Biografi Hans Wilhelm Gengar - Penemu Pencacah Geiger

Johannes "Hans" Wilhelm "Gengar" Geiger adalah seorang fisikawan Jerman. Ia terkenal berkat penemuan pencacah Geiger dan Percobaan Geiger–Marsden yang akhirnya menemukan nukleus atom.

Geiger lahir di Neustadt an der Haardt, Jerman pada 30 September 1882. Ia adalah salah satu dari lima anak Wilhelm Ludwig Geiger, yang menjadi profesor di Universitas Erlangen.

Tahun 1902, Geiger belajar fisika dan matematika dari Universitas Erlangen dan lulus menjadi doktor tahun 1906. Tahun 1907 ia mulai bekerja dengan Ernest Rutherford di Universitas Manchester. Tahun 1909, bersama dengan Ernest Marsden, melakukan Percobaan Geiger–Marsden yang disebut "gold foil experiment". Rutherford dan Geiger menciptakan tabung Rutherford-Geiger, kemudian menjadi tabung Geiger (Pencacah Geiger).

Baca Juga:

Biografi Radin Inten II, Putera Lampung Yang Melawan Penjajah



"Pencacah Geiger,Pencacah Geiger, atau disebut juga Pencacah Geiger-Müller adalah sebuah alat pengukur radiasi ionisasi. Pencacah Geiger bisa digunakan untuk mendeteksi radiasi alpha dan beta. Sensornya adalah sebuah tabung Geiger-Müller, sebuah tabung yang diisi oleh gas yang akan bersifat konduktor ketika partikel atau foton radiasi menyebabkan gas (umumnya Argon) menjadi konduktif. Alat tersebut akan membesarkan sinyal dan menampilkan pada indikatornya yang bisa berupa jarum penunjuk, lampu atau bunyi klik dimana satu bunyi menandakan satu partikel. Pada kondisi tertentu, pencacah Geiger dapat digunakan untuk mendeteksi radiasi gamma, walaupun tingkat reliabilitasnya kurang. Pencacah geiger tidak bisa digunakan untuk mendeteksi neutron. "
Pencacah geigerPada tahun 1911 Geiger dan John Mitchell Nuttall menemukan hukum Geiger-Nuttall dan uji coba yang
dilakukan menyebabkan model atom Rutherford. Pada tahun 1928 Geiger dan muridnya Walther Müller menciptakan sebuah  perbaikan dari tabung Geiger, tabung Geiger- Müller. Geiger juga bekerja dengan James Chadwick. Pada tahun 1912 ia menjadi pemimpin Fisik-Technical Reichsanstalt di Berlin, 1925 profesor di Kiel, 1929 di Tübingen, dan  tahun 1936 di Berlin.

Pusat dari atom disebut inti atom atau nukleus. Inti atom terdiri dari proton dan neutron. Banyaknya proton dalam inti atom disebut nomor atom, dan menentukan elemen dari suatu atom.

Ukuran inti atom jauh lebih kecil dari ukuran atom itu sendiri, dan hampir sebagian besar tersusun dari proton dan neutron, hampir sama sekali tidak ada sumbangan dari elektron.
"Nukleus atom / Inti atom,Jumlah netron dalam inti atom menentukan isotop elemen tersebut. Jumlah proton dan netron dalam inti atom saling berhubungan; biasanya dalam jumlah yang sama, dalam nukleus besar ada beberapa netron lebih. Kedua jumlah tersebut menentukan jenis nukleus. Proton dan netron memiliki masa yang hampir sama, dan jumlah dari kedua masa tersebut disebut nomor massa, dan beratnya hampir sama dengan massa atom ( tiap isotop memiliki masa yang unik ). Masa dari elektron sangat kecil dan tidak menyumbang banyak kepada masa atom."
Dia adalah anggota dari Klub Uranium. Geiger meninggal pada 24 September 1945 (umur 62) Potsdam, Jerman, beberapa bulan setelah Perang Dunia II berakhir. Dia memiliki empat saudara: tiga saudara perempuan dan satu saudara yang semua lebih muda dari dia. Saudaranya laku-lakinya, Rudolph sangat tertarik pada meteorologi dan klimatologi.

Sumber: Wikipedia

Hans Wilhelm "Gengar" Geiger (1928)
Informasi Pribadi :Lahir : 30 September 1882 Neustadt an der Haardt 
Meninggal : 24 September 1945 (umur 62) Potsdam 
Kebangsaan : Jerman 
Bidang : Fisika dan sains 
Institusi : Universitas Erlangen, Universitas Manchester 
Dikenal karena : Pencacah Geiger, Percobaan Geiger–Marsden, Nukleus atom 
Dipengaruhi : Ernest Rutherford, John Mitchell Nuttall


EmoticonEmoticon