Biografi Charles Francis Jenkins - Penemu Gambar bergerak tv

Kumpulan Biografi Terlengkap - Charles Francis Jenkins atau disebut juga dengan naama C.F. Jenkins adalah orang Amerika perintis awal bioskop dan salah satu penemu dari televisi, meskipun ia menggunakan mekanik daripada teknologi elektronik. Bisnisnya termasuk Charles Jenkins Laboratories dan Jenkins Television Corporation (korporasi yang didirikan pada tahun 1928, Laboratorium yang pertamakali diberi lisensi televisi komersial di Amerika Serikat). Lebih dari 400 paten yang dikeluarkan untuk Jenkins, banyak orang untuk penemuannya yang berhubungan dengan gambar bergerak dan televisi.

Selain dia ada juga John Logie Baird (lahir di Helensburgh, Skotlandia, 13 Agustus 1888 – meninggal di Bexhill-on-Sea, East Suss3x, Inggris, 14 Juni 1946 pada umur 57 tahun) adalah penemu yang pertama kali yang menunjukkan bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

Gambar gerak

Jenkins lahir di Dayton, Ohio pada 22 Agustus 1867. Ia dibesarkan di dekat Richmond, Indiana dan sekolah di sana. pada tahun 1890 ia pergi ke Washington DC untuk bekerja sebagai stenografer.

Ia mulai bereksperimen dengan Film pada tahun 1891, dan akhirnya berhenti dari pekerjaannya dan berkonsentrasi penuh dalam pengembangan proyektor film  sendiri, yakni Phantoscope.

Telegram Richmond melaporkan, pada tanggal 6 Juni 1894 Jenkins mengunjungi Richmond untuk menunjukkan orang tuanya, teman-teman dan wartawan gadget ia telah bekerja selama dua tahun: sebuah " kotak yang memproyeksikan film". Mereka berkumpul di toko perhiasan sepupu Jenkins di pusat kota Richmond untuk melihat film pertama yang diproyeksikan di depan penonton. Gambar bergerak adalah seorang penari vaudeville melakukan tarian kupu-kupu, yang  telah Jenkins filmkan di halaman belakang asrama Washington. Tidak hanya menunjukkan pertama film digulung dengan lampu listrik di depan audiens, juga film pertama dengan warna. Setiap frame dengan susah payah diwarnai dengan tangan.

Di  Bliss Electrical School, Washington DC, ia bertemu teman sekelasnya Thomas Armat, lalu mereka bersama-sama meningkatkan desain. Mereka melakukan pemeriksaan publik di Amerika Cotton dan Pameran Internasional di Atlanta pada tahun 1895 dan kemudian bertengkar karena masalah paten. Phantoscope yang dimodifikasi oleh Jenkins dan Armat telah dipatenkan pada 20 Juli 1897. Jenkins akhirnya menjual  proyektor ke Armat. Armat kemudian menjual hak Thomas Edison, yang memasarkan proyektor dengan nama Vitascope. Dengan proyektor ini Edison mulai mempertunjukan ke publik di bioskop vaudeville dengan gambar gerak difilmkan, setiap orang yang melihatnya harus membayar.

Jenkins menikah dengan Grace Love, putri dari keturunan keluarga mapan Maryland tua, pada tahun 1902.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Marthen Indey, Tokoh Penyatuan Irian Barat dengan Indonesia



Televisi

Jenkins pindah untuk bekerja di televisi. Dia menerbitkan sebuah artikel tentang "Motion Pictures oleh Wireless" pada tahun 1913, tapi tidak sampai tahun 1923 ia mengirim siluet  gambar bergerak, dan pada 13 Juni 1925 ia secara terbuka menunjukkan transmisi yang mengsinkronisasi gambar dan suara. Dia diberikan paten AS No. 1.544.156 (Mengirimkan Gambar dengan Wireless) pada 30 Juni 1925 (diajukan pada tanggal 13 Maret 1922).

Teknologi mekanis (juga dipelopori oleh John Logie Baird ) kemudian disusul oleh televisi elektronik seperti dirancang oleh Vladimir Zworykin dan Philo Farnsworth .

Pada tahun 1928,  Perusahaan Televisi Jenkins membuka stasiun pertama siaran televisi di AS, bernama W3XK, yang mengudara pada tanggal 2 Juli dan pertama yang dikirim dari Jenkins Labs di Washington dan dari tahun 1929 dari Wheaton, Maryland, lima kali seminggu. Pada awalnya, stasiun hanya bisa mengirim gambar siluet karena bandwith sempit, tapi setelah diperbaiki maka gambar hitam-putih yang sebenarnya ditransmisikan.

Pada bulan Maret 1932, Jenkins Television Corporation dilikuidasi dan asetnya diakuisisi oleh Lee DeForest Radio Corporation. Dalam beberapa bulan, perusahaan DeForest bangkrut dan aset yang dibeli oleh RCA menghentikan semua pekerjaan di televisi elektromekanik.

Prestasi dan penghargaan

Jenkins dianugerahipenghargaan Medali Emas Elliott Cresson untuk prestasi ilmiah pada tahun 1897 dan Scott Medal pada tahun 1913 oleh Franklin Institute & Science Museum-Philadelphia.

Dia adalah pendiri dan presiden pertama dari Society of Motion Picture Engineers (sekarang termasuk televisi, SMPTE).

Jenkins menulis beberapa buku termasuk Vision Oleh Radio, Radio Foto-foto, Radio fotogram dan The Boyhood dari Inventor, serta banyak artikel yang berfokus pada penemuannya, yang diterbitkan dalam berbagai majalah nasional.

Dia diterima sebagai seorang dokter kehormatan di bidang ilmu dari Earlham College, Richmond, Indiana, almamaternya.

Akademi Televisi Arts & Sciences, paling dikenal untuk Emmy Awards tahunan, memperingati kontribusi dari Jenkins ke industri televisi dengan menamai salah satu penghargaan akademi paling bergengsi setelah dia: Charles F. Jenkins Lifetime Achievement Award adalah suatu kehormatan rekayasa khusus untuk individu yang kontribusi dari waktu ke waktu telah secara signifikan mempengaruhi keadaan teknologi televisi dan rekayasa.

Jenkins dilantik menjadi Penemu Nasional Hall of Fame pada tahun 2011. Charles Francis Jenkins meninggal pada usia 66 di Washington, DC Ia dikebumikan di Rock Creek Cemetery. (sumber: en.wikipedia.org)

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Ignatius Slamet Rijadi, Tokoh Indonesia



Charles Francis Jenkins
Informasi Pribadi :
Charles Francis Jenkins


Lahir: 22 Agustus 1867 Dayton, Ohio

Meninggal: 6 Juni 1934 (umur 66) Washington, DC

Kebangsaan: Amerika

Pendidikan: tidak satupun, Rekayasa karir

Proyek penting: Lebih dari 400 paten yang berhubungan dengan berbagai penemuan

Kemajuan yang signifikan: proyektor Film dan televisi

Penghargaan: Elliott Cresson Medal (1897) ; John Scott Medal (1913)


EmoticonEmoticon