Kandungan, Ciri Tanaman Akar Wangi dan Manfaatnya

Vetiver atau yang lebih dikenal sebagai tanaman akar wangi merupakan salah satu jenis rumput yang berasal dari famili Poaceae.Tanaman akar wangi merupakan tanaman asli India Barat dan Utara.Di negara asalnya, tanaman penghasil minyak atsiri ini dikenal dengan nama khus. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 m.Bukan hanya di India saja, tanaman ini juga banyak dibudidayakan di berbagai daerah tropis di seluruh dunia.

Sesuai dengan namanya, tanaman akar wangi memiliki aroma yang kuat.Selain itu, tanaman akar wangi juga memiliki banyak manfaat. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai kandungan yang ada dalam tanaman akar wangi. 

Baca Juga:

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Mulsa Organik Bagi Tanaman dan Tanah


Kandungan Tanaman Akar Wangi

Tanaman akar wangi terdiri dari senyawa karbonil, ester, vetiverols, seskuiterpen dan seskuiterpen derivatif yang berfungsi sebagai konstituen utama.Banyaknya senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman akar wangi tersebut dapat menentukan kualitas dari minyak yang dihasilkan.Tiga senyawa karbonil merupakan komponen utama yang memengaruhi minyak esensial yang dihasilkan.Senyawa tersebut digunakan sebagai bahan campuran kosmetik dan parfum.

Manfaat Tanaman Akar Wangi

Berikut berbagai manfaat dari tanaman akar wangi:
  • Menghilangkan Ketombe
Jika anda memiliki masalah ketombe pada rambut anda, ada baiknya untuk memanfaatkan tanaman akar wangi.Cara untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan akar wangi juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa batang tanaman akar wangi, lalu tumbuk dan gosokkan pada kepala anda.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap sebelum mandi.
  • Mengatasi Bau Mulut
Bau mulut yang tidak sedap tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, masalah pada mulut tersebut harus segera diatasi.Untuk mengatasinya, anda dapat mencobanya dengan menggnakan akar wangi.
Caranya yaitu rebus berbagai bahan seperti pegagan, daun sirih, kapulaga dan akar wangi.Setelah itu, air rebusannya digunakan untuk berkumur secara rutin setiap pagi dan malam.
  • Mengobati Rematik
Tanaman akar wangi juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit rematik.Untuk mengobati rematik dengan memanfaatkan tanaman akar wangi dapat dilakukan dengan cara menggosok-gosokkan bagian akar tanaman tersebut.Namun yang perlu diperhatikan yaitu jangan melakukan cara ini secara rutin, sebaliknya lakukanlah saat penyakit rematik tersebut kambuh.
  • Mengobati Batu Ginjal
Untuk mengobati penyakit batu ginjal dapat memanfaatkan obat alami yang terbuat dari tanaman akar wangi.
Akar wangi direbus di dalam air mendidih, lalu air rebusan akar wangi diminum secara rutin.Berbagai kandungan yang ada dalam tanaman akar wangi dipercaya dapat memecahkan batu ginjal sehingga keluar menjadi urin.
  • Sebagai Obat Luka
Khasiat lain dari tanaman akar wangi yaitu dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan luka.Hal ini disebabkan karena tanaman akar wangi memiliki kandungan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dari luar.Bukan hanya itu saja, tanaman akar wangi juga dapat membantu pendarahan berlebih.Untuk mengobati luka, akar wangi ditumbuk hingga halus. Setelah itu, balutkan akar wangi yang telah ditumbuk pada luka anda.Agar penyembuhan lebih cepat, sebaiknya jangan menutup luka yang dibalut obat akar wangi dengan perban.
  • Menurunkan Demam
Demam merupakan suatu bentuk perlawanan tubuh terhadap bakteri atau virus. Umumnya, demam tidak perlu diobati, kecuali pada kasus khusus.Namun, ada cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan demam dengan cepat, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan tanaman akar wangi.

Ciri - ciri Tanaman Akar Wangi

  • BATANG Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Rumput menahun, tinggi dapat mencapai 2.5 meter, berdiameter 2—8 mm.
  • DAUN Daun berbentuk garis, pipih, kaku, permukaan bawah daun licin. Daun tunggal, bentuk pita, ujung runcing. Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan.Daun yang panjangnya dapat mencapai 100 cm, agak kaku, tidak lebar dengan warna daun hijau kelabu.
  • BUNGAPerbungaan bentuk bulir di ujung batang. Perbungaan malai (tandan majemuk) terminal, tiap tandan memiliki panjang mencapai 10 cm; ruas yang terbentuk antara tandan dengan tangkai bunga berbentuk benang.Bunga mengumpul menjadi pucuk lembaga dengan cabang-cabang yang berbentuk seperti daun telinga, agak besar, warnanya hijau atau ungu.
  • BUAH dan AkarBuah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasuk akar serabut berwarna kuning.Susunan akarnya sangat kuat, mengembang dan tidak teratur. Akar wangi mempunyai cabang banyak sehingga dapat menahan serpihan tanah akibat erosi.

Baca Juga:

Cara Membuat Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman



Penelusuran yang terkait dengan Kandungan dan Manfaat Tanaman Akar Wangi
  • nama lain akar wangi
  • harga akar wangi
  • jual akar wangi
  • budidaya akar wangi
  • kegunaan akar wangi
  • deskripsi tanaman akar wangi
  • perbedaan akar wangi dan serai
  • bibit akar wangi


EmoticonEmoticon