Biografi Abu Hamid Ahmed ilmuan pengetahuan

bookAbu Hamid Ahmed bin Mohammed al-Saghani al-Asturlabi (artinya: astrolabe buatan Saghan,
dekat Merv) adalah astronom Persia dan sejarawan ilmu pengetahuan. Ia berkembang di Baghdad, dan meninggal pada 379-380 H / 990 M.

Al-Saghani merupakan seorang penemu dan pembuat instrumen, ia bekerja di observatorium Sharaf al-dawlah dan mungkin, telah membangun instrumen yang digunakan di sana. Penelitiannya meliputi pembagian sudut.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Biografi Charles Darwin - Penemu Teori Evolusi


Sejarah ilmu

Al-Asturlabi menulis beberapa komentar awal pada sejarah ilmu pengetahuan. Ini termasuk perbandingan antara "kuno" (termasuk Babilonia kuno, Mesir, Yunani, dan India ) dan "sarjana modern" (para ilmuwan Muslim pada masanya):

"Orang dahulu membedakan diri melalui penemuan prinsip-prinsip dasar dan ide penemuan. Para ulama modern, di sisi lain, membedakan diri melalui penemuan banyak detail ilmiah, penyederhanaan sulit (masalah), kombinasi tersebar (informasi), dan penjelasan (bahan yang sudah ada) koheren (bentuk). Dahulu prestasi khusus mereka berdasarkan prioritas mereka dalam waktu, dan tidak pada rekening setiap kualifikasi alami dan kecerdasan. Namun, begitu banyak penemuan mereka yang lolos, yang kemudian menjadi penemuan asli sarjana modern." (sumber: Wikipedia)


EmoticonEmoticon