Cara Menanam Licorice atau akar manis Lengkap

 Cara Budidaya Tanaman Akar Manis  - Pengobatan atau pencegahan suatu penyakit memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan cara modern yang menggunakan teknologi-teknologi maju, hingga pengobatan dengan cara tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tanaman.Jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional memang sangat banyak jumlahnya.Salah satu tanaman obat yang tumbuh dan banyak digunakan untuk bahan pengobatan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah tanaman akar manis.Meskipun tidak jauh berbeda dengan cara penanaman tumbuhan yang lain, berikut ada beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mencoba membudidayakan tanaman akar manis.

 Baca Juga:

Fungsi Akar, Batang dan Daun Tumbuhan Lengkap


Cara Budidaya Tanaman Akar Manis
  1. Menyiapkan lahan dan bibit atau biji akar manis
Sebelum mulai menanam tanaman akar manis, ada baiknya Anda menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk media tanamnya.Walaupun sebenarnya bisa tumbuh di apapun jenis tanahnya, tanaman akar manis akan tumbuh dengan sangat baik di tanah yang berbatu.Selain ditanam langsung di tanah, tanaman akar manis juga dapat ditanam di pot.Anda bisa menggunakn pot kecil yang sudah diberikan gabus, tanah, sekam, sedikit bebatuan, dan cacahan daun yang disusun rapi di atasnya.Setelah menyiapkan media tanamnya, Anda dapat mulai mencari biji tanaman akar manis atau yang juga sering disebut dengan nama licorice.Biji akar manis sendiri bisa Anda dapatkan di toko tanaman atau banyak juga dijual secara online.
  1. Penanaman biji
Langkah kedua setelah menyiapkan media atau lahan tanam, yaitu penanaman biji akar manis tersebut.Sebelum melakukan penanaman biji, Anda harus melembabkan tanah tempat biji akan ditanam terlebih dahulu.Dengan begitu, biji akar manis yang Anda tanam tidak kering dan bisa tumbuh dengan baik.
Setelah lembab, Anda dapat menaburkan biji-biji akar manis itu secara merata di atas tanah tersebut,Usahakan banyak biji yang ditaburkan sesuai dengan luas tanahnya sehingga tidak terjadi penumpukan tanaman.Setelah biji disebar, taburkan juga pupuk organik di atasnya. Tak perlu banyak-banyak, cukup tipis-tipis saja.
  1. Perawatan tanaman akar manis
Perawatan akar manis sendiri tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Anda hanya perlu menjaga tanah tempat tanaman akar manis itu tumbuh tetap lembab yang tidak kering.Anda bisa menyemprotkan air menggunakan water spray, dan jangan diguyur secara langsung, terlebih untuk tanaman yang ditanam di dalam pot. Jika tanaman akar manis ada di dalam pot, maka letakan pot tersebut di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari,Anda juga harus memberikan tanaman akar manis tersebut pupuk agar tanaman tersebut tumbuh dengan baik.

Baca Juga:

Fungsi Kloroplas Pada Sel Tumbuhan beserta Strukturnya Lengkap

  1. Mana panen tanaman akar manis
Tanaman akar manis sudah bisa dimanfaatkan setelah tumbuh dengan baik dan mencapai usia yang matang.
Biasanya hal tersebut ditandai dengan tinggi tanaman yang sudah lebih dari satu meter.Pada musim kemarau, Anda juga bisa melihat adanya bunga-bunga warna ungu yang menandakan bahwa tanaman akar manis Anda sudah mengalami perkembangan yang baik.Jika sudah seperti itu, maka Anda sudah bisa memanen atau memanfaatkan akarnya untuk dijadikan obat tradisional atau diolah menjadi permen.

 Penelusuran yang terkait dengan Cara Budidaya Tanaman Akar Manis
  • nama daerah akar manis
  • pohon akar manis
  • akar manis di indonesia
  • perbedaan akar manis dan kayu manis
  • tanaman licorice
  • ciri ciri akar manis
  • morfologi akar manis
  • gambar akar manis


EmoticonEmoticon