Biografi Amalie Auguste Melitta Bentz Penemu Penyaring Kopi

Melitta+Bentz
Kumpulan Biografi Terlengkap - Amalie Auguste Melitta Bentz (31 Januari 1873 - 29 Juni 1950), terlahir dengan nama Amalie Auguste Melitta Liebscher, Ia adalah seorang pengusaha Jerman yang menemukan penyaring kopi pada tahun 1908.

Bentz lahir di Dresden, Jerman pada tanggal 31 Januari 1873. Ayahnya adalah seorang penerbit. Ibu rumah tangga ini menemukan bahwa percolators (mesin espresso pada saat itu) cenderung untuk meninggalkan ampas kopi setelah kopi diseduh, dan kantung (kain) penyaring yang merepotkan untuk dibersihkan. Dia bereksperimen dengan berbagai cara, dan akhirnya menggunakan kertas blotting dari buku latihan sekolah anaknya, Willi. Dia membuat corong dari kertas tersebut kemudian memasukkannya ke dalam cangkir logam kuningan, cangkir tersebut ia lubangi bagian dasarnya menggunakan paku.

Informasi Pribadi :

  • Lahir: 31 Januari 1873 Dresden 
  • Meninggal : 29 Juni 1950 Kabupaten Holzhausen dari Porta Westfalica 
  • Bidang: Inventor / Pengusaha 
  • Pasangan: Hugo Bentz 
  • Anak-anak: Horst Bentz, Willi Bentz

Baca Juga:

Biografi Lengkap Gajah Mada Sang Pencetus Nusantara


Kaiserliche Patentamt (Imperial Patent Office) memberikan paten kepada Bentz pada tanggal 20 Juni 1908, dan pada tanggal 15 Desember perusahaan masuk ke komersial register dengan 73 Pfennig sebagai "M. Bentz." Mereka menjual 1.200 penyaring kopi pada 1909 Leipzig fair.

Suaminya Hugo, anak-anak mereka dan Horst Willi adalah karyawan pertama perusahaan yang pertama kali muncul. Pada tahun 1910. Perusahaan ini memenangkan medali emas di Pameran Kesehatan Internasional dan medali perak di Asosiasi Saxon Innkeepers '. Ketika Perang Dunia Pertama meletus, suaminya ikut wajib militer ke Rumania, kertas dijatah, lalu impor biji kopi dilarang, yang akhirnya mengganggu bisnis. Saat itu dia mencoba dengan berbisnis menjual karton.

Melitta+Bentz+-+Penyaring+kopiPerluasan bisnis memaksa mereka untuk memindahkan bisnis beberapa kali di Dresden. Tahun 1928
permintaan untuk produk mereka begitu tinggi sehingga menyebabkan sebanyak 80 pekerja harus bekerja dalam sistem double-shift. Karena tidak ada fasilitas produksi memuaskan yang dapat ditemukan di Dresden, perusahaan yang berkembang pesat pada tahun 1929 ini pindah ke Minden di timur Westphalia Utara. Pada saat itu 100.000 filter telah dihasilkan.

Horst mengambil alih perusahaan, sekarang "Bentz & Sohn," pada tahun 1930. Ia mengalihkan mayoritas saham  di Melitta-Werke Aktiengesellschaft ke Horst dan Willi pada tahun 1932, tapi terus ikut dalam bisnis, memastikan bahwa karyawan diberikan bonus Natal, hari libur meningkat 6-15 hari per tahun, dan hari kerja sampai 5 hari.

Setelah pecahnya Perang Dunia II , produksi dihentikan dan perusahaan diperintahkan untuk memproduksi barang untuk membantu upaya perang. Pada akhir perang, para pekerja pindah ke pabrik-pabrik tua, barak, bahkan toko malam, hal tersebut terjadi karena bagian yang bertahan dari pabrik utama telah dipesan sebagai administrasi sementara untuk pasukan Sekutu, suatu kondisi yang diselenggarakan selama dua belas tahun. Pada tahun 1948, produksi filter dan kertas telah kembali, dan pada saat kematiannya di Holzhausen di Porta Westfalica pada tahun 1950, perusahaan ini telah mencapai 4,7 juta Deutsche.

Baca Juga:

Biografi Lengkap Ki Hajar Dewantara “Bapak Pendidikan Indonesia”



Warisan

Cucu dari Melitta Bentz, Thomas dan Stephen Bentz, masih menguasai Melitta Grup KG dengan kantor pusat di Minden di kawasan timur Rhine-Westphalia Utara, dengan 3.300 karyawan di 50 perusahaan. (wikipedia)


EmoticonEmoticon