Tentang Abu Bakr al-Karaji Pencipta mesin air

Gambar Diagram dari naskah asli Al-Karaji 's Inbat al-Dakwah Islamiyah al-khafiya, dari Transformasi Pengetahuan: Naskah awal dari Schoenberg Collection (diedit oleh Crofton Black, penerbitan Paul Holberton, 2007, hal 115.). ( Sumber : Bagian 7 "Teknologi").Abu Bakr al-Karaji
Informasi Pribadi :
  • Tanggal Lahir : 953 Karaj , ( Persia )
  • Meninggal : 1029
  • Kebangsaan : Persia
  • Sekolah : matematika Persia, kepentingan utama, Matematika , Teknik
Kumpulan Biografi Terlengkap -Abu Bakr bin Muhammad bin al Husain al-Karaji (c 953 -.. C 1029) adalah seorang Iran abad ke-10 matematikawan dan insinyur yang berkembang di Baghdad . Dia brn di Karaj, sebuah kota dekat Teheran. Nya tiga karya yang masih hidup utama adalah matematika: Al-Badi 'fi'l-hisab (Indah perhitungan), Al-Fakhri fi'l-jabr wa'l-muqabala (Glorious pada aljabar), dan Al-Kafi fi'l- hisab (Cukup perhitungan).

Bekerja 
Al-Karaji menulis pada matematika dan rekayasa. Beberapa menganggap dia akan hanya pengerjaan ulang gagasan orang lain (ia dipengaruhi oleh Diophantus ) tetapi kebanyakan menganggapnya sebagai lebih asli, khususnya untuk awal membebaskan aljabar dari geometri. Di antara sejarawan, karyanya yang paling banyak dipelajari adalah buku aljabar al-fakhri fi al-jabr wa al-muqabala, yang bertahan dari era abad pertengahan di setidaknya empat salinan.

Dalam bukunya "Ekstraksi air tersembunyi" ia telah disebutkan bahwa bumi berbentuk bulat tapi menganggap pusat alam semesta jauh sebelum Galileo Galilei , Johannes Kepler atau Isaac Newton .

Dia sistematis mempelajari aljabar dari eksponen, dan adalah orang pertama yang menyadari bahwa urutan x, x ^ 2, x ^ 3, ... bisa diperpanjang tanpa batas waktu; dan reciprocals 1 / x, 1 / x ^ 2, 1 / x ^ 3, .... Namun, karena misalnya produk dari persegi dan kubus akan dinyatakan, dalam kata-kata daripada dalam jumlah, sebagai persegi kubus, properti numerik menambahkan eksponen tidak jelas.

Karyanya pada aljabar dan polinomial memberi aturan untuk operasi aritmatika untuk menambahkan, mengurangi dan mengalikan polinomial; meskipun ia dibatasi untuk membagi polinomial oleh monomials.

Dia menulis pada teorema binomial dan segitiga Pascal .

Dalam sebuah karya sekarang hilang hanya dikenal dari kutipan berikutnya oleh al-Samaw'al Al-Karaji memperkenalkan gagasan argumen dengan induksi matematika . Sebagai Katz mengatakan

Ide penting lain yang diperkenalkan oleh al-Karaji dan dilanjutkan dengan al-Samaw'al dan lain-lain adalah bahwa dari argumen induktif untuk berurusan dengan urutan aritmatika tertentu. Jadi al-Karaji digunakan argumen seperti itu untuk membuktikan hasil pada jumlah kubus terpisahkan sudah dikenal Aryabhata  Al-Karaji tidak, bagaimanapun, menyatakan hasil umum untuk sewenang-wenang n. Dia menyatakan Teorema untuk bilangan bulat tertentu 10 Buktinya, bagaimanapun, jelas dirancang untuk menjadi diperpanjang untuk setiap bilangan bulat lainnya. Argumen Al-Karaji meliputi pada dasarnya dua komponen dasar argumen yang modern dengan induksi, yaitu kebenaran dari pernyataan untuk n = 1 (1 = 1 3) dan berasal dari kebenaran untuk n = k dari bahwa dari n = k - 1. Tentu saja, komponen kedua ini tidak eksplisit karena, dalam arti tertentu, argumen al-Karaji adalah sebaliknya; ini, ia mulai dari n = 10 dan turun ke 1 daripada melanjutkan ke atas. Namun demikian, argumennya di al-Fakhri adalah bukti paling awal dari jumlah formula untuk kubus terpisahkan .

Sumber : Wikipedia.org


EmoticonEmoticon