Penyakit Layu Pada Tanaman Cabai Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Layu Pada Tanaman Cabe – Menanam cabe merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan pengetahuan dan teknik supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
Hama dan penyakit yang kompleks yang menyeran tanaman cabe mengharuskan para petani untuk belajar dan terus belajar.Pengamatan dan pencegahan harus selalu dilakukan karena jika terlambat serangan hama dan penyakit sulit untuk dikendalikan.Penanganan penyakit tanaman cabe sejak dini merupakan cara yang paling tepat untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit pada tanaman cabe.Di mulai dari penyemaian, persiapan lahan, penanaman, perawatan sampai masa panen petani harus betul-betul serius mempelajari segala aspek tentang tanaman cabe.Penyakit layu cabe disebabkan oleh bakteri layu. Penyebaran penyakit layu bakteri melalui benih, bibit, bahan tanaman yang sakit, residu tanaman, irigasi, serangga, nematoda, dan alat-alat pertanian. Bakteri layu biasanya menyerang tanaman cabai di dataran rendah. 

Gejala kelayuan tanaman cabai terjadi secara mendadak dan akhirnya menyebabkan kematian tanaman dalam beberapa hari.Bakteri layu menyerang sistem perakaran tanaman cabai. jika pangkal batang cabai yang diserang, pangkal batang cabai dipotong kemudian direndam dalam gelas berisi air, lalu setelah beberapa menit digoyang-goyangkan akan keluar cairan berwarna coklat susu.Gejala yang dapat diamati pada tanaman cabai adalah kelayuan tanaman mulai dari bagian pucuk, lau menjalar ke seluruh bagian tanaman. Daun menguning, mengering, dan rontok.Penyakit bakteri layu menyerang tanaman cabai pada semua tingkatan umur, tetapi paling peka pada tanaman muda 

Baca Juga:

Mengenal Ciri-Ciri Reptil


Cara mengatasi penyakit layu cabe adalah sebagai berikut :
  1. Memberi perlakuan benih sebelum ditanam dengan direndam bakterisida agrimycin selama 5 – 15 menit.
  2. Memperbaikin drainase tanah di sekitar kebun agar tidak becek.
  3. Mencabut tanaman yang sakit agar tidak menularkan ke tanaman yang tidak sakit
  4. Menyemprotkan bakterisida agrimycin di sekitar batang tanaman cabai yang diserang oleh bakteri solanacearum.
  5. Mengolah lahan dengan pengapuran tanah.

Berikut penyebab, gejala dan ciri-ciri serangan organisme parasit penyebab layu pada tanaman cabe :

1. Layu Fusarium

Penyebab :
Penyakit layu fusarium disebabkan olah cendawan Fusarium oxysporum. Penyakit ini ditakuti karena jika tanaman sudah terinfeksi, tanaman tersebut tidak bisa diobati atau disembuhkan. Penyakit layu fusarium bisa menghabisi seluruh tanaman dan menyebabkan gagal panen. Layu fusarium bisa menyerang kapan saja, baik di musim kemarau maupun pada musim hujan. Serangan berat biasanya terjadi pada musim hujan dengan kelembaban yang tinggi, karena pada kondisi tersebut cendawan Fusarium oxysporum mudah berkembang biak dan mudah menyebar. Penyebaran cendawan Fusarium oxysporum dibantu oleh air, peralatan pertanian dan manusia. Pertumbuhan spora cendawan Fusarium oxysporum mempengaruhi pasokan air sehingga tanaman menjadi layu dan mati secara perlahan. Penyakit layu fusarium bisa menyerang mulai dari pembibitan, tanaman muda hingga tanaman yang sudah berproduksi.

Gejala :
Gejala yang terjadi pada pembibitan adalah pucuk tanaman yang tiba-tiba layu dan mati. Gejala serangan layu fusarium pada tanaman muda dan tanaman dewasa adalah jika terdapat tanaman cabai yang layu pada siang hari dan kelihatan segar kembali pada sore hari. Fenomena tersebut berlangsung kurang lebih selama tujuh hari sebelum akhirnya tanaman cabe mengering dan mati. Jika tanaman dicabut terlihat akar berwarna kecoklatan dan membusuk. Jika pangkal batang dibelah terlihat lingkaran coklat kehitaman. Lingkaran berwarna coklat kehitaman tersebut adalah pembuluh pengangkut yang telah rusak dan membusuk.

Pengendalian :
Beberapa tindakan untuk mengendalikan layu fusarium antara lain :
a. Pengolahan lahan yang baik,
b. Sanitasi yang baik,
c. Penggunaan benih yang tahan terhadap fusarium,
d. Menggunakan mulsa plastik,
e. Memusnahkan tanaman yang terinfeksi,
f. Aplikasi trichoderma.
g. Tidak ada bahan aktif yang benar-benar ampuh mengatasi layu fusarium. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba fungisida berbahan aktif benomil atau metalaksil.

2. Layu Bakteri

Penyebab :
Penyebab penyakit layu bakteri pada tanaman cabe adalah bakteri Pseudomonas solanacearum. Bakteri parasit tersebut menyerang dan menginfeksi area perakaran, pangkal batang, tunas, daun dan batang tanaman cabe. Bakteri Pseudomonas solanacearum menginfeksi akar dan menyebabkan akar tanaman membusuk. Penyebaran bakteri ini dibantu oleh air, peralatan pertanian dan manusia. Pada kondisi tanah yang terlalu basah dan lembab, bakteri Pseudomonas solanacearum mudah dan cepat berkembang biak. Bakteri parasit ini menyerang pada semua fase pertumbuhan, mulai dari pembibitan hingga tanaman dewasa.

Gejala :
Gejala awal serangan bakteri Pseudomonas solanacearum terlihat jika terdapat bagian tanaman yang tiba-tiba layu. Pada awalnya serangan bakteri ini tidak menyebabkan tanaman cabai layu secara keseluruhan, melainkan hanya beberapa bagian tanaman saja baik itu pucuk daun, tunas atau daun tua. Kemudian tanaman cabe akan layu secara keseluruhan dan akhirnya mati. Layu bakteri terjadi relatif lebih cepat, hanya butuh waktu sekitar 3 hari sampai tanaman cabai kering dan mati. Berbeda dengan layu fusarium, tanaman yang terinfeksi Pseudomonas solanacearum tetap layu pada malam hari maupun siang hari. Gejala yang terjadi pada akar tanaman cabai relatif sama dengan serangan jamur Fusarium oxysporum, yaitu akar membusuk dan berwarna kecoklatan. Serangan bakteri parasit ini sering terjadi pada musim hujan dengan kondisi tanah yang lembab dan penuh genangan air.

Pengendalian :
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengendalikan penyakit layu bakteri antara lain :
a. Pengolahan lahan yang baik,
b. Sanitasi yang baik,
c. Penggunaan benih yang tahan terhadap bakteri Pseudomonas solanacearum,
d. Pergiliran tanaman,
e. Menggunakan mulsa plastik, terutama pada musim hujan,
f. Memusnahkan tanaman cabe yang terinfeksi,
g. Pengocoran dan penyemprotan bakterisida.
h. Aplikasi PGPR


Baca Juga:

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif




Penelusuran yang terkait dengan Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Layu Pada Tanaman Cabe
  • layu bakteri pada cabai
  • obat layu pada tanaman cabe
  • fungisida untuk layu fusarium
  • penyebab tanaman cabe layu dan mati
  • mengapa tanaman cabai tiba-tiba layu
  • obat layu fusarium
  • penyakit layu fusarium
  • obat layu bakteri


EmoticonEmoticon