Pengertian Unsur Hara dan Jenis - Jenisnya Lengkap

PENGERTIAN UNSUR HARA - Unsur hara merupakan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan suatu tanaman.Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, unsur hara adalah zat yang dibutuhkan oleh hewan atau tumbuhan untuk membenuk jaringan, pertumbuhan dan kegiatan hidup lainnya.
Setiap tanaman setidaknya membutuhkan 16 unsur hara penting.Tidak hanya manusia yang membutuhkan nutrisi untuk menunjang kesehatannya, tapi tumbuhan juga memerlukan nutrisi untuk menunjang kelangsungan pertumbuhan suatu tumbuhan. 

Baca Juga:

Cara Membuat Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman


Unsur hara sangat penting bagi pertumbuhan tanaman karena unsur hara dapat membuat tanaman menjadi subur dan berkembang dengan baik.Untuk memenuhi unsur hara pada tanaman, maka petani wajib memberikan pupuk baik pada saat pra tanam maupun pasca tanam.Dengan bantuan pupuk, maka unsur hara akan terpenuhi dengan baik.Sebenarnya unsur hara memang tersedia di tanah namun belum tentu unsur hara tersebut dapat mencukupi untuk pertumbuhan tanaman oleh karena itu tanaman perlu unsur hara tambahan yaitu salah satunya bersumber dari pupuk.Selain dapat bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman, ada manfaat lainnya dari unsur hara yaitu sebagai berikut ini:
  1. Unsur hara berfungsi untuk membentuk klorofil dan juga protein yang dibutuhkan oleh tanaman untu proses fotosintesis.
  2. Unsur hara bemanfaat untuk membuat bunga dan buah pada tanaman menjadi lebih baik.
  3. Unsur hara dapat menguatkan dinding sel pada tanaman. Dinding sel yang kuat akan membantu proses pertumbuhan tumbuhan menjadi lebih baik
  4. Unsur hara dapat membentuk proses fisiologis tanaman
  5. Unsur hara dapat meningkatkan kualitas suatu tanaman
  6. Unsur hara dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap serangan hama dan juga penyakit.
Oleh karena itu, petani harus memastikan bahwa tanaman tidak kekurangan unsur hara karena banyak akibat yang ditimbulkan apabila tanaman kekurangan unsur hara yaitu warna daun menjadi kuning, batang tanaman menjadi kuning,  buah tanaman menjadi jelek dan lain sebagainya.Unsur hara terdiri dari unsur hara makro dan unsur hara mikro. Apa itu unsur hara makro dan mikro? Berikut ini penjelasannya. 

Unsur hara Makro

Unsur Hara Makro adalah unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman dalam jumlah yang besar.Unsur-unsur tersebut adalah Niktrogen (N), Phosfor (P), Kalsum (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca), dan juga Sulfur (S).Unsur unsur hara ini biasanya banyak terdapat pada pupuk anorganik misalnya pupuk urea dan lain sebagainya.

Unsur Hara Mikro

Unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman dalam jumlah yang kecil, namun sangat dibutuhkan karena penting untuk proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman.Jika tanaman kekurang unsur hara mikro maka tanaman tidak akan dapat berbunga dengan sempurna.Beberapa contoh dari unsur hara mikro adalah Natrium (Na), Boron (B), Besi atau ferro (fe) , Tembaga (Cu), Seng atau zinc (Zn), Molibdenum (Mo), Khloer (CI), Mangan (Mn), Cobalt (Co), Silicon (SI) dan Nikel (Ni).Selain itu, berdasarkan unsur penyerapannya, unsur hara dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut ini : 

Diserap dari udara atau air
Unsur hara yang di serap dari udara oleh tanaman adalah C,O dan S, yaitu berasal dari CO2, O2, dan SO2.

Diserap melalui tanah
Ada beberapa unsur hara yang diserap oleh tanaman melalui akar tanaman dan diambil dai kompleks jerapan tanah maupun dari larutan tanah berupa kation dan juga anion.Kation adalah ion positif contohnya adalah K, Ca, dan Mg, sedangkan Anion adalah ion yang bermuatan negative contohnya N,P, dan S.

Baca Juga:

Cara Budidaya Pohon Zaitun secara Baik Dijamin Berhasil


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan definisi unsur hara
  • contoh unsur hara
  • pengertian unsur hara menurut para ahli
  • macam macam unsur hara
  • makalah unsur hara
  • jenis jenis unsur hara
  • fungsi unsur hara
  • pengertian unsur hara esensial
  • unsur hara pdf


EmoticonEmoticon