Tentang Dennis Gabor menciptakan holografi

Photo Dennis_GaborDennis Gabor
Informasi Pribadi :
  • Tanggal lahir : 5 Juni 1900 Budapest , Kerajaan Hongaria
  • Meninggal : 9 Februari 1979 (umur 78) London, Inggris
  • Kewarganegaraan : Hungaria / Inggris
  • Fields : Teknik listrik Fisika
  • Lembaga : Imperial College London, British Thomson-Houston
  • Alma mater : Technical University of Berlin, Technical University of Budapes
  • Dikenal sebagai : holografi,  filter Gabor, batas Gabor, Gabor transformasi, atom Gabor, Gabor wavelet
  • Penghargaan terkemuka : FRS (1956), Medal muda dan Prize (1967), Rumford Medal (1968), IEEE Medal of Honor (1970)
  • Penghargaan Nobel : dalam Fisika (1971)
  • Pasangan : Marjorie Louise Butler (m 1936;. Kematiannya 1971)
Kumpulan Biografi Terlengkap - Dennis Gabor CBE , FRS ( / ɡ ɑː b ɔːr, ɡ ə b ɔːr / ;  Hungaria : Gabor Denes; 5 Juni 1900 - 9 Februari 1979) adalah seorang Hungarian -British  insinyur listrik dan fisikawan, yang paling penting untuk menciptakan holografi , yang ia kemudian menerima 1.971 Nobel dalam Fisika .

Baca Juga:

Biografi Samuel Hahnemann - Penemu pengobatan alternatif homeopati



Biografi

Ia lahir sebagai Günszberg Denes, dalam sebuah keluarga Yahudi di Budapest , Hongaria. Pada tahun 1918, keluarganya dikonversi ke Lutheranisme .  Denis adalah anak sulung dari Günszberg Bernát dan Jakobovits Adel. Meskipun memiliki latar belakang agama, agama memainkan peran kecil di kemudian hari dan ia menganggap dirinya agnostik.  Pada tahun 1902, keluarga mendapat izin untuk mengubah nama mereka dari Günszberg ke Gabor. Ia menjabat dengan artileri Hungaria di Italia utara selama Perang Dunia I . Ia belajar di Technical University of Budapest dari tahun 1918, kemudian di Jerman, di Universitas Charlottenburg Teknik di Berlin , sekarang dikenal sebagai Technical University of Berlin .  pada awal karirnya, ia menganalisis sifat-sifat tegangan tinggi jalur transmisi listrik dengan menggunakan oscillograph katoda-beam, yang menyebabkan minatnya dalam elektron optik. Mempelajari proses fundamental dari osilograf , Gabor telah menyebabkan perangkat elektron-beam lain seperti mikroskop elektron dan tabung TV. Dia akhirnya menulis tesis PhD-nya di Pencatatan Peralihan dalam Sirkuit Listrik dengan Cathode Ray osilograf pada tahun 1927, dan bekerja pada lampu plasma .

Pada tahun 1933, Gabor melarikan diri dari Nazi Jerman , di mana ia dianggap Yahudi dan diundang untuk Inggris untuk bekerja di departemen pengembangan Thomson-Houston British perusahaan di Rugby, Warwickshire . Selama waktunya di Rugby, ia bertemu Marjorie Louise Butler, dan mereka menikah pada tahun 1936. Ia menjadi warga negara Inggris pada tahun 1946, dan itu saat bekerja di British Thomson-Houston yang ia menemukan holografi, pada tahun 1947.  dia bereksperimen dengan berat disaring sumber cahaya merkuri busur .amun, hologram awal hanya terealisasi pada tahun 1964 menyusul 1.960 penemuan laser yang , pertama koheren sumber cahaya. Setelah ini, holografi menjadi tersedia secara komersial.

Penelitian Gabor terfokus pada input elektron dan output, yang menyebabkan dia untuk penemuan kembali holografi.  Ide dasarnya adalah bahwa untuk pencitraan optik yang sempurna, total semua informasi yang harus digunakan; tidak hanya amplitudo, seperti dalam biasa pencitraan optik, tetapi juga fase. Dengan cara ini gambar holo-spasial yang lengkap dapat diperoleh.  Gabor diterbitkan teorinya ulang holografi dalam serangkaian makalah antara tahun 1946 dan 1951.

Gabor juga meneliti bagaimana manusia berkomunikasi dan mendengar; hasil penyelidikannya adalah teori sintesis granular , meskipun Yunani komposer Iannis Xenakis mengaku bahwa ia sebenarnya penemu pertama teknik sintesis ini.  pekerjaan Gabor dalam ini dan terkait daerah adalah dasar dalam pengembangan analisis waktu-frekuensi .

Pada tahun 1948 Gabor pindah dari Rugby ke Imperial College London , dan pada tahun 1958 menjadi profesor Fisika Terapan sampai pensiunnya pada tahun 1967. kuliah perdana-Nya pada tanggal 3 Maret 1959 "Penemuan Elektronik dan Dampak mereka pada Civilisation" memberikan inspirasi untuk Norbert Wiener perawatan 's mesin mereproduksi dirinya sendiri dalam bab kedua dari belakang di 1961 edisi bukunya Cybernetics .

Pada tahun 1963 Gabor diterbitkan Penemuan Masa Depan yang membahas tiga ancaman utama Gabor melihat ke masyarakat modern: perang, kelebihan penduduk dan Age of Leisure. Buku ini berisi ekspresi sekarang terkenal bahwa "masa depan tidak dapat diprediksi, tetapi berjangka dapat diciptakan." Pengulas Nigel Calder diulang konsep sebagai, "Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya." Lainnya seperti Alan Kay , Peter Drucker , dan Forrest Shaklee yang telah menggunakan berbagai bentuk kutipan telah salah dikreditkan dengan coining itu. Buku berikutnya, Inovasi: ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial yang diterbitkan pada tahun 1970, diperluas pada beberapa topik dia sudah sebelumnya menyentuh, dan juga menunjukkan minatnya dalam inovasi teknologi sebagai mekanisme baik pembebasan dan kehancuran.

Pada tahun 1971 dia adalah penerima tunggal dari Penghargaan Nobel dalam Fisika dengan motivasi "untuk penemuan dan pengembangan metode holografik nya" dan disajikan sejarah perkembangan holografi dari 1948 di kuliah Nobel.

Sementara menghabiskan banyak pensiun di Italia di Lavinio Roma, ia tetap terhubung dengan Imperial College sebagai Senior Research Fellow dan juga menjadi Staf Scientist dari CBS Laboratories , di Stamford, Connecticut ; ada, ia bekerja sama dengan teman seumur hidup, CBS Labs 'Presiden Dr. Peter C. Goldmark di banyak skema baru komunikasi dan display. Salah satu ruang baru Imperial College tinggal di Pangeran Gardens, Knightsbridge bernama Gabor Balai menghormati kontribusi Gabor untuk Imperial College. Dia mengembangkan minat dalam analisis sosial dan diterbitkan The Mature Masyarakat: pandangan masa depan pada tahun 1972.  Dia juga bergabung dengan Club of Rome dan diawasi kelompok kerja mempelajari sumber energi dan perubahan teknis. Temuan dari kelompok ini diterbitkan dalam laporan luar Age of Limbah pada tahun 1978, sebuah laporan yang merupakan peringatan dini dari beberapa isu yang hanya kemudian mendapat perhatian luas.
Mengikuti perkembangan pesat dari laser dan berbagai macam aplikasi hologram (misalnya, seni, penyimpanan informasi, dan pengakuan dari pola), Gabor mencapai keberhasilan yang diakui dan perhatian dunia selama hidupnya. Ia menerima berbagai penghargaan selain Hadiah Nobel .

Baca Juga:

Biografi Rowland Hill - Penemu Perangko



Gabor meninggal di sebuah panti jompo di South Kensington , London, pada tanggal 9 Februari 1979. Pada tahun 2006 sebuah plakat biru diletakkan di atas No. 79 Ratu Gerbang di Kensington , di mana ia tinggal dari tahun 1949 sampai awal 1960-an.                                                                Sumber : Wikipedia.org


EmoticonEmoticon