Pengertian Penyuluhan Pertanian Lengkap Beserta Penejelasannya

pengertian, tujuan dan prinsip metode penyuluhan pertanian - Sistem pendidikan di luar sekolah yang ditujukan bagi petani dan keluarganya di pedesaan merupakan pengertian atau definisi dari penyuluhan pertanian yang diungkapkan oleh U. Samsudin S.Penyuluhan sendiri diartikan sebagai ilmu sosial yang mempelajari proses dan sistem perubahan pada individu dan masyarakat agar dapat mewujudkan perubahan yang lebih baik serta sesuai dengan apa yang diharapkan.
Menurut A.W. van den Ban dalam bukunya dijelaskan mengenai penyuluhan pertanian, yaitu terlibatnya seseorang untuk melakukan komunikasi informasi dengan sadar dan bertujuan untuk membantu orang lain memberikan pendapat sehingga dapat mengambil keputusan dengan benar.

Definisi atau pengertian penyuluhan penyuluhan juga dijelaskan dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K), dijelaskan bahwa penyuluhan pertanian adalah suatu proses pembelajaran yang ditujukan bagi pelaku usaha dan pelaku utama atau petani, yang bertujuan agar mampu dan mau menolong serta mengorganisasikan dalam mengakses informasi pasar, pemodalan, teknologi dan sumber daya lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi usaha, produktivitas, kesejahteraan dan pendapatan serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

 Baca Juga:

Penyakit Layu Pada Tanaman Cabai Beserta Cara Mengatasinya


Berdasarkan pengertian yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan pengertian atau definisi penyuluhan pertanian, yaitu kegiatan pendidikan nonformal bagi pelaku usaha dan pelaku utama sebagai jaminan atas hak untuk mendapatkan pendidikan, yang diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan dan memperbaiki pendapatan petani beserta keluarganya serta dapat meningkatkan kesejahteraannya.Efektivitas dari penyuluhan pertanian ditentukan berdasarkan berbagai komponen yang ada dalam sistem penyuluhan pertanian tersebut. Komponen tersebut akan dijelaskan di bawah ini. 

Ruang Lingkup Penyuluhan Pertanian
Dalam proses penyuluhan pertanian, ada beberapa unsur yang berkaitan, di antaranya penyuluh, materi penyuluhan, media penyuluhan, metode penyuluhan, sasaran dan tujuan penyuluhan.Pengertian penyuluh pertanian dapat dilihat dalam undang-undang nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Dijelaskan bahwa penyuluh adalah seseorang yang merupakan warga Indonesia yang melakukan kegiatan penyuluhan di bidang pertanian.Sedangkan tugas pokok dari seorang penyuluh adalah menyiapkan, mengembangkan, melaksanakan, mengevaluasi serta melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan penyuluhan pertanian.

Dengan demikian penyuluh dituntut untuk mampu melaksanakan tugas serta fungsinya sebagai penyuluh di lapangan yang berperan sebagai fasilitator.Sedangkan, yang disebut dengan materi penyuluhan adalah bahan yang akan disampaikan kepada petani atau pelaku utama dan pelaku usaha.Materi penyuluhan dapat meliputi informasi, rekayasa sosial, teknologi, ekonomi, hukum, manajemen dan kelestarian lingkungan.Untuk menyampaikan materi penyuluhan dapat menggunakan media yang disebut sebagai media penyuluhan.
Penggunaan media penyuluhan ini juga bertujuan untuk memperjelas pemahaman sasaran penyuluhan  terhadap materi yang disampaikan.

Baca Juga:

Pengertian Biopestisida dan Biofertilizer Terlengkap


Sementara itu, cara atau teknik untuk menyampaikan materi penyuluhan kepada pelaku usaha dan pelaku utama baik secara langsung maupun tidak langsung disebut sebagai metode penyuluhan.Terdapat beberapa golongan dalam metode penyuluhan yang dibedakan berdasarkan teknik komunikasi, indera penerima dari sasaran dan jumlah sasaran. Sasaran penyuluhan yang dijelaskan dalam undang-undang nomor 16 tahun 2006 adalah pelaku usaha dan pelaku utama.Terdapat dua tujuan dalam penyuluhan pertanian, yaitu tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.Tujuan jangka pendek yaitu hanya menciptakan perubahan-perubahan yang lebih difokuskan pada usaha tani, di antaranya perubahan pengetahuan, sikap, kecakapan dan tindakan dari petani. Sedangkan tujuan jangka panjang dari penyuluhan yaitu untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan petani.

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Definisi Penyuluhan Pertanian
  • pengertian penyuluhan pertanian menurut uu no 16 tahun 2006
  • pengertian penyuluhan pertanian menurut para ahli
  • tujuan penyuluhan pertanian
  • pengertian penyuluhan menurut para ahli
  • fungsi penyuluhan pertanian
  • unsur unsur penyuluhan pertanian
  • makalah penyuluhan pertanian
  • pengertian penyuluhan peternakan


EmoticonEmoticon