Metamorfosis Akar (Perubahan Akar, Diferensiasi Akar) pada Tanaman

Proses metamorfosis atau perubahan secara bertahap ternyata tidak hanya terjadi pada hewan seperti ulat kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu saja.Ternyata, metamorfosis juga terjadi pada tanaman, tepatnya pada bagian akar.
Apa itu metamorfosis akar tanaman?
Metamorfosis akar tanaman adalah perubahan bentuk yang dialami akar dari waktu ke waktu. Berdasarkan jenis, metamorfosis akar tanaman dibagi sebagai berikut :

Akar banir

Akar banir ini biasanya merupakan jenis akar yang berkembang dari pangkal yang meluas hingga ke arah horizontal yang berfungsi untuk mendukung atau menegakkan batang tumbuhan.Misalnya pada jenis pohon yang ada di hutan hujan tropis. Kondisi lingkungan yang basah dan lembap membuat akar juga mudah tumbang jika tidak ditopang akar yang kuat.
Contoh-contoh akar banir, bisa dijumpai pada jenis tanaman berikut:
  • Pohon kenari
  • Pohon randu alas

Baca Juga:

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif



Akar tunjang

Akar tunjang atau yang biasa dikenal dengan akar egrang merupakan jenis perubahan bentuk akar tanaman yang berada di daerah berlumpur atau rawa-rawa.Akar tunjang yang hidup di daerah kontur tanah labil berfungsi agar bisa mendukung dan menyokong tegaknya batang tanaman.
Contoh akar tunjang misalnya pada tanaman pandan.

Akar pelekat

Akar pelekat adalah jenis perubahan bentuk akar tanaman yang secara alami teduh atau berada di area naungan dari sinar matahari.Naungan ini bisa terbentuk karena lebatnya vegetasi hutan. Contoh tanaman dengan akar pelekat adalah sirih tanah. 

Akar udara

Perubahan bentuk pada akar tanaman hingga membentuk akar udara mungkin lebih familiar dijumpai pada jenis tanaman anggrek.Misalnya jenis tanaman anggrek epifit. Lapisan akar udara memang bersifat menyerap uap air yang berada di udara dan bernapas melalui akar yang tumbuh ke atas.Lapisan dan jaringan akar udara kemudian akan terus berkembang agar bisa menyerap nutrisi dan air dari udara.

Akar penggerek

Mirip seperti parasit, akar penggerek memang menghisap saripati dan nutrisi dari tanaman induknya. Contohnya pada tanaman benalu dan tali putri.

Akar napas

Akar napas memang berfungsi utama untuk sistem pernapasan dan mencari oksigen ketika berada di habitat yang minim oksigen misalnya pada area tanam berlumpur. Contohnya: bakau.

Akar lutut

Tak jarang dijumpai akar-akar pada hutan bakau yang menjulur di atas permukaan tanah, inilah yang disebut dengan akar lutut.Akar yang muncul dari atas tanam berlumpur merupakan akar yang berfungsi untuk menyerap oksigen dan air. Contoh: pohon tancang di hutan bakau. 

Umbi akar

Jenis tanaman umbi-umbian merupakan jenis tanaman yang memiliki cadangan makanan di dalam akar.Akar yang berupa amilum berada di dalam sel sel jaringan parenkim dan semakin berkembang atau membesar seiring dengan semakin bertambah cadangan makanan yang tersimpan.Bentuk akar umbi biasanya menggembung, tidak berbuku-buku, serta tidak beruas ataupun berkuncup. Contoh: ubi kayu.

Baca Juga:

Pengertian Archaebacteria dan Eubacteria (Bakteri)


Duri akar

Perubahan bentuk pada akar tanaman yang terakhir adalah duri akar. Berbeda dari perubahan akar tanaman lainnya, biasanya akar yang berduri merupakan salah satu bentuk metamorfosis tanaman untuk melindungi diri dari predator maupun segala hal yang bisa mengancam keberlangsungan hidup tanaman. Contoh duri akar misalnya, tanaman gembili atau gembolo.

Penelusuran yang terkait dengan Proses Dan Cara Metamorfosis Akar Tanaman
  • contoh metamorfosis tumbuhan
  • pengertian metamorfosis tumbuhan
  • jenis tumbuhan yang mengalami metamorfosis
  • metamorfosis bawang merah
  • jenis tumbuhan yang mengalami metamorfosis
  • akar banir adalah
  • contoh tumbuhan akar papan
  • batang tumbuhan dapat mengalami modifikasi jelaskan modifikasi pada batang jahe kaktus dan dahlia
  • akar penghisap
  • akar lutut
  • contoh akar papan
  • perubahan bentuk yang terjadi pada akar

Belum ada Komentar untuk "Metamorfosis Akar (Perubahan Akar, Diferensiasi Akar) pada Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel