Perbedaan Bunga Kantil Dan Cempaka Lengkap Beserta Penjelasannya

Bunga cempaka merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis maupun sub tropis.
Bunga ini tersebar di negara Asia Selatan, Asia Tenggara dan Tiongkok Selatan.Di Indonesia sendiri, bunga cempaka banyak ditemukan di daerah Jawa, Sulawesi, Sumatera dan Maluku. Bunga ini terkenal dengan aromanya yang khas.Bunga cempaka yang ada di Indonesia memiliki beraneka ragam jenis, di antaranya bunga cempaka putih, bunga cempaka merah, bunga cempaka kuning, bunga cempeka ungu dan bunga cempaka gondok.

Dari berbagai jenis bunga cempaka yang ada di Indonesia tersebut, semuanya memiliki warna dan bentuk yang berbeda-beda. Dengan aroma yang harum dan warna yang berneka ragam serta indah, tidak heran jika bunga cempaka banyak diminati oleh masyarakat.Dari berbagai jenis bunga cempaka tersebut, bunga cempaka yang paling populer adalah jenis bunga cempaka putih yang juga dikenal dengan nama bunga kantil.
Bunga kantil atau bunga cempaka putih dikenal karena mitos yang sering dikaitkan pada bunga ini.Selain berbeda warna, masih ada beberapa hal yang membedakan antara bunga kantil atau cempaka putih dengan bunga cempaka lainnya. 

 Baca Juga:

Apa Itu Mulsa Organik Dan Mulsa Anorganik dan Apa Perbedaannya


Berikut perbedaan antara bunga kantil dan berbagai jenis bunga cempaka lainnya :
  • Warna
Perbedaan yang paling jelas antara bunga kantil atau bunga cempaka putih dengan beberapa jenis bunga cempaka lainnya yaitu dilihat dari warnanya.Sesuai dengan namanya, bunga cempaka putih atau yang lebih dikenal dengan bunga kantil memiliki warna putih pada kelopak daunnya.Namun saat masih muda, bunga kantil memiliki warna hijau dan setelah mekar berubah warna menjadi putih bersih.Selain itu, terdapat bulu-bulu halus pada bagian ranting tanaman kantil yang berwarna keabu-abuan.Sedangkan bunga cempaka merah memiliki bunga yang berwarna merah muda dan tumbuh di ujung ranting. Untuk bunga cempaka kuning, bunganya berwarna kuning keruh atau mendekati warna jingga.Bunga cempaka kuning ini merupakan salah satu flora identitas dari Provinsi Aceh.Jenis bunga cempaka yang terakhir yaitu cempaka ungu yang memiliki nama latin Magnolia Liliaflora, memiliki kelopak bunga yang berwarna ungu terang.
  • Daun
Untuk membedakan bunga kantil atau bunga cempaka putih dengan berbagai jenis bunga cempaka lainnya juga dapat dilihat pada bagian daunnya.Umumnya, baik bunga kantil maupun beberapa jenis bunga cempaka lainnya memiliki daun yang berbentuk bulat oval dengan bagian ujung dan pangkal daun runcing.Namun bedanya, bunga kantil atau cempaka putih memiliki tenda daun yang berjumlah 6 hingga lebih, terlihat jelas dan terkadang 3 tenda daun yang terluar termodifikasi menyerupai daun kelopak dan menyirap.Sedangkan, tenda pada daun bunga cempaka kuning memiliki panjang sekitar 3 hingga 5 cm dengan bagian terdalam lebih runcing dan lebih sempit dibandingkan dengan bagian terluar. 

Berbeda dengan jenis bunga cempaka lainnya, daun yang dimiliki oleh jenis cempaka ungu justru tidak banyak, namun hal tersebut tertutupi dengan banyaknya jumlah bunga yang tumbuh pada setiap rantingnya.
Itulah beberapa hal yang membedakan bunga kantil atau cempaka putih dengan berbagai jenis bunga cempaka lainnya.Di balik mistisnya bunga kantil, ternyata bunga kantil menyimpan banyak manfaat yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.Selain sering dijadikan sebagai pelengkap upacara adat, bunga kantil memiliki berbagai manfaat, salah satunya dapat mengobati berbagai penyakit seperti sinusitis, perut kembung, vertigo, batuk, hingga masalah keputihan.

Jenis Bunga Cempaka

Bunga cempaka sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, kurang lebih ada sekitar 50-an jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, bunga ini memiliki 4 jenis yang dapat kita temui.Keempat jenis bunga cempaka ini tentunya memiliki bentuk dan juga warna bunga yang berbeda-beda. Kamu bisamenemukan bunga yang memiliki bau wangi ini dengan warna putih, kuning, ungu, dan merah.Penasaran? Berikut ini beberapa jenis bunga cempaka yang tumbuh di negeri kita tercinta ini.

1. Cempaka Putih

Bunga Cempaka Putih

Bunga cempaka putih biasa disebut juga dengan bunga kantil dan sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cempaka putih memiliki nama latin Michelia alba, dan tanaman ini bisa tumbuh sampai 30 meter lho.
Ada ciri berupa bulu-bulu halus yang terdapat di rantingnya, dan warnanya keabu-abuan. Daun cempaka putih merupakan daun tunggal yang warnanya hijau cerah. Bunga yang masih muda akan berwarna hijau, tetapi setelah mekar, warna bunga akan berubah menjadi putih bersih.
Buat kamu yang asli Jawa Tengah, pasti tidak asing dengan bunga ini, karena merupakan flora yang menjadi ciri khas propinsi ini.
Buat orang Jawa, bunga kantil biasa digunakan dalam upacara adat, contohnya seperti menghias pusaka, hiasan saat upacara pernikahan, atau saat upacara kematian akan digunakan sebagai bunga tabur dan penghias keranda.

2. Cempaka Merah

Walaupun cempaka merah tidak begitu populer di Indonesia, tapi bunga ini tetap indah dan menarik lho. Bunga ini masuk ke dalam keluarga Magnoliaceae, bunganya berwarna merah muda dan tumbuhnya di ujung ranting. Ukuran bunganya antara 5-7 cm dengan kelopak yang tersusun rapi.Seperti cempaka putih, bunga ini juga memiliki bau wangi yang khas. Nah, hal unik dari bunga ini adalah waktu mekarnya, cempaka merah hanya akan mekar selama dua jam, setelah waktu itu, bunga akan layu dan bentuknya akan terlihat seperti cempaka biasa.
Bisa dibilang bunga ini cukup langka dan banyak kolektor tanaman yang ingin memilikinya. Bahkan, harga cempaka merah tidak bisa dibilang murah, sekuntum bunga saja bisa dibandrol dengan harga 1-3 juta rupiah.
Hal ini dipengaruhi karena susahnya untuk mengembangbiakkan tanaman ini, sehingga keberadaannya menjadi langka dan harganya bisa mahal. Mungkin, kedepan akan ada orang yang bisa membudidayakannya dan menjadikan cempaka merah lebih murah harganya.

3. Cempaka Ungu

Bunga Cempaka Ungu
wikipedia.org
Cempaka ungu memiliki nama latin Magnolia liliiflora, ada yang mengenal dengan nama Purple magnolia atau Red magnolia. Bunganya indah, berwarna ungu terang dan aromanya sangat wangi.Bunga cempaka ungu, umumnya akan berbunga saat awal musim hujan. Tanamannya akan tumbuh secara optimal jika ditanam di dataran tinggi yang suhu lingkungannya antara 20-26 derajat celsius. 

Baca Juga:

Pengertian Vertikultur dan Manfaat Vertikultur Terlengkap


4. Cempaka Kuning

Bunga Cempaka Kuning
panoramio.com
Bunga cempaka kuning sering juga disebut sebagai cempaka wangi karena memiliki wangi yang khas. Tanaman ini bisa tubuh sampai ketinggian 25 meter, dengan daun berbentuk telur bulat berwarna hijau cerah dan ujungnya berbentuk runcing.Bunga tanaman ini berwarna kuning, seperti namanya, tapi kuningnya cenderung keruh mendekati warna jingga. Aroma dari bunga cempaka kuning sangat harum, kamu bisa mencium wanginya bahkan tanpa perlu mendekatkan hidung dekat dengan bunganya.Cempaka kuning merupakan identitas dari D.I. Aceh, di daerah tersebut, bunga ini dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng.


Penelusuran yang terkait dengan Perbedaan Bunga Kantil dan Cempaka
  • pohon bunga cempaka
  • bunga cempaka gondok
  • gambar bunga cempaka putih
  • gambar bunga kantil
  • perbedaan bunga kantil dan kenanga
  • bunga cempaka merah
  • bunga cempaka mulya
  • deskripsi bunga cempaka


EmoticonEmoticon