Beberapa Penyakit Pada Tanaman Jagung Dan Pengendaliannya Lengkap

Penyakit Tanaman Jagung - Menjadi petani jagung memang salah satu pilihan yang bisa dikatakan menguntungkan dan mudah, apalagi menanam jagung bukanlah hal yang harus membutuhkan keahlian khusus, namun bukan berarti semudah yang dibayangkan ya.Apalagi ketika para tanaman jagung anda yang berada di kebun atau sawah telah terjangkit oleh penyakit, maka anda dituntut harus ekstra waspada dan juga bertindak cepat.Hal ini dikarenakan jika anda terlalu menyepelekan sedikit penyakit yang menjangkit tanaman jagung anda tanpa menanganinya, maka bisa – bisa hasil produktivitas jagung anda menurun dan parahnya merugi atau gagal panen. 


Guna menghindari kondisi tersebut, maka alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa penyakit yang menyerang jagung, sehingga memudahkan anda untuk mengatasinya.Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang tanaman jagung : 

Baca Juga:

Ciri Ciri Tumbuhan Teratai, Venus Dan Xerofit Aertikel Lengkap


Hawar daun

Merupakan salah atau penyakit yang menyerang jagung dan disebabkan oleh helmithosporium turcicum yang di tandai dengan munculnya bercak berukuran kecil dan membentuk oval yang mana ukuran bercak semakin lama semakin memanjang dan membentuk elips baru kemudian berubah menjadi nekrotik atau yang disebut dengan hawa dengan warna hijau keabu – abuan atau warnanya hampir kecokelatan.

Busuk pelepah

Penyakit selanjutnya yang menyerang jagung adalah busuk pelepah yang sering kali menyerang area – area di pelepah daun jagung.Gejalanya adalah muncul beberapa bercak yang memiliki warna agak memerah, kemudian berubah menjadi warna abu – abu, dan jika tidak segera di tangani, maka bercak – bercak itu tadi akan meluas yang biasanya di ikuti oleh proses pembentukan sklerotium dengan bentuk yang tak beraturan dengan warna putih dan berubah jadi kecokelatan. 

Penyakit bulai

Salah satu penyakit yang menyerang tanaman jagung ketika usianya masih muda, yaitu umur 1 – 2 Minggu pasca tanam.Karena penyakit ini, maka pertumbuhan pada tanaman jagung akan terhambat, terutama pada bagian tongkol jagung. 

Busuk batang

Tanaman jagung bisa saja terserang busuk batang yang mana dap berakibat pada matinya tanaman jagung sehingga gagal panen dan faktor penyebabnya bisa dikarenakan adanya cendawan yang beragam jenisnya, seperti Diplodia maydis, cephalosporium acremonium, macrophomina phaseolina dan sebagainnya.

Karat daun

Penyakit lainnya adalah karat daun atau nama lainnya Puccinia polysora ini ditandai dengan munculnya banyak bercak yang berwarna cokelat dan semakin lama semakin meluas. Jika tanaman jagung yang terserang penyakit ini tidak segera di tangani maka daun – daun akan menjadi layu dan akhirnya kering.

Penyakit gosong

Salah satu penyakit yang menyerang jagung adalah penyakit gosong yang menyebabkan bentuk dari tanaman dan hasil jagung gosong, sehingga jagung – jagung tersebut tidak layak untuk di perjualbelikan. Penyakit ini disebabkan Loe bakteri cendawan.

Baca Juga:

Pengertian dan Peranan Bioteknologi Tehadap Kehidupan Manusia


Kerdil jagung

Tanaman jagung bisa saja tumbuh secara kecil, hal ini menunjukkan bahwa tanaman jagung ini telah terserang oleh virus benam maize dwarf mosaik.

Bercak daun

Bercak daun adalah adalah satu penyakit yang menyebabkan tanaman jagung layu dan mati setelah 3 – 4 minggu.Dari beberapa penyakit di atas, pada umumnya cara menanggulanginya adalah dengan cara mengelola atau menanam jagung secara benar, seperti menjaga kebersihan lingkungan secara kontinu, selalu membersihkan gulma ataupun parasit yang tumbuh di sekitar tanaman jagung, dan pastikan ketika anda memilih bibit jagung, maka pilihlah bibit jagung dari varietas yang bagus, yang tidak terinfeksi oleh berbagai macam penyakit ataupun virus, sehingga kemungkinan terserang penyakit saat mereka tanam kecil.

Penelusuran yang terkait dengan Penyakit Utama Pada Tanaman Jagung
  • penyakit pada tanaman jagung pdf
  • pengendalian hama dan penyakit tanaman jagung
  • penyakit hawar daun jagung
  • penyakit pada tanaman jagung dan pengendaliannya
  • bercak daun pada jagung
  • obat busuk batang jagung
  • penyakit karat daun jagung
  • penyebab daun jagung menguning


EmoticonEmoticon