Khasiat dan Manfaat Tanaman Akar Manis Untuk Kesehatan Lengkap

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Manis - Akar manis merupakan tanaman yang tumbuh di negara Eropa Selatan dan beberapa wilayah di Asia.Tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa negara.
Di Cina, tanaman akar manis dikenal dengan nama Gan chao, sedangkan di Philipina dikenal dengan nama Licorice.Tanaman akar manis memiliki bunga yang tersusun dan berwarna ungu kebiruan.Tanaman akar manis memiliki akar dengan kadar gula 50 kali lebih manis dibandingkan gula biasa.Tanaman ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang begitu banyak. Bagi sebagian masyarakat, tanaman akar manis dijadikan sebagai sirup.Namun ternyata, banyak yang belum mengetahui jika tanaman akar manis dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Manfaat tanaman akar manis ini disebabkan karena adanya berbagai kandungan yang baik di dalamnya. Berikut berbagai kandungan yang ada di dalam tanaman akar manis. 

 Baca Juga:

Penyakit Layu Pada Tanaman Cabai Beserta Cara Mengatasinya


Kandungan Tanaman Akar Manis
Berbagai kandungan yang ada di dalam tanaman akar manis antara lain glisirhisin, glikosida likuiritin, saponin, asparagin, zat pahit, glukosa, glabrolida, sukrosa, umbeliferona, asamlikuiritat, minyak atsiri, asparagine dan asamhidrosiglisirhritat.

Manfaat Tanaman Akar Manis
  • Mengobati Sariawan
Akar manis dipercaya ampuh mengobati berbagai masalah pada mulut seperti sariawan.Hal ini disebabkan karena adanya kandungan anti inflammantory yang ada di dalam tanaman akar manis, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selain dapat mengobati sariawan, tanaman akar manis juga dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.Kandungan macrophage dan lymphocytes yang ada dalam tanaman akar manis ini bermanfaat untuk membuat tubuh kebal terhadap bakteri maupun radikal bebas.
  • Mencegah Infeksi Pernapasan
Berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada organ-organ pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek hingga asma dapat disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman akar manis.Untuk mencegah infeksi pada saluran pernapasan dengan memanfaatkan tanaman akar manis dapat dilakukan dengan mencampurkan akar manis ke dalam minuman kopi atau teh.
  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tanaman akar manis juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Bukan hanya itu saja, berbagai masalah pada sistem pencernaan seperti maag, sakit perut, keracunan makanan, sembelit dan infeksi organ pencernaan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi akar manis.Akar manis terbukti ampuh untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan karena memiliki sifat antibacterial dan antiinflammatory yang dapat mencegah racun atau bakteri masuk ke dalam tubuh serta dapat mencegah terjadinya inflamasi atau pendarahan.
  • Mengobatasi Gejala Peradangan
Ada berbagai macam peradangan yang juga dapat disebabkan oleh berbagai hal. Peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat menyebabkan pembengkakan dan rheumatic.Akar manis dapat mengatasi berbagai masalah peradangan, terutama bengkak.Hal ini disebabkan karena akar manis memiliki kandungan anti inflammantory yang dapat menghilangkan rasa sakit pada persendian dan rasa sakit akibat bengkak.

Baca Juga:

Pengertian Biopestisida dan Biofertilizer Terlengkap


  • Mencegah Depresi
Depresi yang dialami oleh seseorang dapat berdampak pada mental, pikiran dan mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu, cegah depresi dengan memanfaatkan akar manis.Hal ini disebabkan karena kandungan glycyrrhizin yang berfungsi untuk meningkatkan kerja adrenal yang dapat mengatur rasa gelisah.
Bukan hanya itu saja, akar manis juga mengandung kalsium, beta karoten, flavonoids dan magnesium yang memiliki potensi besar untuk mencegah depresi.Manfaat tanaman akar manis tersebut telah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit yang telah dijelaskan di atas. Akan tetapi, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya.

Penelusuran yang terkait dengan Kandungan dan Manfaat Tanaman Akar Manis
  • gambar akar manis
  • tanaman akar manis di indonesia
  • perbedaan akar manis dan kayu manis
  • nama daerah akar manis
  • pohon akar manis
  • akar manis sama dengan kayu manis
  • ciri ciri akar manis
  • jual akar manis


EmoticonEmoticon