Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya

Pengertian:
Jaringan ini berada pada tumbuh-tumbuhan dan merupakan jaringan dasar. Jaringan parenkim disebut juga jaringan dasar yakni jaringan hidup yang membentuk fisik dan struktur tubuh dari tumbuhan (morfologi) serta fisiologi yang membentuk proses fisiologi.Walaupun memiliki bentuk dan struktur tubuh serta fisiologi yang bermacam-macam namun pada intinya parenkim ini memiliki sifat-sifat yang sama.Sel yang berdiding tipis ini membentuk tumbuhan dari mulai akar, batang hingga daun.Sel parenkim juga digunakan dalam membentuk bagian luar dari akar dan batang (korteks).Sehingga seluruh bagian tumbuhan pasti ada jaringan dasar ini yakni jaringan perenkim.Jaringan parenkim disebut juga sebagai jaringan pemula pada tumbuhan yang primitif dimana bagian tumbuhan tersebut sebagian besar adalah sel-sel parenkim.Jaringan parenkim juga disebut sebagai jaringan heterogen karena berasosiasi dengan seluruh jaringan dan meluas dari akar, batang, hingga daun.

Sel-sel parenkim juga memiliki ruang-ruang yang lebar sehingga sel-selnya tidak rapat. Dan pada umumnya sel parenkrim memiliki bentuk isodiamateris yakni cenderung bulat.Setelah kita mengetahui apa pengertian dari jaringan parenkim sekarang kita beralih pada fungsi jaringan parenkim. Adapun fungsi-fungsi jaringan parenkim adalah sebagai berikut:

Baca Juga:

Pengertian Variabel dan Macam-Macam Variabel



  • Berfungsi sebagai proses asimilasi
Fungsi yang pertama adalah sebagai asimilasi yakni penghasil zat makanan yang digunakan sebagai proses fotosintesis.Kita tahu bahwa proses fotosintensis terjadi pada daun, batang-batang yang memiliki warna hijau serta pada buah.Proses fotosintesis terjadi karena di dalam selnya juga terdapat kloroplas yang membantu dalam fotosintesis tersebut.

  • Berfungsi sebagai penimbun makanan
Fungsi yang kedua adalah sebagai penimbun makanan. Setelah proses fotosintesis, hasil-hasil zat makanan yang dihasilkan dalam proses fotosintesis tersebut ditimbun di dalam sel ini.Sebagian di gunakan untuk proses dalam tumbuhan sebagian digunakan sebagai cadangan pada tumbuhan.Cadangan makanan yang ditimbun tersebut biasanya diletakkan di bagian empulur batang, umbi lapir, umbi akar dan biji.Cadangan makanan tersebut dapat berupa tepung, gula, lemak serta protein. 

  • Berfungsi sebagai penyimpan air
Fungsi yang ketiga yakni sebagai penyimpan cadangan air. Fungsi ini memiliki peran yang sangat penting karena air merupakan sumber kebutuhan bagi tumbuhan untuk hidup.Fungsi ini terutama pada tumbuhan yang hidup di daerah kering seperti pada tumbuhan epifit dan sukulen serta tumbuhan yang memang membutuhkan sedikit air seperti tanaman kaktus dan lidah buaya. 

Baca Juga:

Pengertian Kloning, Tujuan, Contoh & Manfaat Kloning


  • Berfungsi sebagai penyimpan udara
Fungsi yang keempat adalah sebagai penyimpan udara. Sel parenkim ini memiliki kantung yang besar yang digunakan sebagai penyimpan udara.Parenkim yang berfungsi sebagai penyimpan udara dinamakan aerenkim. Arenkim ini banyak terdapat pada daun serta batang pada tumbuh-tumbuhan hidrofit. 

  • Berfungsi sebagai pengangkut
Fungsi yang terakhir adalah sebagai jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut ini yakni mengangkut zat-zat dari luar.Zat-zat tersebut masuk melalui plasmodesmata pada dinding sel epidermis. Dengan kata lain sel ini terdapat pada sel epidermis pada tumbuhan.

Penelusuran yang terkait dengan Peranan dan Fungsi Jaringan Parenkim
  • dimanakah letak jaringan ikat di dalam tubuh
  • jelaskan yang dimaksud totipotensi
  • letak jaringan parenkim
  • fungsi jaringan kolenkim
  • jaringan penyokong
  • parenkim penimbun terdapat pada organ tanaman
  • fungsi parenkim palisade
  • apakah fungsi floem dan xilem


EmoticonEmoticon