Pengertian Fiksasi Nitrogen Beserta Penjelasannya

Nitrogen merupakan senyawa kimia dengan nomor atom 7, yang pertama kali ditemukan oleh Daniel R.pada tahun 1772. Di dalam udara yang kita hirup juga memiliki kandungan nitrogennya.Terdapat 1% kandungan water vapor dan gas lain, 21% oksigen dan 78 % nitrogen di dalam udara yang kita hirup.Nitrogen memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

Untuk keperluan medis

DI dalam dunia medis, nitrogen cair digunakan untuk membekukan dan menjaga darah, sperma, embrio, sampel jaringan hidup dan lain sebagainya dalam periode yang lama, digunakan untuk dermatologi misalnya untuk membakar kutil dan tumor, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Apa Itu Mulsa Organik Dan Mulsa Anorganik dan Apa Perbedaannya


Untuk industry kimia

Di dalam industry kimia, nitrogen digunakan salah satunya untuk gas tekan yaitu berguna untuk membantu mendorong cairan melalui pipa.

Untuk energy dan lingkungan hidup

Nitrogen juga bermanfaat untuk memisahkan molekul atau produk sensitive dari udara dan nitrogen dapat digunakan untuk gas dalam pipa untuk mencegah berbagai kontaminasi.

Untuk otomotif dan transportasi

Di dalam industry otomotif, nitrogen digunakan dalam kombinasi dengan gas lain untuk keperluan pengelasan suku cadang mobil dan komponen lainnya.Di dalam dunia transportasi, nitrogen berguna untuk airbag pada moda transportasi.Airbag berfungsi untuk melindungi orang yang di dalam transportasi dari benturan yang keras jika terjadi kecelakaan.

Untuk makanan dan minimuman

Nitrogen dapat berguna untuk membantu proses pendinginan, pembekuan makanan dan minuman karena suhu yang sangat dingin, perendaman/proses pembekuan dalam nitrogen cair merupakan metode pembekuan yang paling cepat untuk membantu proses pembekuan.Nitrogen juga berfungsi untuk memperlambat proses pembusukan, perubahan warna dan rasa pada makanan dan minuman.Penggunanaan nitrogen pada bidang biologis sangatlah terbatas. Karena nitrogen merupakan unsur yang tidak reaktif maka dalam penggunaannya pada mahluk hidup diperlukan berbagai proses salah satunya adalah dengan fiksasi.

Pernahkah anda mendengar tentang istilah fiksasi nitrogen?
Fiksasi nitrogen adalah suatu proses alam, biologis yang mengubah unsur nitrogen di udara menjadi ammonia atau NH3 yang dilakukan oleh mikroorganisme yang disebut dengan diazotrof dimana mikroorganisme ini memiliki enzim nitrogenize yang dapat menggabungkan hydrogen dengan nitrogen.FIksasi nitrogen karena mikroorganisme terjadi dikarenakan kemampuan mikroorganisme itu sendiri untuk mengikat nitrogen. Adapun  bentuk reaksi untuk fiksasi nitrogen biologis ini adalah sebagai berikut ini :
N2 + 8 H+ + 8 e? ? 2 NH3 + H2

Baca Juga:

Pengertian Vertikultur dan Manfaat Vertikultur Terlengkap


Ada beberapa macam mikroorganisme yang berperan dalam fiksasi nitrogen yaitu ganging hijau, Frankia, Clostridium, Cyanobacteria, Azotobacteraceae, dan Rhizoba.Selain oleh mikroorganisme, fiksasi nitrogen juga dapat terjadi karena proses nonbiologis salah satu contohnya adalah sambaran petir.Fiksasi nitrogen karena sambaran petir merupakan fiksasi karena proses geofisika.Nitrogen bergabung dengan oksigen dari udara untuk membentuk oksidasi nitrogen dikarenakan panas ekstrim akibat sambaran petir.Oksidasi bergabung dengan kelembapan di udara. Fiksasi nitrogen dibawa oleh hujan ke bumi, digunakan oleh tanaman dalam bentuk nitrat.

Selain itu, fiksasi nitrogen dapat terjadi secara kimia yaitu 6 elektron dan 8 elektron ion hydrogen di transfer ke molekul nitrogen atmoster.Karena reaksi ini membutuhkan energi maka adenosine trifosfat dan energy sel yang tersimpan harus tersedia agar fiksasi dapat berlangsung.Itulah beberapa informasi mengenai pengertian fiksasi nitrogen semoga informasi yang telah dipaparkan diatas dapat menambah wawasan yang baru bagi para pembaca.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan definisi fiksasi nitrogen
  • organisme yang berperan dalam fiksasi nitrogen
  • fiksasi nitrogen pdf
  • proses fiksasi nitrogen
  • pengertian fiksasi dalam biologi
  • makalah fiksasi nitrogen
  • pengertian amonifikasi
  • contoh fiksasi nitrogen
  • memfiksasi nitrogen adalah

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Fiksasi Nitrogen Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel