Biografi Terlengkap Gregory Goodwin Pincus - Penemu Pil KB

Gregory Goodwin Pincus
Dr Gregory Goodwin Pincus adalah seorang ahli biologi, Endokrinolog dan peneliti Amerika yang ikut menemukan pil KB. Dia penulis lebih dari 250 kertas kerja ilmiah begitu juga sebuah buku The Conquest of Fertility, tentang penaklukan kesuburan, terbit tahun 1965.

Biografi

Gregory Pincus lahir 9 April 1903 di Woodbine, New Jersey, AS, putera peranakan Rusia-Yahudi. pasangan Elizabeth (née Lipman) dan Joseph Pincus, seorang guru pertanian. ia lulus dari Cornell tahun 1924, dan peroleh gelar doktor dari Harvard tahun 1927. Sesudah itu dia melibatkan diri dalam kerja penyelidikan di berbagai lembaga, termasuk di Harvard dan Cambridge dan menjadi profesor di Clark selama beberapa tahun. Tahun 1944 dia bantu Worcester Foundation untuk penyelidikan biologi, dan bertahun-tahun sesudah itu memimpin laboratoriumnya. Dia penulis lebih dari 250 kertas kerja ilmiah begitu juga sebuah buku The Conquest of Fertility, tentang penaklukan kesuburan, terbit tahun 1965.

Selama hidupnya Pincus peroleh banyak penghargaan atas hasil kerja ilmiahnya; tetapi, baik dia maupun mereka yang terlibat dalam penemuan pil kontrasepsi ini mendapat Hadiah Nobel. Tatkala Pincus meninggal dunia di Boston, tahun 1967, kematiannya hampir tidak diketahui publik dan para ilmuwan.

Baca Juga:

Biografi Abdul Kadir Pahlawan Nasional



Penelitian

Pada awal karirnya Dr Pincus mulai mempelajari hormon steroid dan hormonal. Dia tertarik pada sistem hormon yang mempengaruhi reproduksi mamalia. Terobosan pertamanya datang lebih awal, ketika ia mampu menghasilkan fertilisasi in vitro pada kelinci pada tahun 1934. Pada tahun 1936, ia menerbitkan penemuannya setelah eksperimennya. Eksperimen yang melibatkan partenogenesis menghasilkan kelinci yang muncul di sampul majalah pada tahun 1937, yang mungkin menjadi alasan untuk Harvard telah membantah kepemilikan Pincus.

Perkembangan pil baru dimulai sekitar tahun 1950 tatkala Gregory Pincus, mulai menggarap masalah ini. Margaret Sanger adalah seorang penganjur pembatasan kelahiran yang memberi dorongan moril kepada Pincus. Dia memilih Gregory Pincus karena ahli dalam bidang "steroid metabolisme" dan di bidang fisiologi pembiakan makhluk memamah biak dan juga direktur laboratorium Worcester Foundation for Experimental Biology di Shrewsbury, Massachusetts, laboratorium percobaan biologi.

Pincus dibantu oleh Dr. Min-Chueh Chang, seorang penyelidik di Worcester Foundation, melakukan percobaan "progesteron" terhadap binatang-binatang laboratorium, untuk melihat apakah hal itu dapat menekan pembuahan meskipun ditelan lewat mulut. Percobaan Chang ternyata sukses. Ini betul-betul suatu permulaan yang memberi harapan, khusus dari sudut kenyataan bahwa beberapa tahun sebelumnya seorang ahli kimia bernama Russel Marker sudah menemukan cara untuk membuat "progesterone" sintetis yang lebih murah harganya.

Penyumbang pikiran lainnya adalah Dr. John Rock, seorang gyneacolog yang atas anjuran Pincus melakukan percobaan. Percobaan ini menunjukkan bahwa "progesterone" yang ditelan dapat mencegah pembuahan pada wanita. Tetapi, penyelidikan Rock juga menimbulkan dua masalah akibat penggunaan "progesterone" sebagai kontrasepsi yang ditelan. Pertama, hanya menekan sekitar 85% pembuahan. Kedua, diperlukan dosis yang tak layak besarnya untuk mengatasi soal itu.

Pada Bulan Desember 1953 dia meminta ke berbagai perusahaan bahan kimia agar mengirim contoh "steroids" sintetis yang mereka produksi yang serupa secara kimiawi dengan "progesterone." Pincus mencoba bahan-bahan kimia yang diterimanya, dan salah satunya adalah "norethynodrel" buatan G.D. Searle dan ternyata efektif.

Ini merupakan jalan keluar yang menguntungkan buat Pincus, karena tatkala dia mulai penyelidikannya, sejak tahun 1950, norethynodrel bahkan tak pernah ada! Ini sudah disintetiskan tahun 1952 oleh Dr. Frank B. Colton, seorang ahli biokimia yang bekerja di laboratorium Searle, dan kemudian mempatenkan atas namanya. Tetapi, baik Colton ataupun para pengawasnya di G.D. Searle tidak bermaksud mencoba menciptakan alat kontrasepsi yang ditelan, bahkan tidak pada saat mereka sadar bahwa mereka sebenarnya sudah berhasil membuatnya.

Percobaan-percobaan berikutnya yang dilakukan oleh kelompok penyelidik yang sudah dihimpun oleh Pincus menunjukkan bahwa "norethynodrel" itu masih bisa lebih efektif bila ditambah dengan sedikit campuran kimia yang disebut "mestranol." Kombinasi obat inilah yang kemudian dilempar ke pasar oleh G.D. Searle dan perusahaannya yang disebut "Enovid."

Menjelang tahun 1955 Pincus mulai melakukan percobaan pil secara besar-besaran. Percobaan dimulai bulan April tahun 1956, di kota San Yuan, Puerto Rico, di bawah pengawasan Dr. Edris Rice-Wray. Dalam tempo sembilan bulan, percobaannya menunjukkan keberhasilan pil kontrasepsi yang ditelan. Tetapi, percobaan diteruskan lagi hingga tiga tahun sebelum dinas pengawasan makanan dan obat-obatan menyetujui pemasaran "Enovid" pada bulan Mei 1960.

Gregory Pincus tidak mengembangkan pil kontrasepsi sendirian. Frank Colton adalah orang yang sesungguhnya menciptakan "norethynodrel"; jelas, Colton dan para ahli kimia yang merintis jalan untuk hasil karyanya layaklah jasa-jasanya diperhitungkan. Begitu pula banyak orang yang bekerja bersama dalam kelompok Pincus, termasuk John Rock, Min-Chueh Chang, dan Dr. Celso-Ramon Garcia kesemuanya ini tak bisa dikesampingkan sumbangan pikirannya.

Untuk hal,itu, Dr. Edris Rice-Wray, Margaret Sanger, dan banyak lagi yang tak bisa saya sebut, mereka masing-masing memegang peranan dalam keseluruhan hasil kerja. Tetapi, tampaknya tak bisa diragukan lagi bahwa Gregory Pincus merupakan tokoh terpenting dan tenaga penggerak utama dari seluruh proyek. Dia seorang ilmuwan yang tak berkeputusan mengabdikan segenap waktu dan usahanya dalam perjuangan penyelidikan kontrasepsi lewat mulut; dia adalah orang yang memiliki kemampuan ilmiah dan pengorganisasian yang memungkinkan berhasilnya proyek itu; dia menelaah gagasan dasar, mengusahakan dana untuk biaya penyelidikan, dan mengajak orang-orang berbakat bekerja sama dalam proyeknya. Dia punya pandangan dan kepastian mendorong proyek hingga rampung dan rapi, dan dialah seorang yang menerima penghargaan utama dari hasil kerja besar ini.

Penghargaan

Dia telah menerima sejumlah penghargaan. Beberapa penghargaan ini termasuk Bird Prize Oliver pada tahun 1957, Julius A. Koch Award pada 1962, dan Achievement Award Ilmiah American Medical Association pada tahun 1967.

Baca Juga:

Biografi KH. M. Arwani Amin Kudus Ulama Indonesia


Kematian

Pincus menikahi Elizabeth Notkin pada tahun 1924 dan mereka memiliki tiga anak bersama-sama. Dia meninggal pada tahun 1967 akibat metaplasia myeloid, penyakit darah yang langka, di Boston, Massachusetts. Dia berusia 64 tahun dan tinggal di Northborough, Massachuset . Pemakaman Dr Pincus diadakan Jumat 25 Agustus 1967 di Temple Emanuel di Worcester, Massachusetts.
Sumber:  http://blogpenemu.blogspot.com/2014/05/gregory-goodwin-pincus-penemu-pil-kb.html


EmoticonEmoticon