Ibnu Thufail merupakan filsuf dari (Al-Andalus)

Gambar Lukisan dari peralatan kedokteran pada masa Al-Andalus.Nama lengkapnya adalah Abu Bakr Muhammad bin 'Abdul Malik bin Muhammad bin Thufail al-Qaisi al-Andalusi (nama Latin Abubacer). Beliau hidup sekitar tahun 1105 sampai 1185.

Ibnu Thufail lahir di Guadix dekat Granada sekitar tahun 1105, ia dididik oleh Ibnu Bajjah (Avempace). Ia menjabat sekretaris untuk penguasa Granada, dan kemudian sebagai wazir dan dokter untuk Abu Ya'qub Yusuf, penguasa Spanyol Islam (Al-Andalus) di bawah pemerintahan Muwahhidun, pada yang mana ia menganjurkan Ibnu Rusyd sebagai penggantinya sendiri saat ia beristirahat pada 1182. Ia meninggal di Maroko.

Di zamannya nama baiknya sebagai pemikir dan pelajar telah membuatnya dipuji sebagai Maecenas. Ibnu Thufail juga merupakan pengarang Hayy bin Yaqthan (Hidup, Putra Kesadaran) roman filsafat, dan kisah alegori lelaki yang hidup sendiri di sebuah pulau dan dan yang tanpa hubungan dengan manusia lainnya menemukan kebenaran dengan pemikiran yang masuk akal, dan kemudian keterkejutannya pada kontak dengan masyarakat manusia untuk dogmatisme, dan penyakit lainnya.

Karya:

  • Hayy bin Yaqzan
  • Peningkatan akal manusia, dipamerkan dalam kehidupan Hai ebn Yokdhan , ditulis dalam bahasa Arab di atas 500 tahun yang lalu, oleh Abu Jaafar ebn Tophail, baru diterjemahkan dari bahasa Arab asli, oleh Simon Ockley. Dengan lampiran, di mana kemungkinan pria mencapai pengetahuan yang benar dari Allah, dan hal yang diperlukan untuk keselamatan, tanpa instruksi, dianggap sebentar. London: Dicetak dan dijual oleh E. Powell, 1708.
  • Abu Bakar Ibnu Tufail, Sejarah Hayy Ibn Yaqzan, diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Simon Ockley, direvisi, dengan pengantar oleh AS Fulton. London:. Chapman dan Hall, 1929 tersedia secara online (menghilangkan bagian pendahuluan)
  • Ibn Tufayl Hayy ibn Yaqzan: kisah filosofis, diterjemahkan dengan pendahuluan dan catatan oleh Lenn Evan Goodman. New York: Twayne 1972.
  • Perjalanan jiwa: kisah Hai bin Yaqzan, seperti yang diceritakan oleh Abu Bakar Muhammad bin Tufail, terjemahan baru oleh Riad Kocache. London: Octagon, 1982.
  • Dua filsuf Andalusia, diterjemahkan dari bahasa Arab dengan pengantar dan catatan oleh Jim Colville. London: Kegan Paul, 1999.
  • Medieval Tulisan-tulisan filosofis Islam, ed. Muhammad Ali Khalidi. Cambridge University Press, 2005. (menghilangkan bagian pengantar, menghilangkan kesimpulan dimulai dengan kenalan protagonis dengan Absal, termasuk §§1-98 dari 121 sebagai nomor dalam versi Ockley-Fulton)
  • Ben-Zaken, Avner, "Menjinakkan Mystic", di Reading Hayy Ibn Yaqzan-: A History Lintas Budaya Otodidak (Johns Hopkins University Press, 2011). ISBN 978-0801897399

Sumber: Wikipedia


EmoticonEmoticon