Tentang Cai Lun - Penemu kretas

Gambar Cai-lunCai Lun
Informasi Pribadi :
  • Tanggal Lahir : 50, Guiyang (hari ini Leiyang ), Cina
  • Meninggal : 121, Han Palace (Luoyang)
Cai Lun ( [Tsai lu̯ə̌n] ; Chinese : 蔡倫; AD 50-121), nama courtesy Jingzhong (敬仲), adalah Han dinasti Cina kasim dan resmi. Dia secara tradisional dianggap sebagai penemu kertas dan pembuatan kertas proses, dalam bentuk dikenali di zaman modern seperti kertas (sebagai lawan papirus ). Meskipun bentuk awal kertas telah ada di Cina sejak abad ke-2 SM,  dia bertanggung jawab untuk perbaikan signifikan pertama dan standarisasi pembuatan kertas dengan menambahkan bahan baru yang penting ke dalam komposisinya.

Penemuan kertas

Kumpulan Biografi Terlengkap - Cai Lun (蔡伦) lahir di Guiyang (modern Leiyang , Hunan ) selama Timur Dinasti Han . Setelah pengebirian diikuti dengan melayani sebagai pengadilan kasim dari AD 75, ia diberi beberapa promosi di bawah pemerintahan Kaisar Dia Han . Dalam AD 89 ia dipromosikan dengan judul Shang Fang Si, kantor yang bertanggung jawab atas instrumen manufaktur dan senjata; ia juga menjadi Istana Attendant Reguler (中常侍). Ia terlibat dalam intrik istana sebagai pendukung Ratu Dou , dan kematian saingan romantis dia, Permaisuri lagu .  Setelah kematian Ratu Dou di AD 97, ia menjadi rekan dari Consort Deng Sui .

Dalam AD 105, Cai menemukan komposisi untuk kertas bersama dengan pembuatan kertas proses-meskipun ia mungkin telah dikreditkan dengan penemuan seseorang dari kelas bawah.  Ada juga legenda yang mengatakan Cai menerima ilham untuk membuat kertas dari menonton tawon kertas membuat sarang mereka. Alat dan mesin pembuatan kertas di zaman modern mungkin lebih kompleks, namun mereka masih menggunakan teknik kuno lembar dikempa serat tersuspensi dalam air, menguras air, dan kemudian pengeringan menjadi lembaran kusut tipis. Untuk penemuan ini Cai akan terkenal di dunia anumerta, dan bahkan dalam waktu sendiri ia diberi pengakuan untuk penemuan. Sebuah bagian dari resminya biografi yang ditulis kemudian di Cina membaca sehingga (Wade-Giles ejaan):
Dalam kuno kali tulisan-tulisan dan prasasti yang umumnya terbuat dari tablet bambu atau potongan sutra yang disebut chih. Tapi sutra menjadi mahal dan bambu berat, mereka tidak nyaman untuk digunakan. Tshai Lun [Cai Lun] kemudian menggagas ide membuat kertas dari kulit pohon, sisa-sisa rami, kain kain, dan jaring ikan. Dia menyerahkan proses untuk kaisar di tahun pertama Yuan-Hsing [105] dan menerima pujian untuk kemampuannya. Dari saat ini, kertas telah digunakan di mana-mana dan universal disebut 'kertas dari Marquis Tshai'.

Baca Juga:

Biografi Wernher von Braun - Pengembang Roket



Seperti yang tercantum di atas, proses pembuatan kertas termasuk penggunaan bahan-bahan seperti kulit kayu , rami , sutra , dan jaring ikan ; formula yang tepat nya telah hilang. Kaisar Dia senang dengan penemuan ini dan diberikan Cai sebuah gelar bangsawan dan kekayaan yang besar.

Pada 121, cucu Permaisuri Song Kaisar An dari Han berkuasa setelah kematian Ratu Deng dan Cai diperintahkan untuk melapor ke penjara. Sebelum ia melaporkan, ia melakukan bunuh diri dengan meminum racun setelah mandi dan berpakaian jubah sutra halus. Cai kemudian dihormati dalam bahasa Cina pemujaan leluhur . Fei Zhu dari kemudian Dinasti Song (960-1279) menulis bahwa kuil untuk menghormati Cai Lun telah didirikan di Chengdu , di mana beberapa ratus keluarga yang terlibat dalam industri pembuatan kertas perjalanan lima mil (8 km) dari selatan untuk datang dan membayar hal.
Pengaruh

Pencipta penemuan ini sangat penting hanya sedikit dikenal di luar Asia Timur . Setelah Cai menemukan proses pembuatan kertas di 105, itu menjadi banyak digunakan sebagai media menulis di Cina pada abad ke-3.Hal ini memungkinkan China untuk mengembangkan peradabannya (melalui luas literatur dan literasi ) jauh lebih cepat daripada itu dengan bahan-bahan tulisan sebelumnya (terutama bambu dan sutra , yang terakhir yang merupakan media yang lebih mahal).

Pada abad ke-7, teknik pembuatan kertas Cina telah menyebar ke Korea, Vietnam, dan Jepang.  Dalam 751, beberapa pembuat kertas Cina ditangkap oleh orang-orang Arab setelah Tang tentara dikalahkan dalam Pertempuran Talas River . Teknik pembuatan kertas kemudian menyebar ke Barat. Ketika kertas pertama kali diperkenalkan ke Eropa di abad ke-12, secara bertahap merevolusi cara di mana komunikasi tertulis dapat menyebar dari daerah ke daerah. Seiring dengan kontak antara orang-orang Arab dan Eropa selama Perang Salib (dengan pemulihan penting dari Yunani kuno klasik ditulis), meluasnya penggunaan kertas dibantu dasar dari Age Gramedia di Eropa.(sumber :wikipedia.org)

Related Posts

Tentang Cai Lun - Penemu kretas
4/ 5
Oleh