Biografi Terlengkap George Eastman - Penemu film gulung dan pendiri Kodak

George Eastman
George Eastman 
(12 Juli 1854 - 14 Maret 1932)

lahir: 12 Juli 1854 Waterville, 
New York, Amerika Serikat
Meninggal:  14/3/1932 (umur 77) Rochester, 
New York , Amerika Serikat
Tempat peristirahatan: Abu dimakamkan di 
Eastman Business Park (Taman Kodak)
Kebangsaan:  Amerika
Sebagai: Pengusaha, penemu, dermawan
Pendidikan: University of Rochester
Struktur: Eastman Theatre
Dikenal: 
pelopor Fotografi  Pendiri Eastman Kodak
Kekayaan bersih:  USD $ 95.000.000 
saat kematiannya (sekitar 1/611th dari AS GNP)
Orangtua:  
George Washington Eastman (1815-1862)
dan Maria Kilbourn (1821-1907)
George Eastman adalah pendiri dari Eastman Kodak Co. dan menemukan film gulung, serta berjasa menyebarluaskan fotografi. Film gulung ini merupakan dasar dari penemuan film bergerak yang digunakan oleh pembuat film awal Thomas Alva Edison, Lumière bersaudara dan Georges Méliès.
Biografi
Eastman dilahirkan di Waterville, New York, sekitar 20 mil sebelah barat daya dari Utica, New York pada 12 Juli 1854. Orang tuanya adalah pasangan George Washington Eastman dan Maria Kilbourn.Saat berusia 14 tahun Ia sempat dikeluarkan dari sekolah menengah dan mulai bekerja sebagai petugas kantor.
Pada 4 September 1888, Eastman mendaftarkan merek datang Kodak, yang disusunnya berdasarkan huruf-huruf kesukaannya, dan menerima paten untuk kameranya yang menggunakan film gulung. Di sinilah muncul frasa "You press the button, we do the rest." (Anda menekan tombolnya, kami mengerjakan setelahnya)
Kamera temuannya berharga 25 Dolar Amerika dapat digunakan untuk mengambil 100 gambar dengansatu film gulung. Kemudian, pengguna memberikan film gulungnya ke Kodak untuk diproses. Layanan ini pada saat itu dihargai 5 Dollar.

Baca Juga:

Biografi Sayuti Melik Wartawan Politisi Indonesia


Selain menciptakan Kodak, Eastman turut menyokong pendirian Sekolah Musik Eastman dari Universitas Rochester yang dipimpin oleh Alfred Klingenberg.
Pada 1925, Eastman melepas manajemen sehari-hari Kodak, dan menduduki jabatan ketua. Setelah masa ini, ia memusatkan kegiatannya pada kegiatan derma.
Penyakit dan akhir hidup
kamera George Eastman
Film gulung. George Eastman
patent no.388,850 
Dua tahun sebelum wafat, ia menderita suatu nyeri yang hebat, Ia mengalami kesulitan berjalan dan berdiri. Dalam kedokteran modern, dimungkinkan Eastman menderita stenosis spinalis, penyempitan saluran sumsum tulang belakang karena peradangan. Ia terus mengalami depresi dan hari-hari dihabiskannya di kursi roda. Pada 1932, ia mengakhiri hidupnya dengan satu tembakan dan meninggalkan pesan, "Pekerjaan saya sudah selesai. Mengapa menunggu lagi?". Eastman dikuburkan di Kodak Park di Rochester, New York.

Baca Juga:

Biografi Lengkap KH Hasyim Asy'ari Pendiri Nahdlatul Ulama


Warisan
Dalam hidupnya, ia memberikan 100 juta dollar, sebagian besar untuk Universitas Rochester dan Massachusetts Institute of Technology (dengan nama "Tuan Smith"). Untuk mengenang jasanya, Universitas Rochester membangun suatu gedung yang dipersembahkan untuk Eastman. Eastman turut membantu Tuskegee Institute dan Hampton Institute. Rumahnya di 900 East Avenue di Rochester menjadi sebuah museum fotografi dan fim pada 1947. Untuk memperingati 100 tahun kelahirannya, Eastman dihargai dengan pemuatan fotonya di perangko kantor pos Amerika Serikat.
SUmber :  http://blogpenemu.blogspot.com/2014/02/George-Eastman-Penemu-film-gulung-dan-pendiri-Kodak.html


EmoticonEmoticon