Biografi DR. Azhari Doctor of engineering dari Tokyo Institute of Technology

Azhari Sastranegara
DR. Azhari Sastranegara adalah Doctor of engineering dari Tokyo Institute of Technology, Jepang sejak April 2005 yang merupakan produsen bearing dan komponen otomotif.  Beliau adalah seorang ilmuwan analisis keamanan struktur terhadap benturan.
DR. Azhari Sastranegara lahir di Majene, Sulawesi Barat 11 April 1976. Ia meraih gelar doktor dengan disertasi berjudul “Effect of Transverse Impact on Energy Absorption of Column”—sempat menjadi asisten dosen di Tokyo Institute of Technology. Di kampus itu pula Azhari merampungkan pendidikan dari S-1 sampai S-3 (Ph.D).

Baca Juga:

Biografi Lengkap KH Fakhruddin, Pejuang Pergerakan Kemerdekaan Indonesia



Dia belajar di kampus itu setelah lulus dari SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, pada 1994. Modalnya: beasiswa Mitsui Bussan Indonesia Scholarship, yang menyeleksi peserta dari pelajar SMA se-Jawa dan Bali. Beasiswa itu cuma untuk menyelesaikan sarjana strata satu. Jadi, saat melanjutkan ke strata dua, “Saya kuliah sambil bekerja paruh waktu,” ujarnya. Pada program S-3 (Ph.D), ia kembali mendapatkan beasiswa—kali ini dari Moritani Scholarship dan Tsuji Asia Scholarship.

Setelah memperoleh gelar doktor, Azhari sempat ingin kembali ke Tanah Air. Namun, ia tak mendapatkan tempat untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya. “Jaringan kerja saya juga belum ada,” ujarnya. Dia pun memutuskan menimba ilmu di perusahaan Jepang, yang muatan penelitiannya banyak.

Penelitian

Salah satu riset DR. Azhari Sastranegara adalah tentang desain kemudi kendaraan yang aman. Dalam penelitian itu, tugasnya melakukan perhitungan apakah rancangan kemudi yang diajukan oleh bagian desain sudah memenuhi syarat keamanan ketika terjadi tabrakan. Dari aneka penelitian itu, Azhari dan timnya di NSK menghasilkan enam paten yang kini terdaftar di Japan Patent Office. (sumber: Tempo)


EmoticonEmoticon