Beberapa Tumbuhan Langka di Indonesia yang Perlu Dilestarikan

Daftar Tumbuhan Langka dan Terancam Punah di Indonesia - Indonesia merupakan negara yang memiliki tekstur tanah yang subur serta suhu untuk tanaman yang luar biasa baik.Tidak seperti negara-negara lain yang kekurangan pada tanahnya.Karena terlalu subur jadi setiap kita menanam sesuatu pasti langsung tumbuh dan berkembang.Bahkan tanaman yang tumbuh liar tersebut masuk kategori tanaman langka.Yuk, kita cari tahu tanaman apa saja nih yang langka di Indonesia. 

Rafflesia Arnoldii

Merupakan bunga raksasa yang sering mengeluarkan bau busuk. Sebab itu seringkali orang keliru mengenai bunga yang berbau busuk disamakan dengan bunga bangkai.Tumbuhan ini tumbuh melebar ke samping dan bukan meninggi, sedangkan bunga bangkai tumbuh meninggi.Saat bunganya mekar ia memiliki ukuran mencapai 1 meter dan berat 10kg.Uniknya bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati. Tumbuhan ini hidup dengan cara menumpang dengan tumbuhan lain. 

Baca Juga:

Pengertian Vertikultur dan Manfaat Vertikultur Terlengkap


Bunga Bangkai

Merupakan bunga raksasa yang pertumbuhannya dengan cara meninggi dan mengeluarkan bau yang tak sedap.Tumbuhan yang satu ini dpat mencapai ketinggian 4 meter. Bunga ini seperti bunga Rafflesia Arnoldii hanya mekar selama 7 hari kemudian layu dan mati. 

Cendana

Adalah salah satu pohon yang memiliki keunikan karena aromanya yang wangi.Selain itu tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat dan kegunan seperti dijadikan dupa, parfume, aroma terapi, dan rempah-rempah lainnya.Sebab itulah tumbuhan ini sangat terkenal di Indonesia. Namun sayangnya tumbuhan ini bukanlah tumbuhan yang mudah untuk dibudidayakan bahkan terancam punah.

Damar

Tumbuhan ini langka di Indonesia selanjutnya, pohon ini memiliki batang yang tingginya bisa mencapai 60 meter.Pohon ini jug atumbuh di berbagai daerah di Indonesia dengan beragam nama.Selain kayunya pohon ini juga dimanfaatkan getahnya.Getah inilah yang dapat digunakan sebagai pembuatan kopal yang merupakan salah satu bahan pelapis kertas. 

Kantong Semar

Tanaman ini begitu unik sebab bentuknya yang seperti kantung atau saku berfungsi untuk menjebak para serangga yang menghinggapinya.Tanaman ini cukup langka sebab sudah sangat jarang ditemui keberadaannya. 

Edelweiss Jawa

Bunga ini memiliki nama lain yaitu bunga Senduro, yang merupakan salah satu bunga langka yang ada di Indonesia.Bunga ini banyak hidup di pegunungan Jawa, namun hanya saja keberadaannya sat ini sudah sangat krtis mendekati punah.Bunga ini memiliki keunikan tersendiri meskipun sudah dipetik dari tangkainya bunga ini masih saja fresh.Itulah beberapa bunga yang sudah mulai langka dan punah di Indonesia, marilah kita menjaga ekosistem alam agar terjaganya juga beberapa tumbuhan langka yang ada di Indonesia.
Janganlah kita merusak bahkan mengambil semaunya. Sebab jika kita tidak merawat kita tidak akan lagi dapat melihat tumbuh-tumbuhan yang sangat cantik dan langka ini.

Baca Juga:

Faktor-faktor yang mempengaruhi Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit


Sebagai salah satu tumbuhan yang dilindungi. Jika kita tidak dapat melindungi, setidaknya kita bisa membudidayakan tumbuhan langka tersebut, dengan cara menanam kembali bibit-bibit unggul tumbuhan tersebut.Jagalah ekosisitem yang terdapat di bumi kita tercinta ini sebab, siapa lagi yang akan menjaganya selain kita, keindahan alam kelestarian alam dimulai dari tangan kita dan keadaran diri kita sendiri.Pesan ini juga untuk para pemuda yang memiliki hobi atau menyukai naik gunung, pastikan kalian juga ikut menjaga kelestariann alam di sana dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan memetik tumbuhan langka.

Penelusuran yang terkait dengan Tumbuhan Paling Langka di Indonesia
  • tumbuhan langka yang hampir punah
  • tumbuhan langka dan manfaatnya
  • tumbuhan yang hampir punah beserta asalnya
  • macam macam hewan langka
  • tumbuhan langka dan keterangannya wikipedia
  • tumbuhan yang hampir punah dan keterangannya
  • tumbuhan langka di indonesia beserta asalnya
  • tumbuhan langka di dunia


EmoticonEmoticon