Kandungan, Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jarak Lengkap

Kandungan & Manfaat Daun Jarak - Jarak adalah tumbuhan setahun (anual) dengan batang bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas, warna hijau bersemburat merah. Daun tunggal, tumbuh berseling, bangun daun bulat dengan diameter 10 - 40 cm, dengan sisi menjari 7 - 9, ujung daun runcing, tepi bergigi, warna daun di permukaan atas hijau tua permukaan bawah hijau muda (Ada varietas yang berwarna merah).Bunga majemuk, berwarna kuning oranye, berkelamin satu. Buahnya bulat berkumpul dalam tandan, berupa buah kendaga, dengan 3 ruangan, setiap ruang berisi satu biji. Buahnya mempunyai berwarna hijau muda.Kandungan Tanaman Jarak
Kandungan Kimia
 
A. Biji
Minyak ricinic 40- 50 % dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome C, Lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin D, dengan cara pemurnian bertingkat didapat acidic ricin dan basic ricin.

B. Daun
Kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.C 275 mg %.

C. Minyak
Ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.

D. Akar
Methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, Beta-sitosterol.


Dan manfaat-manfaat tersebut akan dijelaskan di uraiuan di bawah ini.

Menurunkan panas karena demam pada balita
Anak kecil yang terkena demam memang tidak bisa sembarangan diberikan obat, karena jika dosisnya salah atau obat yang terlalu kuat akan membahayakan kesehatan fisik maupun psikis dari bayi tersebut, oleh sebab itu banyak orangtua yang memilih menyembuhkan sakit bayi mereka dengan obatan-obatan alami, seperti daun jarak yang dapat digunakan untuk menurunkan panas. Kandungan yang ada di dalam daun tanaman ini memang ampuh untuk menurunkan panas karena demam yang terjadi pada bayi atau anak balita.Cara yang dilakukan pun sangat mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan beberapa helai daun jarak yang sudah dioleskan dengan minyak goreng yang masih baru, lalu panaskan daun tersebut di atas kompor selama beberapa menit hingga hangat.Terakhir, tempelkan daun yang masih hangat tersebut di atas perut dan punggung bayi Anda.

Melancarkan kesulitan buang air besar
Manfaat daun jarak yang kedua adalah melancarkan sulit buang air besar.Banyaknya bahan kimia alami di dalam daun jarak membuat daun ini memiliki fungsi yang sama dengan buah-buahan yang dapat melancarkan buang air besar.Cara pengobatan yang dilakukan pun tergolong sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu memasak daun ini atau mengukusnya hingga matang, lalu dimakan secara langsung atau dapat juga dicampur dengan lalapan lainnya.Dijamin setelah itu, kesulitan buang air besar yang Anda alami akan segera terselesaikan. 

Mengobati Reumatik
Selain menurunkan panas dan menyembuhkan sulit buang air besar, daun tanaman jarak juga berguna untuk mengobati penyakit rematik.Senyawa seperti kaempferol, nicotiflorin, astragalin, quercetin, dan lain-lain membuat daun ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit secara alami.Adapun jika Anda tertarik untuk menyembuhkan penyakit rematik Anda dengan menggunakan daun jarak, yang Anda harus lakukan ialah menyiapkan daun jarak yang masih segar, lalu tumbuk daun tersebut hingga halus, lalu campurkan dengan air hangat.Terakhir, oleskan hasil tumbukan daun jarak tersebut di lokasi atau bagian tubuh Anda yang terkena rematik setiap hari secara rutin hingga rematik tersebut bisa benar-benar sembuh.

Baca Juga:

Tanaman Buah Naga Gagal Berbuah Ini cara Lengkap Mengatasinya


Mengobati kurap pada kulit
Manfaat daun jarak untuk pengobatan alami yang lainnya yaitu untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kurap.Ada senyawa di dalam minyak daun jarak yang bernama undesilenat yang dapat menyembuhkan sakit kurap pada kulit.Anda hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun jarak yang sudah di rendam di dalam air, dan direndam juga di dalam minyak kelapa selama beberapa jam sebelum digunakan.Kemudian, jika sudah direndam, langsung letakkan daun tersebut di atas kurap pada kulit Anda, dan tunggu hingga semalaman untuk kemudian boleh dibuka.Lakukan cara ini dengan rutin hingga kurap Anda sembuh.

Penelusuran yang terkait dengan Manfaat dan Kandungan Daun Jarak

  • gambar daun jarak
  • kumpulan khasiat daun jarak
  • khasiat daun jarak pagar
  • manfaat daun jarak untuk kesehatan
  • daun jarak merah
  • manfaat getah daun jarak
  • manfaat daun jarak untuk bayi
  • efek samping daun jarak



EmoticonEmoticon