Peran Mikroba Terhadap Kesuburan Tanah Beserta Penjelasannya

Mikroorganisme atau disebut dengan mikroba adalah organisme mikroskopik yang sebagian besar berupa 1 sel yang ukurannya sangat kecil, tidak bisa dilihat langsung oleh mata telanjang, membutujan mikroskop untuk melihatnya.Ukuran mikroba adalah kurang lebih 1 mikrometer. Mikroba banyak ditemui pada tanaman dan hewan.Pada umumnya, mikroba tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.Tanah sangat kaya akan keragaman mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, alga, virus dan lain sebagainya.Rata-rata tanah pertanian yang subur memiliki kandungan 100 juta lebih mikroba per gram tanah.Sebagian besar mikroba tanah memiliki peran yang cukup penting untuk tanah pertanian yaitu mikroba dapat menyuburkan tanah sehingga sangat menguntungkan petani.Selain itu mikroba juga dapat mendaur ulang hara tanaman, membantu penyerapan unsu hara dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Macam - Macam Mulsa dan Kegunaannya Lengkap


Berdasarkan sumber makanan, mikroba tanah dapat dikelompoknya menjadi dua yaitu sebagai berikut ini:

Mikroba Autotroph

Mikroba Autotroph adalah mikroba yang dapat menghasilkan makanan sendiri misalnya nitrifikasi, pereduksi sulfat dan lain sebagainya.Mikroba autotroph dibagi lagi menjadi 2 yaitu photoautotroph dan khemoautotroph.Photoautotroph adalah mikroba yang dapat menghasilkan makanan sendiri dengan menggunakan sumber energy sinar matahari, sedangkan khemoautotrop adalah mikroba yang menghasilkan makanan sendiri dengan bantuan sumber energy hasil oksidasi bahan organic.

Mikroba Heterotroph

Mikroba heterotroph merupakan mikroba yang sumber makanannya dari bahan organic sisa sisa mahluk hidup lain, baik flora maupun fauna. Mikroba heterotroph dikelompokan menjadi dua yaitu photoheterotroph dan khemoheterotroph.Photoheterotroph adalah mendapatkan makanan dari sisa sisa mahluk hidup lain dan sumber energy yang digunakan adalah sinar matahari sedangkan khemoheterotroph mendapatkan sisa sisa mahluk hidup lain dengan bantuan sumber energy yang digunakan dari hasil oksidasi bahan organic.Selain itu ada beberapa jenis mikroba yang berfungsi untuk penyubur tanah yaitu sebagai berikut ini:
  1. Azotabacter Sp
Azotabacter Sp berfungsi sebagai pelindung hormone tumbuan dan berfungsi sebaagi mikroba penambat nitrogen dari udara bebas.
  1. Selulolitik
Selulotik berperan untuk menghasilkan enzom selulose yang berguna dalam proses pembusukan bahan organik
  1. Azoospirilium SR
Azoospirillium SR berfungsi untuk penambat nitrogen dari udara bebas untuk kemudian akan diserap oleh tanaman
  1. Rill kroba Pelarut Fosfat
Rill Kroba Pelarut Fosfat adalah berfungsi untuk melarutkan fosfat yang terikat dalam mineral.
  1. Nitrosomonas
Nitrosomonas merupakan bakteri berbentuk batang yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang akan dibutuhkan oleh tanamanMikroba dalam tanah ada yang bersifat menguntungkan namun ada yang bersifat merugikan juga. Mikroba yang bersifat menguntungkan yaitu karena dapat digunakan untuk semua mahluk hidup di dunia yaitu:
  • Siklus karbon
Pada siklus karbon, mikroorganisme akan mengubah sisa-sisa tumbuhan dan hewan menjadi karbon dioksida dan bahan organic tanah atau yang disebut dengan humus.Humus berguna untuk meningkatkan kapasitas tana agar bisa menampung air, menyediakan nutrisi untuk tumbuhan dan lain sebagainya. 

Baca Juga:

Menanam dan Merawat Pohon Tin Lengkap Beserta Penjelasannya


  • Siklus Nitrogen
Nitrogen adalah unsur yang diperlukan oleh semua jasad hidup untuk proses sintesis. Mikroorganisme tanah berperan dalam siklus nitrogen.Fungsi lain dari Mikroba tanah yaitu membantu menyediakan zat-zat makanan bagi tumbuhan.Ada beberapa zat makanan yang tersedia di dalam tanah yang dimanfaatkan oleh tanaman yaitu senyawa-senyawa karbon dioksida, sulfat dan lain sebagainya.Selain itu Mikroba berperan dalam siklus energy, siklus hara, pembentukan agregat tanah, menentukan kesehatan tanah.

 Penelusuran yang terkait dengan Fungsi dan Peranan Mikroba Tanah
  • mikroba tanah pdf
  • jenis jenis mikroba tanah
  • peran organisme tanah terhadap kesuburan tanah
  • jenis mikroorganisme tanah dan peranannya
  • bakteri yang berperan dalam kesuburan tanah adalah
  • nama bakteri penyubur tanah
  • cara membuat mikroba penyubur tanaman
  • contoh mikroorganisme tanah


EmoticonEmoticon