8 Nama Penemu Lampu Menjadi Lebih Sempurna dan Moderen

Gambar Heinrich Gobel Lamp
Berikut ini adalah para ilmuwan yang telah menemukan dan membuat lampu menjadi lebih sempurna dan moderen:
  • Sir Humphry Davy - pada Tahun 1801, mengaliri arus listrik pada lempeng platinum sehingga bersinar. Dan Tahun 1809  ia menciptakan arc lamp (lampu busur) yaitu model lampu yang banyak digunakan sekarang menggunakan batang karbon namun sinar yang dihasilkan terlalu menyilaukan.
  • James Bowman Lindsay - di Dundee, Scotland, pada Tahun 1835 membuat sinar listrik yang konstan sehingga dapat membuat orang bisa membaca buku dari jarak sekitar 40 cm
  • Warren de la Rue - pada Tahun 1840, seorang ilmuwan inggris memasukan platinum pada tabung hampa dan menghasilkan sinar namun karena harga platinum sangat mahal sehingga penemuan tersebut tidak dapat banyak digunakan
  • Frederick de Moleyns - pada Tahun 1841 seorang Inggris mendapatkan paten yang pertama untuk lampu inkandesen (seperti yang banyak digunakan sekarang) dengan bahan bubuk arang yang dipanaskan antara 2 kawat platinum dalam suatu tabung kaca hampa udara.
  • Robert Houdin - pada Tahun 1851 menciptakan incandescent lamp yang lebih disempurnakan untuk digunakan pada museum Chateau of Blois.
  • Heinrich Gobel - pada Tahun 1854 seorang penemu dari Jerman membuat bola lampu yang telah diperbarui
  • Joseph Wilson Swan - pada Tahun 1878 memperoleh paten untuk lampu ciptaannya.
  • Thomas Edison - 10 bulan kemudian atas lampu yang pada dasarnya sama dengan ciptaan Joseph Wilson Swan mendapat paten dari Amerika atas nama Thomas Edison.

Baca Juga:

Biografi Wernher von Braun - Pengembang Roket


Tahun 1880 atau tepatnya 11 September 1880 sesuai yg tertulis pada buku catatan Thomas Edison sendiri.  Mitra lama Edison yaitu Edward H. Johnson dan John Ott yang bertanggung jawab membuat bentuk baku diakhir 1880.  Hasil dari pekerjaan tersebut adalah soket dengan model seperti sekrup dengan standar kemiringan dan lingkaran yang sekarang dipakai dimana-mana didunia ini.

Dengan melihat urutan para penemu lampu di atas maka dapat disimpulkan bahwa, Thomas Edison bukanlah penemu lampu pertama kali tetapi ia yang membuat beberapa peningkatan dan melakukan pemasaran dengan intensif. Apalagi ia memiliki perusahaan listrik sehingga banyak yang mengira dialah penemu lampu.


EmoticonEmoticon