Membuat Insektisida Alami untuk Membasmi Hama Padi Lengkap dan Mudah

Cara Mudah Membuat Pestisida Alami Kuat - Meskipun sekarang ini banyak lahan pertanian yang bergeser menjadi hunian, namun sekarang ini, menanam padi tidak hanya di lahan pertanian yang luas tapi bisa juga di lahan sempit seperti atap rumah sekalipun.Bicara soal padi yang ditanam secara konvensional, jumlah hasil pertanian padi sering tidak stabil karena selama proses penanamannya diganggu dengan berbagai hama. Mulai dari tikus, wereng, burung hingga ulat.

Harga pestisida atau insektisida di luaran pun sering mengalami perubahan harga yang signifikan karena berkurangnya pasokan atau tingginya permintaan.Hal ini dapat merugikan para petani karena modal yang terbatas namun harus menanggung rugi akibat bergantung pada pestisida kimia.Artikel ini akan membahas bagaimana menanggulangi hama dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui sehari-hari.Berikut beberapa resep pembuatan insektisida atau pestisida alami untuk para petani padi. 

Pengendalian Hama ulat pada Tanaman Padi

Bahan yang dibutukan adalah: 250 gram tanaman sereh (seluruh bagian) dan 4 gelas air.Cara membuatnya yakni tumbuk tanaman sereh hingga halus lalu tambahkan 4 gelas air dan saring.Apabila ingin dipakai, larutan sereh ini dicampur dengan 13 liter air dan semprotkan pada tanaman padi yang terserang hama ulat.

Baca Juga:

Cara Budidaya Pohon Zaitun secara Baik Dijamin Berhasil


Pengendalian Hama Wereng

Bahan yang dibutuhkan adalah 2 butir kecubung dan 1 kilogram jenu.Cara membuatnya adalah rebus kedua bahan tersebut dengan air hingga mendidih lalu saring.Apabila ingin menggunakan campur tiap 1 liter air rebusan dengan 16 liter air dan semprotkan pada tanaman yang terserang hama wereng.

Pengendalian Hama Ulat Grayak, Ulat lain dan Serangga

Bahan yang dibutuhkan adalah: 1 kilogram atau segenggam daun gamal, 250 miligram tembakau rokok yang sudah dibakar sebelumnya serta 5 liter air.Cara membuatnya ialah tumbuk halus pucuk daun gamal, kemudian campur dengan air dan rebus.Setelah uap panas hilang, tambahkan tembakau ke dalam rebusan dan aduk hingga air berubah warna menjadi kemerahan atau kehitaman.Cara memakainya adalah campurkan setiap 10 liter air dengan 250 cc larutan yang telah jadi dan semprotkan pada tanaman yang terserang hama. 

Pengendalian Hama Walang Sangit

Bahan yang dibutuhkan: 1 kilogram brotowali, 2 butir kecubung dan 1 liter air.Cara membuatnya yaitu rebus kecubung dan brotowali dengan air yang telah dipersiapkan lalu saring.Campur larutan yang telah siap dengan 16 liter air. Semprotkan larutan pada pagi dan sore hari untuk hasil yang maksimal.

Pengendalian Hama Keong Mas

Bahan yang dibutuhkan: batang papaya atau kayu lainnya dan daun papaya secukupnya.Cara membuatnya ialah: Pertama, belah batang papaya atau kayu menjadi beberapa bagian, jangan terlalu kecil agar bisa digunakan sebagai wadah daun papaya nantinya.Lalu hancurkan daun papaya menggunakan tangan dan letakkan di atas batang papaya atau kayu tadi.Letakkan umpan dengan jarak ± 1 meter atau tergantung dari persebaran keong mas. Terakhir, umpan yang sudah jadi diletakkan di sore hari agar keong mas tersebut dapat diambil pagi harinya. 

Pengendalian Hama Tikus

Bahan yang dibutuhkan antara lain: 1 kilogram racun gadung, 10 kilogram dedak padi, 1 ons tepung ikan, kemiri dan air secukupnya.Cara membuatnya yaitu kupas dan haluskan umbi gadung. Campur semua bahan dengan air lalu bentuk menjadi pelet. Sebarkan pelet yang sudah jadi pada sarang tikus atau di pematang sawah. 

Pengendalian Hama Ulat dan Belalang

Bahan yang dibutuhkan yaitu 50 lembar daun sirsak, 1 genggam daun tembakau, 20 gram sabun colek atau bubuk deterjen dan 20 liter air.Cara membuatnya adalah tumbuk hingga halus daun sirsak dan daun tembakau lalu tambahkan sabun colek atau bubuk deterjen dan campur dengan 20 liter air. Diamkan hingga mengendap selama 24 jam.Saring larutan dengan kain halus. Bila ingin digunakan, encerkan larutan dengan 50 – 60 liter air dan semprotkan pada tanaman yang terkena hama.

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan sistem Vertikultur


Pengendalian Hama Aphid, Trips dan Kutu Daun

Bahan yang dibutuhkan yakni 5 gram bubuk deterjen, 2,5 kilogram daun pamor-pamor dan 7,5 liter air.
Cara membuatnya adalah haluskan daun pamor-pamor lalu tambahkan air dengan konsentrasi 25% dan fermentasikan larutan selama sehari.Saring ekstrak yang telah siap dan tambahkan bubuk deterjen lalu semprotkan pada tanaman yang terserang hama.


Penelusuran yang terkait dengan Membuat Insektisida Alami
  • cara membuat pestisida alami untuk tanaman cabe
  • pestisida organik untuk padi
  • cara membuat pestisida alami dari bawang putih
  • cara membuat pestisida organik untuk sayuran
  • cara membuat pestisida organik cair
  • cara membuat pestisida organik sederhana
  • cara membuat insektisida kimia
  • insektisida alami untuk kutu putih


EmoticonEmoticon