Biografi William Murdoch - Penemu Mesin Uap

Kumpulan Biografi Terlengkap - William Murdoch (kadang-kadang dieja Murdock) (21 Agustus 1754 - 15 November 1839) adalah insinyur Skotlandia dan penemu jangka panjang.

Murdoch bekerja pada perusahaan Boulton dan Watt di Cornwall , sebagai erector mesin uap selama sepuluh tahun, menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya di Birmingham , Inggris.

Murdoch adalah penemu mesin uap silinder berosilasi, dan pencahayaan gas yang dikaitkan dengannya di tahun 1790-an, juga istilah " gasometer ". Murdoch juga membuat inovasi untuk mesin uap. Ia menemukan pistol uap dan tabung pneumatik yang digunakan pada kapal uap dayung British untuk menyeberangi Selat Inggris. Murdoch membangun sebuah prototipe lokomotif uap pada tahun 1784 dan membuat sejumlah penemuan di bidang kimia.

Murdoch tetap seorang karyawan dan kemudian mitra Boulton & Watt sampai 1830-an, dan reputasinya sebagai seorang penemu telah dikaburkan oleh reputasi Boulton dan Watt dan perusahaan yang mereka dirikan.


Baca Juga:

Biografi Teuku Umar Pahlawan Nasional Indonesia


Kehidupan awal

William Murdoch lahir di Lugar dekat Cumnock, East Ayrshire, Skotlandia, Ia adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. ayahnya adalah John Murdoch. Ia dididik sampai usia sepuluh di Sekolah Old Cumnock Kirk sebelum masuk sekolah Auchinleck. Murdoch unggul dalam matematika. Murdoch juga belajar prinsip-prinsip mekanika, eksperimen praktis dan bekerja di logam dan kayu dengan membantu dalam pekerjaan ayahnya. Bersama dengan ayahnya, ia membangun sebuah "kuda kayu" sekitar 1763. "Wooden Horse on Wheels" buatannya adalah sepeda roda tiga yang didorong oleh engkol tangan.

Pada tahun 1777, pada usia 23, Murdoch berjalan ke Birmingham, jarak lebih dari 300 mil (480 km), untuk meminta pekerjaan dengan James Watt , yang merupakan produsen mesin uap. Murdoch memulai karirnya dengan Boulton dan Watt dalam pola lokakarya mereka Soho Foundry, membuat pola untuk casting bagian mesin.

Karir solo pertamanya adalah membuat mesin di Wanlockhead Mine, Murdoch membuat banyak perbaikan padastandar Boulton dan mesin Watt dengan mengatur kembali roda gigi untuk memungkinkan uap katup yang akan bekerja secara otomatis oleh aksi poros knalpot.

Penemuan

Inovasi lain dari Murdoch adalah penemuanny tahun 1799 yakni menyederhanakan dan membuat lebih efisien dari banyak roda uap dibandingkan dengan yang digunakan pada saat itu. S

Murdoch juga melakukan sejumlah eksperimen dengan udara terkompresi dan mengembangkan sistem pesan pneumatik pertama yang bekerja dengan menggunakan kompresi udara untuk mendorong pesan dalam silinder melalui tabung ke tujuan yang dimaksud. Murdoch juga menggunakan kompresi udara untuk membunyikan lonceng di rumahnya untuk mengumumkan pengunjung.

Beberapa eksperimen dan penemuan kecil lainnya adalah: mesin yang dikembangkan pada tahun 1784 atau 1785 di Cornwall untuk pengeboran pipa kayu, (pada tahun 1810 ini dikembangkan dan dipatenkan untuk lebih lanjut batu pipa).
sketsa William Murdoch

                                               Gambar kereta uap William Murdoch

Sebuah penemuan penting oleh William Murdoch yang sedikit diketahui adalah model kerja pertama dari kereta uap Inggris, atau lokomotif jalan, pada tahun 1784. Insinyur Perancis Nicolas Joseph Cugnot telah menunjukkan kegunaan alat tersebut dengan membangun (dari 1769) dua kendaraan uap yang berukuran penuh, salah satu yang dirancang untuk membawa 4-5 ton . Semua yang diperlukan adalah desain yang lebih efektif.

Penemuan Kimia

Selain kerja mekanik nya Murdoch juga bereksperimen di bidang kimia dan membuat sejumlah penemuan. Salah satunya adalah
tahun 1784, semen besi yang terbuat dari sal amoniak, atau amonium klorida dan serbuk besi, ternyata ditemukan ketika Murdoch mengamati bahwa 2 komponen ini sengaja dicampur dalam tas peralatan dan membentuk suatu massa yang solid. Semen besi ini digunakan untuk memperbaiki dan mengeraskan sendi mesin uap, sehingga menciptakan segel keras dan tahan lama.

Penemuan lainnya, dan yang pertama  dibuat paten diajukan pada 1791 oleh Murdoch adalah langkah pertama dalam pengembangan pewarna anilin dan coating.

Pada 1795 Murdoch mengembangkan pengganti isinglass, endapan yang terbuat dari sturgeon yang digunakan dalam klarifikasi b!r untuk menghilangkan kotoran. Bahan Pengganti tersebut terbuat dari Cod kering dan jauh lebih murah.

Penemuan Murdoch yang paling dikenal adalah aplikasi pencahayaan gas sebagai pengganti minyak dan lemak menghasilkan cahaya. Itu pada tahun 1792 ia pertama kali mulai bereksperimen dengan penggunaan gas, berasal dari pemanasan batu bara dan bahan lainnya, untuk penerangan. eksperimen tersebut diperkirakan terjadi antara 1792 dan 1794.

Murdoch menulis sebuah makalah, "Rekening Penerapan Gas dari Batubara ke Ekonomis Tujuan" yang telah disampaikan kepada Royal Society pada tahun 1808. Pada tahun itu ia dianugerahi mereka Rumford Medali Emas untuk "baik gagasan pertama penerapan, dan aplikasi yang sebenarnya pertama gas untuk tujuan ekonomis".

Pada September 1830, kesehatan Murdoch menurun pada usia 76, kemitraan Murdoch dengan Boulton & Watt yang dimulai pada 1810 berakhir. Murdoch meninggal pada tahun 1839 saat berusia 85. Dia dimakamkan di St Gereja Mary, Handsworth .

Baca Juga:

Biografi Tan Malaka Pahlawan Nasional Indonesia



William Murdoch


William Murdoch
Informasi Pribadi :

Lahir:  21 Agustus 1754 Cumnock, East Ayrshire, Skotlandia

Meninggal: 15 November 1839 (85 th) Handsworth, nr. Birmingham, Inggris

Tempat tinggal: Redruth & Birmingham
Kewarganegaraan:  Inggris

Fields:  Mesin uap, pencahayaan Gas

Penghargaan terkemuka: Rumford Medal


EmoticonEmoticon