Pengertian, Fungsi dan Jenis Organisme Tanah Lengkap Beserta Penjelasannya

Organisme Tanah dan perananya - Tanah merupakan salah satu unsur paling penting dan unsur terbesar kedua di bumi.Pengertian tanah sendiri merupakan tempat tinggal makhluk hidup yang meliputi flora dan fauna yang masa hidupnya berada pada sistem tanah.Namun kita tidak tahu bahwa ada beberapa macam makhluk hidup atau organisme yang hidup di tanah.Kebanyakan dari mereka merupakan organisme mikro yang sangat kecil ukurannya.Beberapa dari mereka memiliki fungsi dan peranannya masing-masing kepada  tanah. Berikut penjelasan mengenai organisme tanah.

Menurut perannya terdapat 3 macam organisme tanah, yaitu:
  1. Organisme yang menguntungkan. Organisme ini dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan organisme yang tempat hidupnya di tanah. Organisme yang masuk dalam klasifikasi organisme menguntungkan contohnya bakteri pemfiksasi nitrogen seperti Rhizobium, Azosphirillum, dan Azotobacter. Hal ini karena organisme jenis ini dapat memberikan asupan nitrogen yang baik bagi tumbuhan. selain itu adapula organisme yang dapat melarutkan fosfat seperti bakteri pelarut fosfat dan fungi pelarut fosfat. Dan juga hewan seperti cacing tanah yang dapat menyuburkan dan memberikan unsur hara bagi tanah.
  2. Organisme yang merugikan. Organisme biasanya menyebabkan penyakit bagi tumbuhan. Contohnya adalah fungi yang biasa hidup di tempat lembab dan menempel menjadi parasit mengambil sari atau nutrisi dari lingkungan sekitarnya. Contoho fungi yang merugikan adalah Rhizoctonia solani yaitu jamur yang membuat akar menajdi busuk dan juga Uredinales yaitu jamur yang membuat daun menajdi berkarat. Ada pula bakteri yang menyerang akar tumbuhan.
  3. Organisme yang tidak menguntungkan maupun tidak merugikan

Baca Juga:

Cara Membuat Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman


Sedangkan fungsi utama tanah dapat dibagi menjadi beberapa, yaitu:
  1. Memberikan kebutuhan unsur mineral.
  2. Memberikan ketersediaan air.
  3. Memberikan tempat bagi tumbuhan untuk bertumpu dan agar dapat berdiri tegak.
Ada beberapa jenis organisme tanah, yaitu:.
  1. Pemecah organik. Organisme dalam kelompok ini mempunyai peranan untuk membuat material organik yang besar terpecah menajdi material yang lebih kecil. Organisme jenis ini contohny seperti tungau, kumbang, isopoda, dan collembola.
  2. Pembusuk. Organisme ini bertujuan untuk memecah bahan-bahan selular yang telah mati. Contohnya ajmur dan bakteri.
  3. Organisme simbiosis. Organisme jenis ini mem[unyai peran yang sangat menguntungkan bagi tumbuhan. Hal in dikarenakan organisme yang bersimbiosis memiliki karakteristik simbiosis mutualisme, dimana mereka tak hanya hidup menumpang melainkan juga memberikan bantuan agar tumbuhan dengan mudah dapat menyebabkan zat hara dari dalam tanah. Contoh organisme ini adalah Rhizobium yang menempel pada akar akan membantu mengikat nitroegn dari dalam tanah.
  4. Pengikat unsur hara. Contoh organsime jenis ini adalah alga dan Azotobacter.
  5. Pembangun struktur tanah. Organisme ini akan membantu membuat struktur tanah menjadi sedemikian rupa hingga menjadi stabil dan tidak mudah terkena erosi. Contoh organisme yang dapat membantu membentuk struktur tanah adalah akar tanaman, cacing tanah, ulat, dan jamur.
  6. Patogen. Patogen adalah jenis organisme yang dapat merugikan tanah dan juga tumbuhan. Contoh organisme yang tergolong ke dalam jenis patogen adalah jamur ( meski hanya sebagian tidak semuanya merugikan), protozoa, dan nematoda.
  7. Predator. Organisme yang masuk ke dalam kelompok ini adalah mereka yang biasa memangsa organisme lainnya dari tanah untuk mendapatkan nutrisi. Contoh organisme predator adalah beberapa jenis jamur, nematoda, parasti, dan protozoa
  8. Penghuni. Bagi sebagian organisme tanah merupakan temapt tinggal sementara maupun permanen, untuk itu mereka sering disebut dengan penghuni. Contohnya adalah larva dan telur cacing.

Penelusuran yang terkait dengan Jenis Organisme Tanah
  • organisme tanah pdf
  • klasifikasi organisme tanah
  • gambar organisme tanah
  • peranan organisme tanah terhadap kesuburan tanah
  • peran organisme tanah terhadap kesuburan tanah
  • penggolongan organisme tanah secara umum
  • organisme tanah dan fungsinya di dalam tanah
  • jelaskan penggolongan organisme tanah secara umum


EmoticonEmoticon