Biografi Konrad Zuse - Computer History

Konrad ZuseKonrad Zuse
Informasi Pribadi :
  • Lahir: 22 Juni 1910 Berlin, Kekaisaran Jerman 
  • Meninggal: 18 Desember 1995 (umur 85) Hünfeld, Jerman 
  • Tempat tinggal: Jerman Kebangsaan: Jerman 
  • Bidang: Ilmu komputer, Teknik komputer, Lembaga Aerodinamika Research Institute Alma mater: Technical University of Berlin 
  • Dikenal: Z3 , Z4, Plankalkul, Menghitung Ruang 
  • Penghargaan terkemuka: Werner von Siemens Cincin pada tahun 1964, Harry H. Goode Memorial Award pada tahun 1965 (bersama-sama dengan George Stibitz ), Order of Merit Republik Federal Jerman pada tahun 1972 Sejarah Komputer Museum Fellow Award 1999
Kumpulan Biografi Terlengkap - Konrad Zuse (Jerman: [k?n?at tsu ? z?]) adalah seorang Jerman insinyur sipil, penemu dan perintis komputer. Pencapaian terbesarnya adalah komputer penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 yang mulai beroperasi Mei 1941 (program tersebut disimpan di tape kertas). Ia menerima Werner-von-Siemens-Ring pada tahun 1964 untuk penemuan itu. Berkat mesin ini dan pendahulunya, Zuse sering dianggap sebagai penemu komputer. Zuse juga tercatat sebagai penemu mesin komputasi S2. Dia mendirikan salah satu bisnis komputer awal tahun 1941, memproduksi Z4 , yang menjadi komputer komersial pertama di dunia.

Dari tahun 1943 - 1945  ia merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama, Plankalkul. Pada tahun 1969, Zuse menyarankan konsep alam semesta yang didasarkan perhitungan dan termuat dalam bukunya Rechnender Raum (Menghitung Ruang).

Sebagian besar karya awalnya dibiayai oleh keluarga dan perdagangan, tapi setelah 1939 ia diberi sumber daya oleh pemerintah Nazi Jerman. Akibat Perang Dunia II , karya Zuse sebagian besar hilang dan tidak diketahui baik oleh Inggris ataupun Amerika Serikat . Mungkin dipengaruhi oleh sebuah perusahaan AS IBM yang telah memiliki paten pada tahun 1946.

Ada replika dari Z3, serta Z4 asli, di Deutsches Museum di Munich. The Deutsches Technikmuseum di Berlin memiliki pameran yang dikhususkan untuk Zuse, menampilkan dua belas mesin, termasuk replika Z1 dan beberapa lukisan Zuse.

Baca Juga:

Biografi Gottlieb Wilhelm Daimler - Penemu Motor Dan Mobil


Teknologi di Berlin, Jerman
Zuse Z1


Sejak 1935 ia bereksperimen dalam pembangunan komputer di Wrangelstraße 38, lalu pindah ke apartemen baru mereka di Methfesselstraße 10, Kreuzberg , Berlin. Pada tahun 1936, dalam apartemen orang tuanya, ia memulai penemuan pertamanya yang disebut Z1, yaitu floating point biner kalkulator mekanis dengan programabilitas terbatas, membaca instruksi dari 35 mm film berlubang.

Konrad Zuse menyelesaikan Z1 pada tahun 1938. Z1 berisi sekitar 30.000 bagian logam yang tidak pernah bekerja dengan baik karena kurang memiliki presisi mekanik yang baik. Akibat serangan udara Inggris pada Perang Dunia II tanggal 30 Januari 1944,  cetak biru Z1 asli hancur bersama dengan bangunan rumah orangtuanya.

Antara 1987 dan 1989, Zuse kermbali merakit Z1. Biayanya 800.000 DM, (sekitar $ 500.000) dan diperlukan empat orang (termasuk Zuse) untuk merakit itu. Pendanaan untuk retrocomputing proyek  ini disediakan oleh Siemens dan konsorsium lima perusahaan.

 Z2, Z3, dan Z4
Drum Magnetic -Zuse_Z31


Pada tahun 1939, Zuse dipanggil untuk dinas militer, di sana ia diberi sumber daya dan akhirnya membangun Z2. Pada September 1940 Zuse mengenalkan Z2 kepada para ahli dari Deutsche Versuchsanstalt für Luftfahrt (DVL, yaitu German Research Institute for Aviation). Z2 adalah versi revisi dari Z1 yang menggunakan relay telepon.

DVL memberikan subsidi penelitian, pada tahun 1941 Zuse membangun sebuah perusahaan, Zuse Apparatebau (Zuse Aparatur Construction). untuk memproduksi mesinnya ia menyewa sebuah tempat di sisi di Methfesselstraße 7 dan Belle-Alliance Straße 29 (diganti dan dinomori ulang sebagai Mehringdamm 84 sejak tahun 1947).

Sukses dengan mesin dasar Z2, kemudian ia meningkatkannya dengan membangun Z3 pada tahun 1941. Pada tanggal 12 Mei 1941, kepada publik Zuse mempresentasikan Z3, yang dibangun di bengkel kerjanya. Z3 adalah biner 22-bit floating point kalkulator yang menampilkan programabilitas dengan loop tapi tanpa syarat melompat, dengan memori dan unit perhitungan berdasarkan relay telepon. Relay telepon yang digunakan di mesin-nya sebagian besar dikumpulkan dari barang yang tidak terpakai. Meskipun tidak adanya lompatan kondisional, Z3 adalah komputer Turing lengkap (mengabaikan fakta bahwa tidak ada komputer fisik sebagai Turing lengkap karena ukuran penyimpanan yang terbatas). Namun, kelengkapan Turing tidak pernah dianggap oleh Zuse (yang memiliki aplikasi praktis dalam pikiran) dan hanya ditunjukkan pada tahun 1998.

Z3, komputer elektromekanis pertama yang beroperasi penuh, sebagian dibiayai dan didukung oleh pemerintah DVL Jerman, yang menginginkan perhitungan otomatis. Lokakarya Zuse di Methfesselstraße 7 (dengan Z3) hancur dalam serangan udara Sekutu di akhir 1943. Zuse mulai membangun penerus Z4 pada tahun 1942 dalam premis baru di Industriehof pada Oranienstrasse 6. Proyek Z4 tidak dapat dilanjutkan karena kekurangan dana pasca perang Jerman. dan pada akhirnya pada 12 Juli 1950 Z4 disampaikan ke ETH Zurich, dan terbukti sangat handal.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Ranggong Daeng Romo, Tokoh Kemerdekaan dari Sulawesi Selatan



Penghargaan dan kehormatan

  • Werner von Siemens Cincin pada tahun 1964 (bersama-sama dengan Fritz Leonhardt dan Walter Schottky) 
  • Harry H. Goode Memorial Award pada tahun 1965 (bersama-sama dengan George Stibitz ) 
  • Bundesverdienstkreuz pada tahun 1972 - Great Cross of Merit 
  • Sejarah Komputer Museum Fellow Award pada 1999 
  • The Zuse Institute Berlin yang dinamai untuk menghormatinya. 
  • The Konrad Zuse Medal dari Gesellschaft für Informatik, 
  • Konrad Zuse Medal dari Zentralverband des Deutschen Baugewerbes (Asosiasi Tengah Konstruksi Jerman), keduanya dinamai Zuse.


EmoticonEmoticon