Pengertian Limbah Dan Jenis – Jenisnya ( Artikel Lengkap )

  • Limbah adalah benda yang dibuang, baik berasal dari alam ataupun dari hasil proses teknologi. Limbah dapat berupa tumpukan barang bekas, sisa kotoran hewan, tanaman, atau sayuran.
  • Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Beberapa elemen dalam kehidupan dapat dikategorikan sebagai limbah. Dan menurut beberapa sumber seperti buku Ign. Suharto, 2011 : 226 mendefinisikan limbah sebagai zat atau bahan buangan yang dihasilkan dari proses kegiatan manusia.Mendasarnya dalam kehidupan apapun itu baik rumah tangga maupun sektor produksi akan ada yang namanya limbah.Dan limbah itu memerlukan penanganan khusus dikarenakan banyak para ahli menilai berdampak bukan hanya satu atau dua bulan namun bisa hingga beberapa tahun.Sehingga banyak materi yang dapat membahas semua ini.

Baca Juga:

Pengertian Tanaman Hibrida Beserta kelebihannya dan Keunggulannya


Menurut AK Haghi, 2011 limbah dapat dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu:
  1. Limbah Rumah Tangga, yang biasa di sebut limbah domestik.
  2. Limbah Industri
  3. Limbah Pertanian, sebagai contoh limbah pertanian seperti : daun-daunan, ranting, jerami.
  4. Limbah Konstruksi, adalah material tak terpakai baik itu sisa maupun dikarenakan perombakkan bangunan atau gedung.
  5. Limbah Radioaktif, maksudnya adalah dari pemanfaatan tenaga nuklir, baik itu sebagai pembangkit listrik, penggunaan reaktor nuklir atau tenaga nuklir untuk keperluan industri dan rumah sakit.
Dari kesemuanya itu bisa dipastikan bersinggungan dengan apapun akan ada yang namanya limbah sebagai sisaan.Adapun karakteristik limbah secara umum menurut Nusa Idaman Said, 2011 adalah sebagai berikut :
  • Berukuran mikro, maksudnya ukurannya terdiri dari partikel-partikel kecil yang dapat kita lihat.
  • Penyebarannya berdampak banyak, maksudnya bukan hanya berdampak pada lingkungan yang terkena limbah saja melainkan berdampak pada sektor-sektor kehidupan lainnya seperti sektor ekonomi, kesehatan dan lain-lain.
  • Berdampak jangka panjang (antar generasi) maksudnya masalah limbah tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat, sehingga dampaknya akan ada pada generasi yang akan datang.

Sedangkan untuk macamnya limbah menurut Ign. Suharto, 2011 ada 3 macam :
  1. Limbah padat, wujud padat, bersifat kering dan tidak dapat pindah, seperti : sisa makanan, sayuran
  2. Limbah cair, wujudnya cair, terlarut dalam air, dapat berpindah seperti limbah dari mencuci pakaian, air bekas pencelupan warna
  3. Limbah gas atau limbah zat (zat buangan). Berbentuk asap. Bergerak penyebarannya meluas. Sepertu pembuatan bahan bakar minyak atau pembuangan kendaraan bermotor.

Untuk penggolongannya, limbah bisa dibagi menjadi dua berdasarkan polimer:
  • Limbah yang bisa mengalami dekomposisi oleh bakteri dan jamur seperti daun-daun dan sisa makanan serta kotoran
  • Limbah yang tidak atau sangat sukar mengalami perubahan secara alami, dapat dicontohkan seperti: besi, plastik dan kaca.

Adapun karakteristik limbah secara umum menurut Nusa Idaman Said, 2011 adalah berikut:
  1. Berukuran mikro,maksudnya ukurannya terdiri dari partikel-partikel kecil yang dapat kita lihat .
  2. Penyebarannya berdampak banyak, maksudnya bukan hanya berdampak pada lingkungan yang terkena limbah saja, melainkan berdampak pada lingkungan yang terkena limbah saja, melainkan berdampak pada sektor-sektor kehidupan lainnya, seperti sektor ekonomi, sektor kesehatan, dan lain-lain.
  3. Berdampak jangka panjang (antar generasi), maksudnya masalah limbah tidak dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Sehingga dampaknya akan ada pada generasi yang akan datang.

 Baca Juga:

Perbedaan Bunga Kantil Dan Cempaka Lengkap Beserta Penjelasannya


Maka dari itu kita sebagai generasi muda sudah seharusnya bukan menjadi pencipta limbah namun menjadi pengelola limbah, sebagai salah satu caranya adalah mengolah limbah dan di daur ulang. Tujuan daur ulang dan pemanfaatan ulang yaitu :
  1. Mengurangi penggunaan sumber daya alam.
  2. Mengurangi jumlah limbah.
  3. Mendapatkan penghasilan karena banyak limbah masih mempunyai nilai jual.
  4. Melestarikan dan menjaga ekosistem di daerah tersebut.
  5. Mengurangi sampah anorganik, karena sampah anorganik berjangka waktu panjang dan ada yang mencapai 300 tahun seperti limbah plastik.
Hidup itu bukan hanya untuk sendiri, namun libatkan lingkungan untuk hidup yang lebih baik.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Jenis-jenis Limbah
  • wujud limbah
  • pengertian limbah organik dan anorganik
  • karakteristik limbah secara umum
  • jenis jenis limbah berdasarkan sumbernya
  • pengertian limbah menurut para ahli
  • contoh limbah
  • macam macam limbah
  • mengapa kerajinan merupakan bagian dari industri kreatif


EmoticonEmoticon