 tahun Ia mampu menguasai bahasa Yunani, Ibrani, Spanyol, Jerman, Latin, dan disebut sebagai “Poliglot Berjalan”. Pada usia 20 tahun ia memulai sebuah karyanya yang terpenting, sebuah buku pertama yang membahas masalah differential dan integral calculus.

Pada masanya, karyanya sungguh-sungguh mengagumkan dan merupakan buku ajar kalkulus luas yang pertama sejak karya dini dari I'Hospital. Buku itu telah menerima banyak penghormatan.

Nama Agnesi menguasai suatu tempat dalam kepustakaan matematika melalui suatu sumbangan kecil Maria yakni pembahasannya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik. Kurva tersebut dikenal sebagai kurva "sihir dari Agnesi" karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis bet!na.

Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Sebuah batu pertama di bagian muka gedung Luogo Pio bertuliskan prasasti yang isinya "terpelajar dalam matematika, keagungan Italia dan abadnya".

Maria Gaetana Agnesi meninggal pada 9 Januari 1799 (umur 80) di Milan, Italia.


EmoticonEmoticon