Menanam Buah Tomat Dengan Sistem Hidroponik Lengkap dan Mudah

Cara budidaya tanaman tomat dengan panen singkat  - Sistem penanaman tanpa tanah ini memang cocok bagi anda yang suka sekali untuk bercocok tanam namun tidak memiliki cukup lahan sehingga bisa dipraktekkan di mana saja, seperti di teras rumah.Media sistem hidroponik sendiri terdapat berbagai macam jenis, ada yang menggunakan arang sekam, hidroton, perlite, akar pakis.Berikut ini cara menanam tomat dengan sistem hidroponik : 

Siapkan peralatan dan bahan yang digunakan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan peralatan seperti pot, tandon, media tanam, nutrisi dan sumbu mengingat kali ini kita akan menanam dengan sistem sumbu.Anda bisa menggunakan nutrisi khusus tomat atau bisa juga nutrisi untuk buah seperti AB Mix.Anda dapat menggunakan pot plastik pada umumnya atau menggunakan barang bekas seperti botol Aqua atau cup – cup bekas jus.Anda dapat menggunakan ember sebagai tandon. Medianya bisa menggunakan arang sekam dan sumbunya bisa kain bekas. 

Baca Juga:

Pengertian Vertikultur dan Manfaat Vertikultur Terlengkap


Siapkan benih

Hal selanjutnya yang harus anda siapkan adalah benih Tomat.Anda dapat membeli benih ini di toko – toko khusus pertanian atau anda bisa juga menggunakan benih tomat dari buah tomat yang ada di dapur anda.
Jika memutuskan menggunakan benih dari dapur maka anda bisa membelah si tomat, dan mengambil isinya baru kemudian dijemur hingga kering, atau anda bisa langsung menggunakan biji tersebut untuk disemaikan.
Pastikan juga bahwa benih tomat yang anda gunakan adalah jenis bah tomat yang berkualitas, tidak cacat dan memiliki kondisi fisik yang baik, karena dengan memperhatikan sebuah kualitas tersebut akan menghasilkan panen yang berkualitas juga.

Proses penyemaian

Anda dapat menggunakan polybag atau plastik untuk melakukan proses penyemaian, dengan menggunakan media dari arang sekam.Dalam waktu sekitar 20 – 25 hari bibit – bibit tomat sudah Ida dipindahkan ke media selanjutnya. 

Pemindahan bibit

Setelah bibit sudah disemaikan maka hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pemindahan ke pot – pot yang sudah disiapkan tadi.Lepaskan polybag secara perlahan agar media semi tidak rusak atau pecah agar bibit – bibit tomat tidak stres setelah proses pemindahan.Baru kemudian siram menggunakan larutan nutrisi hingga basah dan langsung tempatkan pot pada tandon yang sudah berisi nutrisi.Pupuk pada proses penaman pada umumnya digantikan menggunakan nutrisi agar si tomat bisa tumbuh dengan baik, namun setiap tanaman tomat memiliki porsi nutrisi yang berbeda – beda setiap umurnya. Berikut ini dosis nutrisi yang diberikan :
  1. Minggu I umur 0 – 7 hari dosisnya 500 ppm.
  2. Minggu II umur 8 – 14 hari dosisnya 600 ppm .
  3. Minggu III umur 15 – 21 hari 800 ppm .
  4. Minggu IV umur 22 -28 hari 1000 ppm .
  5. Minggu V umur 29 -30 hari 1200 ppm .
  6. Minggu VI umur 36 – 42 hari 1500 ppm .
  7. Minggu VII umur 43 – 49 hari 1750 ppm .
  8. Minggu VIII umur 50 – 57 hari 2000 ppm .
  9. Minggu IX umur 58 – 64 hari 2200 ppm .
  10. Minggu X umur 65 – 71 hari 2300 ppm .
  11. Minggu XI umur 72 – 79 hari 2500 ppm .
  12. Minggu XII umur 80 hari – panen 2800 ppm .

Baca Juga:

Faktor-faktor yang mempengaruhi Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit



Selama proses tanam, perhatikan hal – hal berikut :
  1. pH ideal untuk menanam buah tomat adalah 5,5 – 6,5. Jika lebih dari arang tersebut beri tambahan pH Down dan pH Up jika di bawah Orange tersebut.
  2. Selalu cek ketersediaan nutrisi dalam tandon, segera isi jika nutrisi berkurang. Apalagi ketika memasuki masa pertumbuhan yaitu ketika si tumbuhan tomat mulai berbunga, selalu pantau mengingat si tanaman tomat sangat rakus pada masa ini.
  3. And dapat menyemprotkan pupuk mikro setiap 7 – 10 hari sekali untuk membantu pertumbuhan tomat lebah optimal.
  4. Anda dapat menyemprotkan insektisida jika diperlukan dengan dosis yang sesuai.

Penelusuran yang terkait dengan Menanam Tanaman Tomat
  • cara merawat tanaman tomat yg baik
  • cara menanam tomat di rumah
  • pupuk untuk tomat
  • cara menanam tomat agar berbuah banyak
  • menanam tomat di musim hujan
  • cara membuat bibit tomat
  • pupuk untuk memperbesar buah tomat
  • cara menanam tomat hidroponik


EmoticonEmoticon