Jenis Pestisida Tanaman Berdasarkan Kegunaannya Lengkap

Mengenal JENIS PESTISIDA Berdasarkan Hama - Usaha pertanian memang tidak jauh dari berbagai serangan penyakit dan hama yang mana dapat menimbulkan hasil panen yang kurang maksimal bahkan kerugian yang besar akibat matinya tanaman.Terkadang kondisi ini diakibatkan oleh serangan penyakit hingga serangan hama pengganggu, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pestisida.Pestisida merupakan sebutan obat yang digunakan untuk membasmi atau membunuh hama atau penyakit pengganggu tanaman, seperti serangga dan gulma. 

Baca Juga:

Pengertian Vertikultur dan Manfaat Vertikultur Terlengkap


Berikut ini beberapa jenis pestisida berdasarkan target dan sasarannya :

Insektisida

Insektisida berasal dari kata latin insectum berarti potongan atau keratan segmen tubuh.Insektisida adalah jenis pestisida untuk membasmi hewan serangga yang mengganggu tanaman.Contoh pestisida insektisida ini adalah basudin, basmion, tiodan, diazinon, propoksur dan timbel arsenat.Sedangkan serangga yang biasanya dibasmi menggunakan pestisida insektisida adalah ulat, belalang, lalat dan wereng.

Nematisida

Nematisida berasal dari kata latin nematoda atau bahasa Yunani nema yang memiliki arti benang.Nematisida adalah jenis pestisida untuk membasmi hama cacing yang mengganggu tanaman.Biasanya tanaman yang sering diserang oleh hama cacing adalah tanaman umbi di bagian akar. Contoh nematisida adalah natrium metam dan oksamil.

Rodentisida

Rodentisida berasal dari kata Yunani rodere yang berarti pengerat.Rodentisida adalah jenis pestisida untuk membasmi para binatang pengerat yang mengganggu tanaman.Salah satu contoh hewan pengerat tersebut adalah tikus. Talium sulfat dan warangan atau senyawa arsen adalah contoh dari jenis pestisida rodentisida.

Herbisida

Herbisida berasal dari kata latin yang memiliki arti tanaman setahun yaitu herba.Herbisida adalah jenis pestisida untuk membasmi gulma atau tanaman liar yang mengganggu tanaman.Contoh herbisida adalah amonium sulfonat, gramoxone, pentaklorofenal dan totacol.

Fungisida

Fungisida memiliki asal kata dari Yunani Spongos atau kata latin bungkus yang memiliki arti jamur.Fungisida adalah jenis pestisida untuk membasmi jamur atau fungi yang mengganggu tanaman.Contoh dari fungisida adalah carbendazim, natrium dikromat, timbel (l) oksida dan tembaga oksiklorida.

Bakterisida

Bakterisida berasal dari kata Yunani bakron atau kata latin bacterium.Bakterisida adalah jenis pestisida untuk membasmi ataupun mengendalikan bakteri patogen yang menyerang tanaman.Bakteri patogen merupakan jenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman, seperti penyakit busuk bakteri dan penyakit layu bakteri.

Baca Juga:

Faktor-faktor yang mempengaruhi Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit


Molluskisida

Molluskisida berasal dari kata Yunani yang memiliki arti berselubung tipis atau lembek adalah molluscus.Moluskisida adalah jenis pestisida untuk membasmi atau mengendalikan hama jenis moluska pada tanaman.Contoh hama moluska adalah bekicot dan siput.Walaupun di masa kini banyak pestisida yang beredar di masyarakat bahkan bisa memilih pestisida berdasarkan hama atau penyakit yang menyerang bukan berarti berlebihan dalam menggunakan pestisida, apalagi agar tanaman bebas dari penyakit dan hama.
Karena jika penggunaan yang tidak sesuai atau berlebihan tidak baik juga untuk tanaman bahkan pestisida yang sulit terurai dapat tertinggal di tanaman ataupun di dalam tanah, sehingga akibatnya dapat memberikan efek yang tidak baik pada lingkungan, selain itu dapat juga mengganggu kesehatan pada para pengonsumsinya.

Guna mencegah kondisi tersebut maka gunakanlah pestisida sewajarnya saja dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan.Pestisida dapat memberikan efek yang tidak baik dalam waktu panjang, bahkan jika seseorang terpapar oleh sang pestisida dapat membuat berbagai efek seperti iritasi pada mata hingga kulit mereka bahkan parahnya dapat mematikan syaraf seseorang.

Penelusuran yang terkait dengan Jenis Pestisida Tanaman Berdasarkan Target
  • macam pestisida berdasarkan bahan dasarnya
  • jenis pestisida dan bahan aktifnya
  • jenis pestisida untuk tanaman cabe
  • jenis jenis pestisida dan fungsinya
  • pestisida kimia
  • perbedaan pestisida dan insektisida
  • dampak pestisida
  • kandungan pestisida


EmoticonEmoticon