Pengertian Kerajinan Bahan Lunak, Jenisnya, Fungsinya dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan Bahan Lunak – Kerajinan bahan lunak adalah suatu jenis produk kerajinan yang menggunakan bahan yang sifatnya lunak, sebagai dasar pembuatannya.

Jenis-Jenis Kerajinan Bahan Lunak

Bahan lunak ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu bahan lunak yang alami dan bahan lunak buatan. Kerajinan yang terbuat dari bahan lunak ini adalah produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar, yang sifatnya lunak. Beberapa bahan lunak yang digunakan dalam produk kerajinan diantaranya sebagai berikut :

Bahan Lunak Alami - Merupakan jenis bahan lunak yang didapatkan dari alam sekitarnya, dan cara pengolahannya pun dengan cara alami tidak dicampur lagi dengan bahan atau kombinasi buatan lainnya. Contohnya yaitu tanah liat, serat alam dan kulit hewan.

Bahan Lunak Buatan - Adalah jenis bahan yang dibuat untuk karya kerajinan yang diolah kembali menjadi bahan lunak. Berbagai macam karya kerajinan dari bahan-bahan lunak itu bisa dibuat berdasarkan bahan pembuatnya. Bahan yang biasa digunakan yaitu bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya. Bahan lunak buatan ini juga merupakan bahan untuk sebuah karya kerajinan yang sudah diolah menjadi lunak. Contohnya yaitu Bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan lain-lain.


Fungsi Kerajinan Bahan Lunak

Fungsi produk kerajinan bahan lunak ini dibedakan menjadi dua, yaitu berfungsi sebagai benda pakai dan sebagai benda hias:

1. Fungsi Pakai
Benda atau barang dari bahan lunak yang memiliki fungsi pakai biasanya digunakan sebagai alat, wadah, ataupun pelengkap busana. Sebagai benda pakai, tentu tujuan pembuatannya lebih mengutamakan fungsinya, sementara unsur keindahan atau estetik hanya sebagai pendukung. Fungsi pakai dibedakan lagi menjadi fungsi bahan bangunan, wadah, pembersih, dan fungsi hiburan. Fungsi sebagai bahan bangunan bisa berupa gips dan batako, fungsi sebagai wadah bisa berupa kotak tisu, fungsi hiburan seperti wayang kulit, dan sebagai pembersih bisa berupa keset.

2. Fungsi Hiasan
Kerajinan bahan lunak sebagai benda hias dibuat untuk dipajang sebagai hiasan atau elemen estetis yang lebih mengutamakan aspek keindahan dibandingkan kegunaan. Contoh dari kerajinan bahan lunak yang memiliki fungsi hias yaitu patung, guci, dan lain sebagainya.





Contoh Produk Kerajinan Bahan Lunak

Berikut ini merupakan contoh produk kerajinan bahan lunak:


Contoh produk kerajinan yang pertama yaitu kerajinan tanah liat merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat. Kerajinan tanah liat juga sering disebut sebagai kerajinan keramik. Apa itu kerajinan keramik ?. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa seperti dipijit, busir, pilin, pembakaran, dan glasir sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contoh kerajinan tanah liat diantaranya : gerabah, vas bunga, guci, pring, kendil, cobek, dan sebagainya. Berikut contoh kerajinan gerabah dan keramik.


 
Contoh produk kerajinan yang kedua yaitu kerajinan serat alam merupakan  karya kerajinan yang menggunakan bahan baku serat alam dengan teknik pembuatan kerajinan sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Kerajinan dari serat alam bisa dibuat barang atau benda pakai, juga bisa benda hias yang indah. Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, topi, dompet, alas meja, tempat lampu, Figura, dan kerajinan dinding. Beriktu contoh karya kerajinan dari serat alam.Meskipun bahan baku ini merupakan salah satu bahan baku yang kering namun tetap saja lunak.hal ini karena serat tersebut  mudah dibentuk tanpa proses pembakaran.Kerajinan dengan menggunakan serat alam bisa saja dengan cara melakukan proses pengeringan terelbih dahulu agar mudah di bentuk dan tidak cepat rusak.Kebanyakan dari para pengrajin serat alam ini adalah dengan membentuk tas atau topi bahkan alat dapur dan kesenian lainnya. estetika dari serat alam ini cukup tinggi maka dari itu banyak orang yang tertarik pada kerajinann ini.
 
 
Contoh produk kerajinan yang ketiga yaitu kerajinan kulit merupakan karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah disamak, kulit mentah atau kulit sintetis. Karya kerajian dari kulit diproses menggunakan teknik ukir dan jahit. Hewan apa saja yang kulitnya bisa buat kerajian ?. Pertanyaan yang bagus kulit hewan yang biasanya di pakai untuk kerajinan biasanya hewan sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.
Dari hewan yang tadi kulitnya lebih tebal dan tidak rusak saat diukir, dan memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada hewan yang lain. Contoh kerajinan dari bahan kulit, misalnya tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Karya kerajinan dari kulit biasanya dijual dengan harga yang tinggi karena bahan baku yang semakin sulit dicari.


Gips merupakan sebuah bahan yang cair (mineral) namun tidak bisa larut bersama air. Namun jika di diamkan di dalam air dalam waktu yang cukup lama akan berubah tekstur sedikit padat.
Kandungan di dalam cairan ini adalah kalsium sulfat dan mineral lainnya. Zat ini mudah terlepas sehingga akan cepat panas dan mengeras untuk menjadikan bahan ini sebagai kerajinan tentunya harus di cairkan terlebih dahulu kemudian di cetak menyerupai bentuk yang anda inginkan.
Agar tidak cepat padat, maka jika anda akan memproduksi bahan ini dalam masal maka anda harus membuat cetakan banyak juga agar lebih mudah di kerjakan. Biasanya kerajinan ini berupa hiasan seperti pada dinding.


 
Jika diperhatikan, pembuatan kerajinan dari bahan lilin merupakan yang paling mudah dan sederhana dibandingkan dengan yang lainnya. Kerajinan dari lilin juga bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Untuk membuatnya bisa dengan mengukir lilin secara langsung atau mencairkan terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat lilin dengan bentuk yang unik dan sesuai keinginan maka Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu dengan memanaskannya di atas api atau kompor. Contoh kerajinan dari bahan lilin ini yaitu bunga lilin atau berbagai hiasan lainnya.
 
 

Sabun merupakan salah satu benda yang sering kali di guakan untuk sebagai pembersih badan anda pada saat mandi. Tebtunya keberadaan sabun ini sangat berguna untuk kehidupan sehari – hari.
Selain itu sabun juga biasa di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti aroma teraphi misalnya. Namun siapa sangka sabun ini memiliki kerajinan  yang cukup tinggi yakni bisa di bentuk untuk mempercantik penampilan sabun itu sendiri.Cara yang paling mudah untuk dapat membentuk sabun ini adalah dengan mencairkan terlebih dahulu kemudian bentuklah dengan cetakan. Namun tak hanya itu anda juga bisa menggunakan ukiran untuk mrngukir bentuk sabun.Tampilan bentuk sabun yang cantik akan membuat anda semakin bergairah untuk mandi. Namun tak hanya itu anda juga bisa menggunakan ukiran untuk mrngukir bentuk sabun. Tampilan bentuk sabun yang cantik akan membuat anda semakin bergairah untuk mandi.

 
Contoh produk kerajinan yang terakhir yaitu kerajinan bubur kertas karya kerajinan yang proses pembuatnya mudah dan tidak memerukan banyak uang. Dari sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan. Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat bubur kertas yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi kerajinan yang bernilai jual. Kerajinan bubur kertas sangat efektif untuk mengurangi sampah yang berupa kertas yang tidak terpakai. Diatas contoh karya kerajinan dari bubur kertas.





Penelusuran yang terkait dengan Kerajinan Bahan Lunak

  • gambar kerajinan bahan lunak
  • teknik pembuatan kerajinan bahan lunak
  • tuliskan bentuk kerajinan bahan lunak
  • gambar produk kerajinan bahan lunak
  • manfaat kerajinan bahan lunak
  • bentuk kerajinan bahan lunak tanah liat
  • materi kerajinan bahan lunak
  • mengidentifikasi manfaat pada produk kerajinan bahan lunak

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kerajinan Bahan Lunak, Jenisnya, Fungsinya dan Contoh Kerajinan Bahan Lunak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel