Biografi Terlengkap Konrad Zuse - Penemu Komputer Z dan bahasa pemrograman

Konrad Zuse
Konrad Zuse (Jerman: [k?n?at tsu ? z?]) adalah seorang Jerman insinyur sipil, penemu dan perintis komputer. Pencapaian terbesarnya adalah komputer penyempurna Turing fungsional pertama yang dikendalikan oleh program Z3 yang mulai beroperasi Mei 1941 (program tersebut disimpan di tape kertas). Ia menerima Werner-von-Siemens-Ring pada tahun 1964 untuk penemuan itu. Berkat mesin ini dan pendahulunya, Zuse sering dianggap sebagai penemu komputer. Zuse juga tercatat sebagai penemu mesin komputasi S2. Dia mendirikan salah satu bisnis komputer awal tahun 1941, memproduksi Z4 , yang menjadi komputer komersial pertama di dunia.

Dari tahun 1943 - 1945  ia merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama, Plankalkul. Pada tahun 1969, Zuse menyarankan konsep alam semesta yang didasarkan perhitungan dan termuat dalam bukunya Rechnender Raum (Menghitung Ruang).

Sebagian besar karya awalnya dibiayai oleh keluarga dan perdagangan, tapi setelah 1939 ia diberi sumber daya oleh pemerintah Nazi Jerman. Akibat Perang Dunia II , karya Zuse sebagian besar hilang dan tidak diketahui baik oleh Inggris ataupun Amerika Serikat . Mungkin dipengaruhi oleh sebuah perusahaan AS IBM yang telah memiliki paten pada tahun 1946.

Baca Juga:

Biografi Lengkap H.O.S Cokroaminoto, Sang Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia


Ada replika dari Z3, serta Z4 asli, di Deutsches Museum di Munich. The Deutsches Technikmuseum di Berlin memiliki pameran yang dikhususkan untuk Zuse, menampilkan dua belas mesin, termasuk replika Z1 dan beberapa lukisan Zuse.


Kehidupan awal
Konrad ZuseLahir di Berlin, Jerman, pada 22 Juni 1910, ia pindah bersama keluarganya pada tahun 1912 ke Braunsberg, Prusia Timur. Ayahnya adalah seorang petugas pos. Zuse menghadiri Collegium Hosianum di Braunsberg. Pada tahun 1923, keluarganya pindah ke Hoyerswerda, di mana ia melewati Abiturnya pada tahun 1928, kualifikasi dia untuk masuk universitas.

Dia terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg untuk belajark teknik dan arsitektur, tetapi hal tersebut membuat zuse bosan. Zuse kemudian belajar teknik sipil dan lulus pada tahun 1935. Untuk sementara waktu, ia bekerja untuk Ford Motor Company, menggunakan keterampilan artistik yang cukup besar dalam desain iklan. Ia mulai bekerja sebagai insinyur desain di Henschel pabrik pesawat di Schönefeld dekat Berlin.
i
Penemuan Z1
komputer Z1

Sejak 1935 ia bereksperimen dalam pembangunan komputer di Wrangelstraße 38, lalu pindah ke apartemen baru mereka di Methfesselstraße 10, Kreuzberg , Berlin. Pada tahun 1936, dalam apartemen orang tuanya, ia memulai penemuan pertamanya yang disebut Z1, yaitu floating point biner kalkulator mekanis dengan programabilitas terbatas, membaca instruksi dari 35 mm film berlubang.

Konrad Zuse menyelesaikan Z1 pada tahun 1938. Z1 berisi sekitar 30.000 bagian logam yang tidak pernah bekerja dengan baik karena kurang memiliki presisi mekanik yang baik. Akibat serangan udara Inggris pada Perang Dunia II tanggal 30 Januari 1944,  cetak biru Z1 asli hancur bersama dengan bangunan rumah orangtuanya.

Antara 1987 dan 1989, Zuse kermbali merakit Z1. Biayanya 800.000 DM, (sekitar $ 500.000) dan diperlukan empat orang (termasuk Zuse) untuk merakit itu. Pendanaan untuk retrocomputing proyek  ini disediakan oleh Siemens dan konsorsium lima perusahaan.

 Z2, Z3, dan Z4

Pada tahun 1939, Zuse dipanggil untuk dinas militer, di sana ia diberi sumber daya dan akhirnya membangun Z2. Pada September 1940 Zuse mengenalkan Z2 kepada para ahli dari Deutsche Versuchsanstalt für Luftfahrt (DVL, yaitu German Research Institute for Aviation). Z2 adalah versi revisi dari Z1 yang menggunakan relay telepon.

DVL memberikan subsidi penelitian, pada tahun 1941 Zuse membangun sebuah perusahaan, Zuse Apparatebau (Zuse Aparatur Construction). untuk memproduksi mesinnya ia menyewa sebuah tempat di sisi di Methfesselstraße 7 dan Belle-Alliance Straße 29 (diganti dan dinomori ulang sebagai Mehringdamm 84 sejak tahun 1947).

Drum Magnetic -Zuse_Z31
Sukses dengan mesin dasar Z2, kemudian ia meningkatkannya dengan membangun Z3 pada tahun 1941. Pada tanggal 12 Mei 1941, kepada publik Zuse mempresentasikan Z3, yang dibangun di bengkel kerjanya. Z3 adalah biner 22-bit floating point kalkulator yang menampilkan programabilitas dengan loop tapi tanpa syarat melompat, dengan memori dan unit perhitungan berdasarkan relay telepon. Relay telepon yang digunakan di mesin-nya sebagian besar dikumpulkan dari barang yang tidak terpakai. Meskipun tidak adanya lompatan kondisional, Z3 adalah komputer Turing lengkap (mengabaikan fakta bahwa tidak ada komputer fisik sebagai Turing lengkap karena ukuran penyimpanan yang terbatas). Namun, kelengkapan Turing tidak pernah dianggap oleh Zuse (yang memiliki aplikasi praktis dalam pikiran) dan hanya ditunjukkan pada tahun 1998.

Z3, komputer elektromekanis pertama yang beroperasi penuh, sebagian dibiayai dan didukung oleh pemerintah DVL Jerman, yang menginginkan perhitungan otomatis. Lokakarya Zuse di Methfesselstraße 7 (dengan Z3) hancur dalam serangan udara Sekutu di akhir 1943. Zuse mulai membangun penerus Z4 pada tahun 1942 dalam premis baru di Industriehof pada Oranienstrasse 6. Proyek Z4 tidak dapat dilanjutkan karena kekurangan dana pasca perang Jerman. dan pada akhirnya pada 12 Juli 1950 Z4 disampaikan ke ETH Zurich, dan terbukti sangat handal.

Baca Juga:

Biografi Lengkap Untung Surapati, Pahlawan Nasional Penentang VOC



S1 dan S2
Pada tahun 1940, pemerintah Jerman mulai mendanai dia melalui Aerodynamische Versuchsanstalt (AVA, Aerodinamika Research Institute, cikal bakal dari DLR ), yang menggunakn karyanya untuk membuat peluncur bom. Zuse membangun mesin komputasi S1 dan S2, perangkat dengan tujuan khusus yang menghitung koreksi aerodinamis untuk sayap bom terbang. S2 menampilkan sebuah analog-to-digital terintegrasi. Mesin ini memberikan kontribusi terhadap rudal Henschel Werke Hs 293 dan Hs 294 yang dikembangkan oleh militer Jerman antara tahun 1941 dan 1945, yang merupakan prekursor ke rudal jelajah modern. desain sirkuit dari S1 adalah pendahulu Zuse Z11.

Plankalkul
Ketika bekerja pada komputer Z4 nya, Zuse menyadari bahwa pemrograman dalam kode mesin terlalu rumit. Setelah perang dia pergi ke sebuah pedesaan Allgäu di Berlin, di sana ia merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yaitu Plankalkul. Plankalkul (meskipun tidak secara keseluruhan) pertama kali diterbitkan pada tahun 1948 sampai tahun 1972. Itu adalah kontribusi teoritis, karena bahasa itu tidak diimplementasikan dalam hidupnya dan tidak langsung mempengaruhi bahasa awal berikutnya. Heinz Rutishauser, salah satu penemu dari ALGOL, menulis: "upaya pertama untuk menyusun bahasa algoritmik dilakukan pada tahun 1948 oleh K. Zuse. notasi-Nya cukup umum, namun proposal tidak pernah mencapai pertimbangan yang pantas ". Tidak ada compiler atau interpreter yang tersedia untuk Plankalkul sampai tim dari Free University of Berlin melaksanakan satu tahun 2000.

Mendirikan perusahaan
  • Zuse mendirikan salah satu perusahaan komputer awal: the Zuse-Ingenieurburo Hopferau. Modal dibesarkan melalui ETH Zurich dan pilihan IBM pada paten Zuse. 
  • Zuse mendirikan perusahaan lain, Zuse KG di Haunetal-Neukirchen pada tahun 1949, pada tahun 1957 kantor pusat perusahaan pindah ke Bad Hersfeld. 
  • The Z4 selesai dan dikirim ke ETH Zurich, Swiss pada bulan September 1950. Pada saat itu Z4 adalah satu-satunya komputer yang bekerja di benua Eropa, dan komputer kedua di dunia yang akan dijual 
  • Komputer dengan Z terkemuka, hingga Z43, yang dibangun oleh Zuse dan perusahaannya. yang paling menonjol adalah Z11, yang dijual ke industri optik dan universitas, dan Z22 , komputer pertama berbasis memori pada penyimpanan magnetik. 
  • Pada tahun 1967, Zuse KG telah membangun 251 komputer. Karena masalah keuangan, perusahaan itu kemudian dijual ke Siemens.

Menghitung Ruang
Pada tahun 1967, Zuse juga menyarankan bahwa alam semesta itu sendiri berjalan pada robot selular atau struktur komputasi yang sama ( fisika digital ), pada tahun 1969, ia menerbitkan buku Rechnender Raum (diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Menghitung Ruang ). Ide ini telah menarik banyak perhatian, karena tidak ada bukti fisik terhadap tesis Zuse. Edward Fredkin (1980), Jürgen Schmidhuber (1990), dan lain-lain telah berkembang di atasnya.

Setelah ia pensiun, ia berfokus pada hobinya melukis. Zuse meninggal pada 18 Desember 1995 di Hünfeld , Jerman , dekat Fulda .

Kehidupan pribadi

Konrad Zuse menikah dengan Gisela Brandes pada bulan Januari 1945.mereka dikaruniai lima orang anak.
Zuse meninggal pada 18 Desember 1995 di Hünfeld , Jerman (dekat Fulda ) akibat gagal jantung.


EmoticonEmoticon