Biografi Ernst August Friedrich Ruska - Penemu Elektron Mikroskop

Ernst August Friedrich Ruska (25 Desember 1906–27 Mei 1988) adalah seorang  fisikawan Jerman yang memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 1986 untuk karyanya dalam optik elektron, termasuk desain pertama mikroskop elektron.
Kehidupan dan karier

Elektron mikroskop dibangun oleh Ernst Ruska pada tahun 1933Kumpulan Biografi Terlengkap - Ernst Ruska lahir di Heidelberg. Ia dididik di Technische Universität München antara 1925-1927 dan kemudian memasuki Technische Universität Berlin, di mana menyatakan bahwa mikroskop yang menggunakan elektron, dengan gelombang 1.000 lebih pendek daripada cahaya, dapat menghasilkan gambar obyek yang lebih jelas daripada mikroskop yang menggunakan cahaya, di mana magnifikasinya dibatasi oleh ukuran panjang gelombang. Pada tahun 1931, ia membuat sebuah lensa elektron dan menggunakannya untuk membuat mikroskop elektron pada tahun 1933.

Pada tahun 1933 ruska menyelesaikan gelar PhD-nya kemudian bekerja di bidang optik elektron di Fernseh Ltd di Berlin-Zehlendorf, kemudian tahun 1937 bekerja di Siemens-Reiniger-Werke AG. Pada tahun 1939, saat bekerja di Siemens dia terlibat dalam pengembangan pertama yang memproduksi secara komersial mikroskop elektron. Selain mengembangkan teknologi mikroskop elektron di Siemens, Ruska juga bekerja di lembaga-lembaga ilmiah lainnya, dan mendorong Siemens untuk mendirikan sebuah laboratorium untuk dikunjungi para peneliti, yang awalnya dipimpin oleh Helmut (saudara Ruska), seorang dokter medis yang mengembangkan penggunaan mikroskop elektron untuk aplikasi medis dan biologis.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Tjut Nyak Meutia, Pejuang Wanita dari Aceh



Ernst Ruska 1933

Setelah meninggalkan Siemens pada tahun 1955, Ruska menjabat sebagai direktur Institute for Mikroskop Elektron dari Fritz Haber Institute sampai 1974. Saat iitu ia menjabat di lembaga dan sebagai profesor di Technical University of Berlin dari tahun 1957 hingga pensiun pada tahun 1974.

Pada tahun 1960 ia memenangkan Penghargaan Lasker. Pada tahun 1986, ia dianugerahi setengah dari Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk banyak prestasinya di optik elektron, Gerd Binnig dan Heinrich Rohrer memenangkan seperempat masing-masing untuk desain mereka dari scanning tunneling microscope . Ernst August Friedrich Ruska  meninggal di Berlin Barat pada tahun 1988.

Ernst August Friedrich Ruska
Ernst RuskaInformasi Pribadi :

Tanggal lahir: 25 Desember 1906 Tempat lahir: Heidelberg, JermanMeninggal:  27 Mei 1988 (umur 81) Berlin Barat , JermanKebangsaan:  JermanBidang:  FisikaLembaga: Institut Fritz Haber , Technical University of BerlinAlmamater: Technical University of Munich, Penasihat Doktor:  Max KnollDikenal:  Electron MicroscopyPenghargaan tertinggi:  Penghargaan Nobel dalam Fisika (1986)


EmoticonEmoticon