Tentang John Venn Ahli logika

Fhoto John Venn John Venn 
Informasi Pribadi :
  • Lahir: 4 Agustus 1834, Kingston upon Hull, Yorkshire, Inggris
  • Meninggal: 4 April 1923 (umur 88) Cambridge, Inggris
  • Kebangsaan: Inggris
  • Bidang: Matematika, Logika, Filsafat
  • Institusi: University of Cambridge
  • Almamater: University of Cambridge
  • Penghargaan: Fellow dari Royal Society
Kumpulan Biografi Terlengkap - John Venn ialah seorang matematikawan, ahli logika dan filsuf asal Inggris yang menemukan diagram Venn. Dengan menggunakan diagram Venn ini, relasi antar himpunan menjadi lebih mudah dipahami. Ia yang memperkenalkan diagram Venn, yang dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti: teori set, probabilitas, logika, statistik, dan ilmu komputer.

Biografi
John Venn lahir pada 4 Agustus 1834 di Kingston Upon Hull, Yorkshire dari pasangan Martha Sykes dan Pdt Henry Venn, yang merupakan rektor paroki Drypool. Ibunya meninggal saat ia berusia tiga tahun.
Gambar   Diagram Venn untuk set A, B, dan C
Ia dididik oleh guru privat sampai tahun 1853 di Gonville dan Caius College, Cambridge. Pada tahun 1857, ia mendapat gelar dalam matematika dan menjadi seorang  fellow. Pada tahun 1862, ia kembali ke Universitas Cambridge sebagai dosen dalam ilmu moral, belajar dan mengajar logika dan teori probabilitas.

Pada tahun 1868, ia menikah dengan Susanna Carnegie Edmonstone, dari pernikahannya tersebut ia memiliki seorang putra, John Archibald 

Gambar Hubungan antara set A, B dan C
Pada tahun 1883, ia dipilih sebagai mahasiswa Fellow dari Royal Society dan pada tahun yang sama dianugerahi Sc.D. oleh Cambridge.

John Venn meninggal pada tanggal 4 April 1923 (umur 88) di Cambridge                                                                                                                   
Diagram Venn

Gambar Diagram Venn dari 4 setDiagram Venn atau diagram set adalah diagram yang menunjukkan semua kemungkinan hubungan logika dan hipotesis di antara sekelompok (set/himpunan/grup) benda/objek. Sebagai bagian ilmu matematika, diagram Venn ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh John Venn untuk menunjukkan hubungan sederhana dalam topik-topik di bidang logika, probabilitas, statistik, linguistik dan ilmu komputer.


EmoticonEmoticon