Pengertian Tanaman Hortikultura dan Jenis-Jenisnya Terlengkap

Jenis dan Pengertian Tanaman Hortikultura - Hortus yang berarti tanaman kebun dan Culture atau Colere yang berarti budi daya adalah bahasa latin asal usul holtikultura, sehingga dapat diartikan budi daya tanaman kebun.Namun penggunaan  holtikultura bukan hanya digunakan pada kebun saja, melainkan istilah yang digunakan pada semua tanaman yang di budi dayakan.Holtikultura sendiri merupakan cabang dari agronomi yang melakukan proses budi daya pertanian secara modern dan memiliki ciri khas produk yang mudah rusak karena hasil produknya segar.Orang akan di sebut dengan holtikultura jika mereka menekuni bidang holtikultura dengan profesional.

Jenis – jenis tanaman holtikultura :
  1. Tanaman buah
Tanaman buah atau dapat disebut dengan frutikultur atau pomologi adalah jenis tanaman holtikultura yang menghasilkan buah – buahan.Tanaman buah ini termasuk tanaman musiman yang akan memproduksi buah di musim mereka berbuah.Ada 2 jenis tanaman berbuah, yaitu tanaman yang hanya sekali saja berbuah dengan contoh buah pisang dan tanaman yang berkali – kali berbuah dengan contoh mangga.
  1. Tanaman sayur
Tanaman sayur atau disebut dengan olerikultura yang menghasilkan sayuran dan dapat di budi dayakan tanpa memperhatikan musim.Anda dapat menanam sayuran – sayuran ini di sekitar rumah anda atau di kebun.
Ada 2 jenis tanaman sayuran, yaitu tanaman sayuran yang dapat dipanen selama tanaman tersebut masih hidup atau tahunan contohnya jengkol, petai, melinjo, singkong, dan tanaman sayuran musiman seperti bayam, kangkung, kacang panjang, wortel.

Baca Juga:

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Mulsa Organik Bagi Tanaman dan Tanah


  1. Tanaman bunga
Tanaman bunga atau disebut dengan florikultura menghasilkan bunga dan dapat dijadikan sebagai tanaman hias.Tanaman bunga ini termasuk jenis holtikultura dengan fungsi sebagai penambah nilai estetika dari satu ruangan atau taman.Bunga – bunga ini dapat di tanam di pot atau langsung di tanah.Contoh tanaman bunga ini andalah anggrek, mawar, melati, kamboja.
  1. Tanaman obat
Tanaman obat atau nama lainnya biofarmaka adalah jenis tanaman holtikultura yang menghasilkan rempah – rempah. Rempah – rempah ini yang dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan obat dan bisa juga dimanfaatkan untuk bahan bumbu masakan.
Contoh tanaman obat adalah jahe, kunyit, temu lawak, brotowali.
Peran tanaman holtikultura :
  1. Memperbaiki dan meningkatkan gizi
Tanaman holtikultura adalah jenis tanaman yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, kalsium, fosfor sehingga sangat baik untuk kebugaran fisik dan vitalitas tubuh manusia.
  1. Mempercantik lingkungan sekitar
Tanaman holtikultura jenis bunga dapat dijadikan sebagai hiasan di lingkungan sekitar rumah sehingga dapat mempercantik lingkungan.
  1. Meningkatkan pendapatan petani
Pada wilayah tertentu membudidayakan tanaman holtikultura menjadi mata pencaharian masyarakat, seperti di dataran tinggi Dieng.
  1. Memperluas kesempatan kerja
Ketika memilih berbisnis dengan membudidayakan tanaman holtikultura maka secara tidak langsung telah membuka lapangan kerja untuk masyarakat.
  1. Memperbesar devisa negara
Banyak negara yang berhasil mengembangkan budi daya tanaman holtikultura secara maksimal sehingga bisa menjadi komoditi ekspor dan memberikan pemasukan bagi devisa negara, misalnya Brasil dan Belanda.

Baca Juga:

Cara Membuat Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman


Ciri umum tanaman holtikultura :
  1. Cepat busuk
Tanaman holtikultura adalah tanaman yang segar, sehingga mereka tidak bertahan lama dan membusuk.
  1. Membutuhkan ruangan besar
Pada umumnya tanaman holtikultura merupakan tanaman musiman, sehingga ketika musim panen tiba stok akan meningkat dan membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk menampung.
  1. Panen musiman
Pada umumnya jenis tanam holtikultura yang panen secara musiman adalah buah – buahan misalkan rambutan dan durian.
  1. Wilayah tanam yang spesifik
Biasanya tanaman holtikultura bisa maksimal tumbuh pada lokasi tertentu.
  1. Fluktuasi harga stabil
Karena tanaman holtikultura dipanen musiman, sehingga harga akan mahal saat bukan musim panen dan akan murah saat musim panen.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Definisi Tanaman Hortikultura
  • contoh tanaman hortikultura
  • budidaya tanaman hortikultura
  • tanaman hortikultura sayur-sayuran
  • tanaman hortikultura cocok ditanam di daerah
  • makalah tanaman hortikultura
  • tanaman hortikultura pdf
  • fungsi tanaman hortikultura
  • pengertian hortikultura pdf


EmoticonEmoticon