Pengertian dan Ciri Ciri Bioma Taiga Lengkap

Hutan conifer atau biasa disebut bioma taiga adalah hutan atau bioma yang telestrial, artinya daratan yangterhampar luas menutupi bumi, paling banyak ditemukan di belahan bumi utara misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada, sebutan hutan conifer berasal dari bioma ini didominasi oleh tumbuhan conifer seperti jenis pinus dan jenis cemara, kadang bioma ini diwarnai juga oleh semak basah dan tumbuhan basah yang tumbuh pada bagian bawah hutan. 

Keanekaragaman bioma ini sangat rendah karena faktor musim dingin yang panjang pada daerah ini, kebanyakan biota yang hidup di daerah ini merupakan tumbuhan musim dingin dan hewan yang biasa berhibernasi di musim dingin.Terdapat dua musim pada area ini yaitu musim dingin yang cukup panjang dan musim kering yang sangat panas kadang berlangsung sekitar satu hingga tiga bulan saja. 

Baca Juga:

Biografi Lengkap Supriyadi Pahlawan Pembela Tanah Air


Berikut ini merupakan ciri-ciri dari bioma taiga:
  • Pada bioma ini sebenarnya terdapat 4 musim hanya saja karena perbedaan antara musim semi, musim gugur dan musim dingin sangat sedikit sehingga terasa seperti musim dingi yang panjang dan diselingi musim panas yang pendek, suhu udara pada musim dingin berkisar antara -54 sampai -1 derajat celcius, sedangkan pada musim panas suhu udara berkisar -7 sampai 21 derajat celcius. Keadaan yang ekstrim ini menyebabkan tidak banyak mahluk hidup yang dapat berkembang biak di sini karena biasanya mahluk hidup hanya aktif dan berkembang biak pada musim panas dan pada musim dingin berhibernasi atau bagi burung-burung bermigrasi ke selatan dimana udara di sana lebih hangat. Pada musim dingin lapisan tanah akan tertutup oleh salju dan es sehingga tidak banyak yang dapat tumbuh di sini.
  • Dengan iklim yang dingin dan kering, curah hujan pada bioma ini sangat rendah berkisar antara 30- 85 cm per tahun dan hanya terjadi pada musim panas berlangsung, kadang pada saat musim panas masih terdapat salju sehingga air hujan yang turun membeku bersama salju di tanah
  • Karena keadaan alam yang ekstrim bioma ini didominasi oleh tanaman dari jenis conifer seperti pinus dan cemara, daun cemra yang runcing dan berbentuk jarum serta dilapisi lilin membuat daun tidak terbeban oleh salju saat musim dingin dan jenis pohon ini memiliki akar yang sangat kuat, selain tanaman conifer bioma ini juga kaya akan tumbuhan lumut yang tumbuh pada dasar hutan dan juga batang pohon
  • Bioma ini kaya akan Hewan yang mampu beradaptasi dengan iklim yang didominasi dengan suhu rendah ialah hewan mamalia yang dilengkapi dengan rambut atau jaringan lemak yang tebal. Diantaranya yaitu beruang, rubah, rusa besar, serigala, kucing salju, kelinci salju, terwelu, serta burung- burung pemakan serangga. Selain itu, beberapa hewan – hewan mampu beradaptasi dengan mengubah warna rambutnya ketika musim berubah (musim dingin, ditutupi salju, beberapa hewan mampu mengubah warna sesuai dengan warna salju). Hal ini bertujuan untuk pertahanan terhadap pemangsa serta penyimpanan panas terhadap suhu yang rendah. Meski tak banyak hewan ditemukan pada bioma ini, namun banyak serangga yang hidup di bioma ini oleh karena itu, banyak burung- burung bermigrasi ke bioma taiga saat musim panas.

Baca Juga:

Proses Siklus Nitrogen dan Peranannya pada Tanah



 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Definisi Konifer Bioma (taiga)

  • pengertian tundra
  • ekosistem taiga dan tundra
  • flora bioma taiga
  • ciri ciri hutan konifer
  • makalah bioma taiga
  • persebaran bioma taiga
  • flora taiga
  • ciri ciri bioma hutan gugur


EmoticonEmoticon