Biografi Terlengkap Penemu Air Conditioning (AC) Pertama - John Gorrie

John Gorrie
Tekhnik pendinginan sudah dimulai sejak jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan , tetapi saat itu hanya orang tertentu saja yang bisa karena biaya membangunnya sangatlah mahal karena membutuhkan air dan juga bangunan yang tidak biasa. Hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunnya.

Baru kemudian pada tahun 1820 ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia dan pada tahun 1842 seorang dokter menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit Apalachicola yang berada di Florida Ameika Serikat. Dr.John Gorrie adalah yang menemukannya dan ini adalah cikal bakal dari tehnologi AC (air conditioner) tetapi sayangnya sebelum sempurna beliau sudah meninggal pada tahun 1855.

Baca Juga:

Biografi Kyai Ahmad Siroj / Mbah Siroj Solo Ulama Indonesia


Willis Haviland Carrier seorang Insinyur dari New York Amerika yang juga terkenal dengan sebutan penemu AC moderen telah menyempurnakan penemuan dari Dr.Jhon Gorrie tetapi AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya. Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis, Minnesota.


Penemuan John Gorrie
Skema mesin es Gorrie

John Gorrie lahir 3 Oktober 1803 - dan meninggal dunia pada 29 Juni 1855. Ia adalah seorang dokter, ilmuwan, penemu, dan kemanusiaan.

Lahir di Pulau Nevis ke Skotlandia orang tua pada tanggal 3 Oktober 1803, ia menghabiskan masa kecilnya di Carolina Selatan . Ia menerima pendidikan medis di College of Physicians dan Surgeons Distrik Barat New York di Fairfield, New York . Pada tahun 1833, ia pindah ke Apalachicola , Florida , sebuah kota pelabuhan di Teluk pantai. Selain sebagai dokter penduduk di dua rumah sakit, Gorrie aktif di masyarakat. Pada berbagai kesempatan ia menjabat sebagai anggota dewan, Postmaster, Presiden Bank of Pensacola di Apalachicola Branch, Sekretaris Masonic Lodge, dan merupakan salah satu vestrymen pendiri Gereja Trinity Episcopal .

Penelitian medis Dr Gorrie yang terlibat studi tentang penyakit tropis. Sebuah teori menyebutkan bahwa udara yang buruk menyebabkan penyakit adalah hipotesis lazim dan berdasarkan teori ini, ia mendesak pengeringan rawa-rawa dan pendinginan sickrooms. Untuk ini ia mendinginkan kamar dengan es dalam baskom yang ditergantung di langit-langit. Udara dingin, menjadi lebih berat, mengalir turun di seluruh pasien dan melalui sebuah lubang di dekat lantai. Karena es harus dibawa dengan perahu dari danau utara, Gorrie bereksperimen dengan membuat es buatan.

Setelah 1845, ia melepaskan praktek medisnya untuk mengejar proyek pendinginan. Pada tanggal 6 Mei 1851, Gorrie diberikan Paten No 8080 untuk sebuah mesin Pembuat es. Model asli dari mesin ini dan artikel ilmiah yang ditulisnya berada di Smithsonian Institution .


Gorrie berusaha untuk mengumpulkan uang untuk memproduksi mesinnya, tetapi usaha itu gagal ketika pasangannya meninggal. Gorrie meninggal dalam pengasingan pada tanggal 29 Juni 1855. Ia dimakamkan di Gorrie Square Apalachicola.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Rasuna Said Sosok Pejuang Kemerdekaan


Atas jasa Gorrie, saat ini AC sudah digunakan disemua sektor, tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk, dari mulai yang besar hingga yang kecil. Semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan agar orang merasa nyaman.
Sumber : http://blogpenemu.blogspot.com/2014/01/penemu-air-conditioning-ac-pertama-john.html


EmoticonEmoticon