Klasifikasi Akar Manis Beserta Penjelasannya

Akar manis merupakan salah satu tanaman yang berjenis polong-polongan serta berasal dari Eropa Selatan dan beberapa wilayah di Asia.Tanaman akar manisjuga memiliki nama lain, yaituLicorice atau Liqourice, nama tersebut berasal dari bahasa Yunani kuno.Akar manis dapat tumbuh hingga mencapai satu meter dengan daun yang memiliki panjang 7 hingga 15 cm.Tanaman akar manistermasuk jenis tanaman hari pendek dan dapat tumbuh dengan baik di tanah yang subur, cukup air dan dengan iklim yang penuh cahaya matahari.
Suhu optimum untuk pertumbuhan tanaman akar manis yaitu sekitar 300 derajat celcius.Tanaman ini biasanya dapat dipanen pada 2 atau 3 tahun setelah masa penanaman.Terdapat berbagai senyawa yang ada dalam tanaman akar manis, salah satunya glycyrrhizin, yang memiliki rasa manis 50 kali lebih manis daripada gula.
Senyawa tersebut memiliki khasiat pengobatan. Untuk mengenal lebih jelas tentang tanaman akar manis, berikut klasifikasi dan morfologi dari tanaman tersebut.

Baca Juga:

Fungsi Kloroplas Pada Sel Tumbuhan beserta Strukturnya Lengkap


Klasifikasi Tanaman Akar Manis
Akar manis memiliki nama latin atau nama ilmiah Glycyrrhiza glabra L. Untuk klasifikasinya dapat dilihat pada ulasan berikut ini:
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida (tumbuhan dikotil)
Ordo                : Fabales
Famili              : Fabaceae
Genus              : Glycyrrhiza
Spesies            : Glycyrrhiza glabra L.

Tanaman akar manis dapat tumbuh dengan ketinggian 0,5 hingga 6 meter. Terdapat beberapa jenis tanaman akar manis yang terkenal di negara Amerika, di antaranya sorgum biji, broomcorn, sorgum rumput dan sorgos.
Sedangkan untuk morfologi dari tanaman akar manis, dapat dilihat pada ulasan di bawah ini:
  • Morfologi Akar Tanaman Akar Manis
Tanaman akar manis memiliki sistem perakaran akar tunggal yang dibentuk oleh kecambah biji, yang selanjutnya ditumbuhi oleh banyak tunas akar serabut pada bagian pangkal batang. Pada lapisan tanah atas, tumbuh akar-akar lateral.
  • Morfologi Batang Tanaman Akar Manis
Batang yang dimiliki oleh tanaman akar manis memiliki diameter dengan ukuran sekitar 0,5 hingga 3 cm dan tumbuh dengan tegak.
  • Morfologi Daun Tanaman Akar Manis
Daun tanaman akar manis berjumlah 7 hingga 24 helai pada tiap tanamannya. Daun tersebut awalnya tumbuh dengan tegak dan kemudian melengkung.
Panjang helai daun tanaman akar manis sekitar 15 hingga 25 cm. Selain itu, daun akar manis berbulu halus dan memiliki warna hijau kekuningan.
  • Morfologi Bunga Tanaman Akar Manis
Bunga akar manis memiliki tandan yang dibentuk di pucuk tanaman dengan sumbu utama bunga pendek atau panjang. Tempat tumbuhnya individu bunga berada di cabang primer dan sekunder.Individu bunga tumbuh secara berpasangan, salah satunya hermaprodit dan yang lainnya jantan.Bunga tanaman akar manis mekar pada pukul 8 hingga 8.30 pagi. Proses pemekerannya berlangsung selama 10 menit, sedangkan bunga akan tetap mekar selama sekitar 2 jam.Satu hingga dua hari sebelum bunga mekar, stigma mulai masak dan stigma akan tetap masak selama sati mingga jika tidak terjadi polinasi. 

 Baca Juga:

Penyakit Layu Pada Tanaman Cabai Beserta Cara Mengatasinya


  • Morfologi Buah Tanaman Akar Manis
Biji tanaman akar manis dapat mencapai berat kering maksimum pada umur 25 hingga 55 hari setelah pembungaan dan mengandung 25 hingga 35 persen air.Selama 20 hari berikutnya, kadar air pada biji tanaman akar manis akan menurun hingga 20 persen atau 15 persen. Setelah itu, tanaman akar manis dapat dipanen.

 Penelusuran yang terkait dengan Klasifikasi Tanaman Akar Manis
  • perbedaan akar manis dan kayu manis
  • tanaman akar manis di indonesia
  • gambar akar manis
  • nama daerah akar manis
  • akar manis sama dengan kayu manis
  • ciri ciri akar manis
  • jual akar manis
  • akar manis bubuk


EmoticonEmoticon