Biografi Raymond Samuel Tomlinson - Penemu @mail

Ray_TomlinsonKumpulan Biografi Terlengkap - Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang programmer komputer Amerika yang pertama kali menggunakan program email pada sistem ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang merupakan cikal bakal internet pada tahun 1971. Ini adalah sistem pertama yang mampu mengirim email antara pengguna komputer dan server yang berbeda yang terhubung ke ARPANET. Sebelumnya, mail dapat dikirim hanya kepada orang lain yang menggunakan komputer yang sama.

Untuk mencapai hal ini, ia menggunakan tanda @ untuk memisahkan nama pengguna dari nama mesin mereka, skema yang telah digunakan di alamat email sejak itu. 

Awal kehidupan dan pendidikan

Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, AS pada 23 April 1941, tapi keluarganya pindah ke desa unincorporated kecil Vail Mills, New York. Pendidikan awalnya ia lakukan di Broadalbin Central School dekat Broadalbin, New York. Setelah itu ia melanjutkan ke Rensselaer Polytechnic Institute (RPI) di Troy, New York. di sana ia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Ia menerima gelar sarjana di bidang teknik listrik dari RPI pada tahun 1963.

Setelah lulus dari RPI, ia memasuki Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk melanjutkan pendidikan teknik listriknya. Di MIT, Tomlinson bekerja di Grup Komunikasi Pidato dan mengembangkan pidato hybrid synthesizer analog-digital sebagai subyek tesisnya untuk gelar master di bidang teknik listrik, yang ia terima pada tahun 1965.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Tjipto Mangunkusumo, Anggota Tiga Serangkai



Karir dan penemuan Email

Pada tahun 1967 ia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman (BBN sekarang Technologies), di sana ia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Program dan implementasi TELNET. Dia menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Tomlinson diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain untuk berjalan di TENEX. Dia menambahkan kode yang ia ambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer-lain, inilah email pertamanya.

Email pertama
Logo @mail


Email pertama yang dikirim Tomlinson adalah sebuah ujucoba. Percobannya itu tidak ia lestarikan dan Tomlinson menggambarkannya sebagai sesuatu yang tidak signifikan, sesuatu seperti " QWERTYUIOP ". Hal ini umumnya dikutip sebagai "e-mail pertama adalah QWERTYUIOP". Tomlinson kemudian berkomentar bahwa "Tes pesan sepenuhnya telah saya lupakan, oleh karena itu, melupakan mereka."

Pada awalnya, sistem pesan email-nya tidak dianggap penting. Ketika Tomlinson menunjukkan kepada kolega, Tomlinson mengatakan "Jangan beritahu siapapun! kita tidak seharusnya mengerjakan hal semacam ini."

Tomlinson mengatakan ia lebih suka "email" dibanding "e-mail." "Saya hanya mencoba untuk melestarikan pasokan dunia dari tanda hubung," katanya pada tahun 2010. "Plus, istilah telah menggunakan cukup lama untuk menjatuhkan tanda hubung."

Penemuan yang dilakukannya itu diakui secara luas sebagai awal mula email. Tomlinson juga dikenal sebagai penemu lambang @ yang dipakai sebagai pemisah antara nama pemilik email dengan alamat tujuan yang masih dipakai hingga saat ini.

Pada saat itu, masih sangat sedikit orang memiliki komputer pribadi karena harganya sangat mahal. Dan popularitas email baru berlangsung beberapa tahun setelah Ray menemukannya, sebelum kemudian jadi bagian integral kehidupan modern.

Ketika email dan simbol @ yang diciptakannya banyak digunakan, nama Tomlinson mulai banyak dibicarakan dan ia menerima banyak penghargaan. Di tahun 2000 misalnya, dia menerima penghargaan George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum atas jasa jasanya.

Kematian

Tomlinson meninggal pada 5 Maret 2016 dari serangan jantung diduga pada usia 74.

Penghargaan dan kehormatan :

  • Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari American Computer Museum (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University ). 
  • Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik menjadi Hall Rensselaer Alumni of Fame.
  • Pada tahun 2002 pilihan Majalah diberikan kepadanya yang Innovation Award. 
  • Pada tahun 2004, ia menerima pemberian IEEE Internet bersama dengan Dave Crocker.
  • Pada tahun 2009,bersama dengan Martin Cooper dianugerahi Prince of Asturias, penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis. 
  • Pada tahun 2011, ia tercatat 4 di MIT150 daftar top 150 inovator dan ide dari MIT.
  • Pada tahun 2012, Tomlinson dilantik ke dalam Aula Internet of Fame oleh Internet Society.

Sumber: Wikipedia


EmoticonEmoticon