Path dibentuk dengan sistem penggalangan dana oleh para pendirinya

Gambar logo path
Tahukah Anda bahwa Jejaring sosial Path dibentuk dengan sistem penggalangan dana oleh para pendirinya. Perusahaan asal San Fransisco, Amerika Serikat ini didirikan oleh tiga orang yakni: Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Mereka berhasil menggalang dana dari para penyumbang, diantaranya yaitu: Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dan lain-lain. Sebagai modal dasar, perusahaan ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta pada bulan februari 2011, berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures serta Digital Garage dari Jepang.

Kumpulan Biografi Terlengkap - Saat  Path meluncurkan beberapa fitur baru Pada bulan November dan Desember 2011, penggunanya meningkat dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menyimpan kontak yang ada di dalam telepon selular pengguna tanpa persetujuan dari pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik ini.

Pada Februari 2013, Path dikenai denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan data dari pengguna di bawah umur dan diharuskan untuk evaluasi atas kebijakan privasi setiap 2 tahunselama 20 tahun ke depan.

Baca Juga:

Tentang John Walker Penemu Korek Api



Path

Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”

Perusahaan ini berawal dengan aplikasi pada iPhone dan juga website lalu merilis versi Android kemudian. Perusahaan ini berkompetisi dengan jejaring sosial lainnya seperti Instagram. Berpusat di San Fransisco, California, perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan Eksekutif dari Facebook, Dave Morrin. Path didirikan dengan tujuan membuat sebuah jurnal yang interaktif bagi penggunanya.

Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada. Path dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi apapun. Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan berbagai situs aplikasi lainnya.

Pada januari 2014 Path mendapat tamabahn dana dari Grup Bakrie. Recode.net melalui laporan eksklusif berjudul "Path Closes $25 Million Funding, Led by Indonesia’s Bakrie Global Group", Sabtu (10/1) menyebut Grup Bakrie sebagai salah satu investor dalam pendanaan putaran Seri C sebesar US$25 juta atau setara dengan Rp 304 miliar yang digalang Path sejak tahun lalu. Tidak dijelaskan secara rinci berapa nilai investasi yang digelontorkan Bakrie.

Bakrie bukan satu-satunya investor yang berpartisipasi dalam pendanaan putaran akhir tersebut. Sejumlah muka lama juga kembali ikut serta. Mereka adalah Greylock Partners, Kleiner Perkins, Index Ventures, Insight Venture Partners, Redpoint Venture Partners, dan First Round Capital.

Biografi singkat para pendiri Path

Fhoto Dave MorinDave Morin

Dave Morin adalah seorang pengusaha Amerika, CEO dan pendiri jaringan sosial Path. mantan Eksekutif dari Facebook , ia juga yang menciptakan Platform Facebook dan Facebook Connect.

Morin adalah anggota dewan direksi untuk Ski dan Snowboard Association Amerika Serikat (USSA), Eventbrite , dan San Francisco Museum of Modern Art (SFMOMA).

Morin memulai karirnya di Apple, Inc pada tahun 2003 di mana ia mengambil posisi dalam pemasaran. Pada tahun 2006, Morin meninggalkan Apple, Inc dan bergabung dengan Facebook sebagai Eksekutif. Morin co menciptakann Facebook Platform, sebuah jaringan perangkat lunak yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi dalam Facebook, dan Facebook Connect, sebuah teknologi untuk pengguna Facebook untuk terhubung data profil mereka dan autentifikasi ke situs web eksternal. Pada tahun 2010, Morin meninggalkan Facebook dan selanjutnya ia mendirikan Path.

Shawn Fanning

Shawn Fanning (lahir November 22, 1980) adalah seorang programmer komputer Amerika, Serial Enterpreneur, dan Angel Investor. Dia seorang pengembang Napster, salah satu dari peer-to-peer ("P2P") file Sharing platform yang paling populer, tahun 1998 bersama Sean Parker. Popularitas Napster tersebar luas dan Fanning menjadi bahan pembicaraan hingga akhirnya dia berada pada sampul majalah "Time Magazine".

Baca Juga:

YouTube didirikan pada 14 Februari 2005



Dustin Mierau 

Dustin Mierau adalah co-founder dan Chief Designer di Path, jurnal dan jaringan sosial untuk Android dan iPhone. Sebelum Path, ia mendirikan Macster, yang akhirnya menjadi Napster untuk Mac. Mierau mengambil beberapa menit untuk berbicara dengan The Verge tentang poin-poin penting merancang perangkat lunak yang besar, bagaimana untuk tetap fokus, dan tentang mengingat internet sebelum itu penuh dengan iklan. Anda dapat menemukan dia di Twitter di @ dmierau.


EmoticonEmoticon