Biografi Abul-Hasan bin Kushyar Dan Abu Said Zarir Gorgani

Ilustrasai ILmuan Muslim
Abul-Hasan bin Kushyar Labban ibn Bashahri Gilani, juga dikenal sebagai Kushyar Gilani adalah seorang matematika Persia, ahli geografi, dan astronom dari Gilan, Laut Kaspia selatan, Iran

Karya utamanya mungkin dilakukan sekitar awal abad kesebelas, Ia banyak melakukan penelitian dalam bagian penting dalam pengembangan trigonometri. Misalnya, ia melanjutkan penyelidikan dari Abul Wafa, dan mencurahkan banyak waktu dalam bukunya zij (kumpulan tabel) az-Zij al-Jami wal-Baligh ("tabel komprehensif dan matang"), yang memasukkan nilai-nilai yang lebih baik dari apogees planet yang diamati oleh al-Battani .

Tabel diterjemahkan ke dalam bahasa Persia sebelum akhir abad ini. Dia juga menulis pengenalan astrologi dan sebuah risalah aritmatika Kitab fi usul hisab al-belakang ( Prinsip Reckoning Hindu, masih ada dalam bahasa Arab dan Ibrani).

Dia adalah guru dari Ahmad Nasawi. Ia diperkirakan telah meninggal di Baghdad.


Matematika
Abu Sa'id Zarir Gorgani
Abu Sa'id Zarir Gorgani (Persia : ابوسعيد ضرير گرگانی), juga dieja Gorgani, adalah matematikawan Persia abad ke-9 dan astronom dari Gorgan, Iran. Dia menulis sebuah risalah tentang masalah geometri dan meridian. (Sumber: Wikipedia)





EmoticonEmoticon