Biografi Terlengkap Penemu Facebook - Mark Zuckerberg


Biografi Terlengkap - Boleh jadi facebook merupakan sebuah jejaring sosial yang paling fenomal di abad ini. Penggunanya yang banyak dan fitur-fiturnya yang menarik menjadikan ia sebagai jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di jagat raya  yang kemudian melejitkan Penemu Facebook yaitu Mark Zurckerberg menjadi sosok yang populer dan serta membuatnya menjadi seorang milyarder baru di dunia. Cerita kesuksesan facebook ini dimulai ketika Mark Zuckerberg kuliah di Harvard University yang merupakan universitas terbaik di dunia di jurusan ilmu komputer. Ia pada mulanya membangun sebuah situs yang bernama facemash.com pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana situs yang ia buat tersebut berisi foto-foto mahasiswa harvard yang didapatnya dari hasil meretas jaringan kampusnya sendiri dimana ia mengambil data-data pribadi mahasiswa yang kemudian ia pasang berdampingan dengan foto lain dimana pengunjung akan melakukan vote atau memilih mana foto yang terbaik.
 
Dari perbuatannya ini kemudian membuat situs yang ia buat menjadi populer di kalangan mahasiswa Harvard pada saat itu yang akhirnya membuat jaringan kampusnya lumpuh akibat perbuatan dari Mark Zuckerberg. Akibatnya bisa ditebak, ia kemudian di sidang dihadapan para pejabat kampus dan mendapatkan hukuman peringatan atas perbuatannya dalam hal pelanggaran hak cipta, privasi, hingga ia terancam drop out (kelak ia kemudian drop out sungguhan) dari kampusnya.
Dari perbuatannya tadi kemudian ia bertemu dengan Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra yang juga mahasiswa di Harvard yang kemudian menawarkan kerjasama dalam sebuah proyek yaitu membangun sebuah website jejaring sosial yang spesial yang khusus untuk para mahasiswa Harvard yang bernama HarvardConnection. Tetapi Mark Zuckerberg diam-diam membangun sendiri website jejaring sosial yang kelak dikenal sebagai facebook. Perbuatannya ini sama sekali tidak diketahui oleh rekan-rekannya yang menawarkan proyek tadi. Perlahan-lahan ia mendesain dan membangun websitenya sendiri, Mark Zuckerberg kemudian menghubungi Aaron J. Greenspan dan kemudian memintanya untuk  berkerja sama membangun website jejaring sosial yang ia buat secara diam-diam namun ternyata Aaron J. Greenspan menolak membantunya.

Kemudian di awal 2004 yaitu di bulan februari, website yang kelak menjadi cikal bakal facebook yang dikenal saat ini diluncurkan oleh Mark Zuckerberg. Ia menamakan websitenya The Facebook dengan nama domain thefacebook.com. Tujuan dari websitenya ini yaitu sebagai buku online untuk mahasiswa di lingkungan Harvard dan juga staf kampus, uniknya ia membangun websitenya ini dikamarnya sendiri yaitu di asrama harvard sebagai bagian dari sebuah tugas kuliah. Mark Zuckerberg memang dikenal cerdas di kampusnya. Dalam membangun websitenya ini, ia dibantu oleh teman-teman sekamarnya yaitu Dustin Moskovitz, Chris Hughes, Andrew McCollum dan  Eduardo Saverin. Tidak kurang dari 12 ribu mahasiwa Harvard mendaftar di website yang ia buat hanya dalam tempo sehari saja. yang kemudian dalam waktu sebulan lebih dari separuh mahasiswa yang belajar di Harvard sudah mempunyai halaman profil sendiri di situs buatan Mark Zuckerberg ini.

Begitu mengetahui TheFacebook diluncurkan sekitar seminggu kemudian Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra yang dulu berkerjasama dalam membangun proyek HarvardConnection berbalik menuduh Mark Zuckerberg dengan tuduhan mencuri ide dari HarvardConnection yang mereka buat dan mengimplementasikannya kedalam situs TheFacebook.com. Akibatnya Trio HarvardConnection ini kemudian membuat tuntutan hukum kepada Mark Zuckerberg karena mencuri ide dari mereka. Selama 4 tahun kasus ini berada di pengadilan dan akhirnya terselesaikan dengan jalan dimana Mark Zuckerberg yang merupakan penemu dari facebook membayar sejumlah uang dan juga memberikan sebagian saham dari facebook kepada Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra sehingga masalah dinyatakan selesai.

Kurang dari sebulan setelah peluncuran situs thefacebook.com kemudian mark zuckerberg memperluas wilayah cakupan facebook bukan hanya untuk mahasiswa facebook saja tetapi juga ke universitas-universitas lain. Dari perkembangan pesat situsnya ini kemudian menarik Sean Parker yang merupakan pendiri Napster untuk berkerjasama dalam membangun facebook. Disini Mark berhasil mendapatkan kucuran dana untuk membangun facebook lebih besar yang kemudian pada bulan juni tahun 2004, Facebook kemudian resmi berkantor di Palo Alto, California. Investasi dari salah satu pendiri paypal yaitu Peter Thiel pertama kali datang pada bulan Juni 2004.

Pada tahun 2005 kata "The" dihapus dan hanya menjadi "Facebook" saja seperti yang kini dikenal sekarang dan dengan nilai 200 ribu dollar Mark Zuckerberg kemudian membeli nama domain facebook.com. Nama Mark Zuckerberg melejit dan mulai menjadi perhatian ketika ia menolak tawaran dari Yahoo yang berusaha membeli facebook dengan harga sebesar 1 Milyar Dollar Amerika. Kemudian dengan nilai sebesar 240 Juta US Dollar, mark zuckerberg kemudian memberikan 1,6% Nilai saham facebook kepada microsoft dimana penawaran dari microsoft kemudian ditingkatkan menjadi 15 Milyar Dollar untuk sejumlah saham di facebook. Sungguh nilai yang fantastis bukaan..??

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Biografi Charles Darwin - Penemu Teori Evolusi



Tahun ke tahun facebook terus berkembang dengan sangat pesan mengalahkan jejaring sosial lainnya seperti friendster dan myspace yang dulu tenar. pengguna Facebook kian hari makin bertambah besar sehingga 10 tahun kemudian tepatnya di tahun 2013 pengguna facebook menembus angka 1 Milyar pengguna aktif menjadikan perusahaan facebook menjadi jejaring sosial terpopuler abad ini. Keunggulan facebook yang mungkin tidak dimiliki oleh jejaring sosial lainnya adalah fitur-fiturnya yang sangat menarik bagi pengguna seperti aplikasi chat, video call, game, dan bayak fitur lainnya yang tak kalah menarik. Sektor periklanan merupakan pendapatan yang paling utama bagi facebook. Ketenaran facebook inilah yang kemudian melejitkan nama Mark Zuckerberg yang merupakanpenemu facebook menjadi salah satu orang terkaya di dunia atau milyuner muda di usianya yang masih sangat muda. Hingga kini facebook masih terus berinovasi menghadirkan pengalaman baru bagi penggunanya
.


EmoticonEmoticon