Henri Lebesgue Leon-Integrasi Lebesgue, Ukuran Lebesgue

Fhoto Henry Leon LebesgueHenri Lebesgue Léon
Informasi Pribadi :
  • Lahir: 28 Juni 1875 Beauvais, Oise, Prancis
  • Meninggal: 26 Juli 1941 (umur 66) Paris
  • Kebangsaan: Prancis
  • Bidang: Matematika
  • Lembaga: University of Rennes, University of Poitiers , Universitas Paris, College de France
  • Almamater: École Normale Supérieure, Universitas Paris
  • Penasihat Doktor: Émile Borel
  • Mahasiswa doktoral: Paul Montel, Zygmunt Janiszewski, Georges de Rham
  • Dikenal untuk: Integrasi Lebesgue, Ukuran Lebesgue
  • Penghargaan: Fellow dari Royal Society

Kumpulan Biografi Terlengkap -Henri Lebesgue Léon ForMemRS adalah seorang matematikawan Perancis yang terkenal karena teori integrasi, yang merupakan generalisasi dari konsep abad ke-17 dari integration- menjumlahkan daerah antara sumbu dan kurva dari fungsi yang ditetapkan untuk sumbu itu. Teori ini awalnya diterbitkan dalam disertasinya Intégrale, longueur, aire ("Integral, panjang, area") di Universitas Nancy pada 1902.

Kehidupan pribadi
Henri Lebesgue Lahir pada 28 Jun 1875 di Beauvais, Oise. ayah Lebesgue's adalah typesetter(penata letak) dan ibunya adalah seorang guru sekolah. Orangtuanya berkumpul di rumah sebuah perpustakaan yang dapat digunakan oleh Henri muda. Sayangnya ayahnya meninggal akibat tuberkulosis ketika Lebesgue masih sangat muda dan ibunya bekerja keras untuk menghidupi keluarga. Ketika ia menunjukkan bakat luar biasa dalam matematika di sekolah dasar, salah satu instrukturnya menganjurkan untuk meneruskan pendidikannya di Collège de Beauvais dan kemudian di Lycée Saint-Louis dan Lycée Louis-le-Grand di Paris.

Karir
Pada 1902, tokoh Prancis ini menyelesaikan tesis doktornya yang berjudul Integral, Panjang, dan Luas. Ia membuka pintu ke teori modern tentang pengintegralan dalam dimensi-satu dan dimensi-n, sebuah teori yang dijumpai semua matematikawan profesional dalam latihan kesarjanaannya. Integral Lebesgue memberikan perluasan dari integral Riemann, sesuai dengan yang belakangan saat integral Riemann ada, namun membuat lebih banyak fungsi yang bisa diintegralkan.

Di sini integral Lebesgue tidak diberikan, tetapi akan diterangkan sumbangannya pada integral Riemann. Disebutkan suatu himpunan pada garis riil mempunyai ukuran nol jika ia dapat dikurung dalam suatu gabungan terhingga atau terhitung dari selang yang total panjangnya kurang dari sebarang e > 0 yang diberikan. Setiap himpunan terhingga mempunyai ukuran 0, tetapi secara mengejutkan, demikian juga himpunan bilangan rasional dan banyak himpunan tak terhingga lain. Lebesgue memperlihatkan bahwa suatu fungsi terbatas akan terintegralkan secara Riemann jika dan hanya jika himpunan kekontinuannya berukuran nol.

Karyanya juga memajukan teori integral lipat. Dalam tesisnya pada tahun 1902, ia mampu memberikan persyaratan sederhana yang membolehkan integral lipat dituliskan sebagai integral berulang (iterasi), hasil-hasil yang belakangan disempurnakan kawannya Guido Fubini.

Sebagai bagian dari pengembangan integrasi Lebesgue, Lebesgue menemukan konsep ukuran, ide panjang yang memanjang dari interval

Teori Integrasi Lebesgue-Stieltjes
Dalam analisis teori ukur dan cabang-cabang matematika yang berkaitan, integrasi Lebesgue-Stieltjes menggeneralisasi integral Riemann-Stieltjes dan integrasi Lebesgue, preserving banyak keuntungan dari yang terakhir dalam rangka teori ukur yang lebih umum.

Gambar Henri Lebesgue_teori integrasi
Henri Lebesgue - Penggagas  Teori IntegrasiIntegral Lebesgue-Stieltjes dinamai menurut Henri Leon Lebesgue dan Thomas Joannes Stieltjes, juga dikenal sebagai integral Lebesgue-Radon atau integral Radon, menurut Johann Radon, yang menemukan banyak teori dalam topik ini. Mereka menemukan penerapan umum dalam teori probabilitas dan proses stokastik, dan dalam beberapa cabang analisis matematika termasuk teori potensial. (id.wikipedia.org)

Kutipan tentang Lebesgue
Integral Lebesgue yang baru ini membuktikan dirinya sendiri suatu alat yang baik. Saya bisa membandingkannya dengan sebuah senjata modern Krupp, sedemikian mudahnya ia menembus rintangan yang tak terkalahkan. (EB. van Vleck)

Sumber: (Henri Lebesgue)


EmoticonEmoticon