Biografi Karl Drais - penemu sepeda Kayu

Karl DraisKumpulan Biografi Terlengkap - Sepeda yang ada sekarang tidaklah begitu saja ditemukan, tapi melalui beberapa tahap penemuan yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu yang memimpikan adanya alat transportasi pribadi.

Seperti yang ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya "Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda "primitif" tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut:

kiri,kanan,berputar,atas,depan,bawah,belakang,barat laut. Tidak sulit kan?

Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden, ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.

Baca Juga:

Biografi Yos Sudarso Pahlawan Nasional Indonesia



Karl Drais

Karl Drais (April 29, 1785 - 10 Desember 1851) adalah seorang penemu Jerman , yang menemukan Laufmaschine ("mesin berjalan"), juga kemudian disebut beroda , draisine ( bahasa Inggris ) atau Draisienne ( Perancis ), juga dijuluki kuda dandy. cara kerjanya dimasukkan ke dalam prinsip dasar roda dua untuk sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik. Drais juga menemukan mesin tik pertama dengan keyboard pada tahun 1821, kemudian berkembang menjadi mesin steno awal, dan kompor  hemat kayu.

Rancangan sepeda Drais, 1817Drais belajar arsitektur, pertanian dan fisika di University of Heidelberg dari 1803 sampai 1805. Ia
bergabung dengan layanan sipil sebagai kehutanan resmi, bekerja sebagai guru di lembaga kehutanan pribadi pamannya, dan pada tahun 1810 menerima gelar kepala rimbawan, tetapi belum diberikan posisi yang sepadan.

Satu tahun kemudian ia diskors dari dinas aktif, tapi terus menerima gaji sehingga dia bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk penemuannya. Penemuan paling berpengaruh Drais 'adalah Laufmaschine, atau beroda, bentuk awal dari sepeda, namun tanpa pedal. Naik nya pertama kali dilaporkan, dari Mannheim ke "Schwetzinger Relaishaus" (penginapan pelatihan, yang terletak di "Rheinau", skarang sebuah distrik Mannheim) berlangsung pada 12 Juni 1817. Pada tahun yang sama, dia melakukan perjalanan kedua, dari Gernsbach ke Baden-Baden, dan lain-lain.

Pada tanggal 12 Januari 1818, Drais dianugerahi penghargaan grand-ducal (Großherzogliches PRIVILEG) untuk mengeksploitasi penemuannya. Pada waktu itu Baden tidak memiliki hukum paten. Grand Duke Karl Drais disebut juga Profesor Mekanika, gelar ini  tidak berhubungan dengan universitas atau lembaga lain, namun hanyalah sebuah gelar kehormatan saja. Drais pensiun dari layanan sipil dan terus menerima gaji semacam pensiun sebagai penemu.

Sepeda - Karl Drais

Pada tahun 1851 Drais meninggal di kampung halamannya di Karlsruhe, tanpa uang sepeser pun setelah Prusia menekan revolusi tahun 1849 di Baden dan menyita seluruh pensiun untuk membayar "biaya revolusi".

Baca Juga:

Biografi Teuku Umar Pahlawan Nasional Indonesia




sepeda kayu pertamaA Draisine, juga disebut Laufmaschine tahun1820. The Laufmaschine diciptakan oleh seorang German Baron Karl von Drais, di Mannheim pada tahun 1817. Menjadi sarana transportasi pertama yang menggunakan prinsip roda dua, Laufmaschine dianggap sebagai pola dasar dari sepeda. The Draisine dibuat dari kayu pohon ceri dan kayu lunak. sepeda tersebut dipajang di Kurpfälzisches di Museum Heidelberg, Jerman.


EmoticonEmoticon