Biografi Terlengkap Elisha Otis - Penemu Rem Elevator/Lift

Elisha Otis
Elisha Graves Otis

Tanggal lahir: 3 Agustus 1811 
tempat lahir: Halifax, Vermont, Amerika Serikat
Meninggal: April 8, 1861 (umur 49) 
Yonkers, New York
Kebangsaan:  Amerika
Pasangan:  Susan Houghton, Elizabeth Otis
Anak-anak:  
Charles Rollin Otis, Norton Prentice Otis
Rekayasa karir: Proyek elevator
Elisha Graves Otis (3 Agustus 1811 - April 8, 1861) adalah seorang pengusaha Amerika, pendiri Otis Elevator Company, dan penemu alat pengaman yang mencegah lift jatuh jika kabel pengangkat gagal/putus. Ia mengerjakan alat keamanan ini ketika tinggal di Yonkers, New York di 1852, dan kemudian memiliki produk jadi di 1854.

Biografi

Otis dilahirkan di dekat Halifax, Vermont. Ia meninggalkan rumahnya pada usia 19 tahun dan akhirnya menetap di Troy, New York, di mana ia tinggal di sana selama 5 tahun dan bekerja sebagai sopir gerobak. Pada 1834, ia menikah dengan Susan A. Houghton. Mereka memiliki dua anak, Charles dan Norton. Susan kemudian meninggal, dengan meninggalkan dua putra, yang berumur 8 tahun dan balita.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Tjut Nyak Meutia, Pejuang Wanita dari Aceh



Penemuan Otis

Saat Otis berusia 40 tahun,saat bekerja di pabrik ranjang, Saat itu ia sedang membersihkan pabrik, ia bertanya-tanya bagaimana ia bisa meraih semua puing-puing tua yang berada tingkat atas pabrik. Saat itu dia telah mendengar tentang platform mengangkat, tetapi platform tersebut sering pecah, dan ia tidak ingin mengambil risiko. Dia dan anak-anaknya merancang sendiri "Lift keselamatan" yang telah teruji dengan sukses. Saat itu Otis tidak berfikir untuk membuat paten dan memproduksi temuannya.

Setelah membuat beberapa penjualan, dan setelah pabrik ranjang menurun, Otis mengambil kesempatan untuk membuat perusahaan lift, awalnya disebut Job Union Elevator dan kemudian Otis Brother & Co. Pada tahun 1854 New York World Fair menawarkan peluang besar untuk publisitas.

Di Crystal Palace New York, Elisha Otis membuat banyak orang terkagum-kagum ketika ia meminta satu satunya tali yang menopang pijakannya diputus. Tali itu dipotong oleh tukang kapak (Axeman) dan pijakan itu hanya turun beberapa inci sebelum berhenti. Rem keamanan baru ini telah menghentikan pijakan jatuh ke darat dan merevolusi industri lift.

Setelah World Fair, Otis menerima pesanan terus menerus, dua kali lipat setiap tahun. Ia mengembangkan berbagai jenis mesin, seperti mesin katup uap tiga-arah, yang bisa transisi lift antara atas ke bawah dan berhenti dengan cepat.

Dalam waktu luangnya, ia merancang dan bereksperimen dengan desain lamanya roti-kue oven dan rem kereta api, dan mempatenkan bajak uap pada tahun 1857, oven rotary pada tahun 1858, dan, dengan Charles, mesin uap berosilasi pada tahun 1860. Otis dikontrak difteri dan meninggal pada April 8, 1861 pada usia 49.

Baca Juga:

Biografi Terlengkap Iswahyudi, Pahlawan Kemerdekaan Indonesia


Otis jatuh bebas, demonstrasi keselamatan pada tahun 1853

Elisha Graves Otis bukan saja menciptakan lift, ia menciptakan sesuatu yang mungkin lebih penting yaitu rem lift yang membuat gedung pencakar langit menjadi sesuatu yang mungkin.

Otis menjual lift amannya pada tahun 1953. Lift yang pertama di pasang di New York pada tahun 1857. Setelah kematiannya di 1861, anaknya Charles dan Norton, lewat warisannya mendirikan Otis Brother & Co pada tahun 1867. Ciptaan Otis meningkatkan keyakinan publik pada elevator dan memungkinkan munculnya tren baru gedung bertingkat yaitu Pencakar Langit. Perusahaan yang didirikannya dikenal sebagai Otis Elevator Company, perusahaan elevator terbesar di dunia. Kini perusahaan ini adalah divisi di bawah United Technology Corporation.

Sumber :   http://blogpenemu.blogspot.com/2014/02/Elisha-Otis-Penemu-Rem-Elevator-Lift.html

Belum ada Komentar untuk "Biografi Terlengkap Elisha Otis - Penemu Rem Elevator/Lift"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel