Pengertian beserta Unsur-Unsur Esensial dan Nutrisi Tanaman

Nutrisi Tanaman - Tidak hanya manusia dan hewan, tumbuhan juga membutuhkan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman.Nutrisi tanaman adalah inti dari pertanian modern dengan kenyataan produktivitas tanaman yang sangat tergantung pada ketersedian unsur hara pada tanaman.Unsur hara adalah sejumlah unsur kimia yang dibutuhkan oleh tanaman untuk keperluan pertumbuhan tanaman.Setidaknya, tanaman memerlukan 16 unsur hara. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman harus pas dan cukup dalam artian tidak berlebihan dan tidak kurang.
Tanaman dapat memperoleh nutrisi dari tanah, udara maupun air. Unsur-unsur kimia yang dikonsumsi oleh tanaman dalam skala yang besar diantaranya adalah karbon, oksigen dan hydrogen.Selain itu, untuk memaksimalkan kebutuhan nutrisi pada tanaman, maka petani memberikan pupuk khusus untuk tanaman.
Tumbuhan membutuhkan kombinasi yang tepat dari berbagai jenis nutrisi untuk pertumbuhan, perkembangan dan bereproduksi pada tanaman.Apabila tumbuhan kekurangan nutrisi maka pertumbuhan tumbuhan menjadi tidak normal misalnya daun berwarna kuning, buah tidak dalam keadaan  normal, dan gampang terserang oleh hama dan penyakit.Berdasarkan jenisnya, nutrisi tanaman dibedakan menjadi dua yaitu mikronutrien dan makronutrien. 

Baca Juga:

Macam-macam Metode Pembuatan Pupuk Kompos Lengkap


Nutrisi Makronutrient misalnya adalah C, H, O, N, P, S, Ca, Mg, Na dan Si dan nutrisi micronutrient adalah Fe, Mn, Zn, Mo, B, dan CI. Mikronutrient dan makronutrient diperoleh akar tumbuhan melalui tanah.Agar tanah dapat mengambil nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman, maka tanah harus lembap, ph tanah harus berada dalam rentang dimana nutrient dapat dilepaskan dari molekul dan lain sebagainya.
Ada beberapa gejala jika suatu tanaman kekurangan nutrisi yaitu sebagao berikut ini :
  1. Jika tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara nitrogen maka daun tanaman yang normal seharusnya berwarna hijau maka akan menjadi kekuning-kuningan. Bahkan jika sangat kekurangan nutrisi, daun pada tanaman akan kering dan kemudian rontok.
  2. Ukuran tanaman tidak akan tumbuh dengan sebagaimana mestinya yaitu kerdil.
  3. Kekurangan nutrisi akan mengakibatkan penurunan kualitas suatu buah atau tanaman.
  4. Jika tumbuhan kekurangan unsur hara berupa fosfor maka akan menganggu pertumbuhan system perakaran, batang dan daun, Warna daun akan berubah menjadi hijau tua bahkan ke abu-abuan, dan penurunan kuantitas buah, bunga pada tanaman
  5. Jika tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara kalium maka daun pada tanaman menjadi keriting
  6. Jika tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara kalsium maka akan menghambat pertumbuhan tunas, ujung akar menjadi mati, dan pertumbuhan tanaman lemah
  7. Jika tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara sulfur maka tanaman akan menguning.
  8. Apabila tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara boron maka benih tanaman akan gagal tumbuh.
  9. Apabila tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara seng maka daun tanaman akan menjadi kecil, ruas-ruas daun pendek.
  10. Jika tanaman kekurangan nutrisi berupa unsur hara tembaga maka tanaman akan layu dan cacat
  11. Dan lain sebagainya

Baca Juga:

Lengkap Manfaat dan Peranan Pupuk Kompos



Tanah sangat berperan terhadap ketersedian nutrisi untuk tanaman, oleh karena itu ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya sebagai berikut ini :
  1. Tekstur dan komposisi tanah
  2. Organisme tanah yang mempengaruhi sifat fisik dan kimia tanah diantaranya adalah cacing tanah dan bakteri.
  3. Akar tumbuhan
  4. Ketersediaan air tanah dan mineral

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan definisi nutrisi tanaman
  • nutrisi tanaman pdf
  • materi kuliah nutrisi tanaman
  • nutrisi tanaman yaitu
  • contoh nutrisi untuk tanaman
  • klasifikasi nutrisi berdasarkan fungsi biokimia
  • fungsi nutrisi tanaman
  • pengertian nutrisi tanaman menurut para ahli
  • ketersediaan nutrien dalam tanah

Belum ada Komentar untuk "Pengertian beserta Unsur-Unsur Esensial dan Nutrisi Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel